Written corrective feedback with teacher-student conference, students'writting quality, and students' engagement in revising their expository texts / Ida Isnawati

Isnawati, Ida (2019) Written corrective feedback with teacher-student conference, students'writting quality, and students' engagement in revising their expository texts / Ida Isnawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Ida Isnawati, 2018. Umpan Balik Korektif Tertulis dengan Konferensi Guru-Mahasiswa, Kualitas Menulis Mahasiswa, dan Keterlibatan Mahasiswa dalam Merevisi Teks Ekpositori. Disertasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Gunadi H. Sulistyo, M.A., (2) Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D., (3) Nunung Suryati, M.Ed., Ph.D. Keywords: Umpan balik korektif tertulis, konferensi antara guru dan siswa, keterlibatan siswa, kualitas menulis, revisi, teks eksposisi. Umpan balik korektif tertulis dianggap sangat penting untuk pembelajaran dan pencapaian siswa, utamanya di kelas menulis. Selama ini, sebagian besar penelitian tentang umpan balik membahas efek tipe dan strategi pemberian umpan balik dengan temuan yang kurang meyakinkan. Sementara itu, belum banyak penelitian yang membahas proses yang dialami siswa dalam keterlibatannya dalam umpan balik korektif tertulis yang diberikan guru. Selain itu, peran penting interaksi guru dan siswa dalam pemberian umpan balik yang digagas oleh penganut sosio-konstruktifis dan pentingnya kemampuan siswa menambah kompleksitas penelitian tentang umpan balik. Karena itu, jika menginginkan pemahaman yang menyeluruh tentang mekanisme pemberian umpan balik, maka sangat diperlukan penelitian yang memfokuskan dampak strategi pemberian umpan balik yang didukung oleh penyelidikan yang rinci tentang keterlibatan siswa dengan umpan balik perbaikan tertulis. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengisi kesenjangan penelitian dengan menawarkan kombinasi umpan balik perbaikan tertulis dan konferensi guru-siswa sebagai strategi pemberian umpan balik yang potensial untuk mengaktifkan keterlibatan siswa dengan umpan balik korektif tertulis yang diberikan guru dan selanjutnya dapat meningkatkan tulisan siswa karena sifat interaktif strategi ini. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan dua tujuan utama yaitu untuk mengetahui dampak umpan balik korektif tertulis guru yang dikombinasikan dengan konferensi guru-siswa pada kualitas menulis siswa dan untuk mengungkapkan keterlibatan siswa dengan umpan balik korektif tertulis guru. Pertanyaan penelitian untuk penelitian ini adalah: (1) Apakah mahasiswa yang diberi umpan balik korektif tertulis dikombinasikan dengan konferensi guru-mahsiswa memiliki kualitas tulisan ekposisi yang lebih baik secara daripada yang diberikan umpan balik korektif tertulis tanpa konferensi guru-siswa?, (2) Apakah mahasiswa berkemampuan tinggi yang diberi umpan balik korektif tertulis yang dikombinasikan dengan konferensi guru-siswa memiliki kualitas tulisan eksposisi yang lebih baik daripada mahasiswa berkemampuan tinggi yang diberikan umpan balik korektif tertulis tanpa konferensi guru-siswa?, (3) Apakah mahasiswa berkemampuan rendah yang diberikan umpan balik korektif tertulis yang dikombinasikan dengan konferensi guru-siswa memiliki kualitas penulisan teks ekspositori yang jauh lebih baik daripada mahasiswa berkemampuan rendah yang diberikan umpan balik korektif tertulis tanpa konferensi guru-siswa?, (4) Apakah ada interaksi yang signifikan antara strategi pemberian umpan balik dan tingkat kemampuan mahasiswa, (5) Bagaimana mahasiswa dengan berbagai tingkat v kemampuan dan diberikan umpan balik yang berbeda terlibat secara kognitif, behavioral, maupun afektif dengan umpan balik korektif dalam merevisi teks ekspositori mereka?, dan (6) Bagaimana konteks pembelajaran, faktor guru dan faktor mahasiswa mempengaruhi keterlibatan mahasiswa dengan umpan balik korektif tertulis dalam merevisi teks eksposisi mereka? Penelitian kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Studi kuantitatif dengan desain eksperimental ini melibatkan 71 mahasiswa semester 2 Jurusan Bahasa Inggris di IAIN Tulungagung yang termasuk dalam kelompok eksperimen yang diberikan umpan balik korektif tertulis dari guru dan konferensi guru-siswa dan kelompok kontrol yang diberi umpan balik korektif tertulis dari guru tanpa konferensi guru-siswa. Pada saat yang sama, penelitian kualitatif dilakukan dengan melibatkan empat mahasiswa dengan tingkat kemampuan tertinggi dan terendah dari kedua kelompok untuk mengungkapkan keterlibatan kognitif, perilaku, dan afektif mereka dengan umpan balik korektif tertulis yang diberikan guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis yang dilengkapi dengan prompt menulis dan rubrik penilaian untuk penelitian kuantitatif dan think-aloud protocol dan panduan wawancara untuk penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan dari tes menulis dianalisis secara statistik menggunakan independent sample t-test untuk menguji hipotesis pada tingkat signifikansi 0,05. Sementara itu, data yang dikumpulkan dari think-aloud protokol dan wawancara diberi kode, diklasifikasikan, dianalisis, dan ditafsirkan untuk mengungkapkan keterlibatan mahasiswa dengan guru umpan balik korektif tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi pemberian umpan balik korektif tertulis dari guru dan konferensi guru-siswa terbukti lebih efektif dalam membuat mahasiswa menghasilkan kualitas menulis teks ekspositori yang lebih baik daripada memberikan mahasiswa dengan umpan balik korektif tertulis guru saja. Strategi itu terbukti efektif untuk mahasiswa berkemampuan tinggi maupun rendah namun tingkat kemampuan siswa dianggap bukan factor yang mempengaruhi bagusnya kualitas menulis mahasiswa di kelas yang diberikan umpan balik korektif tertulis dengan konferensi guru-siswa. Studi ini juga menemukan bahwa mahasiswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda memiliki beberapa pola keterlibatan kognitif, behavioral dan afektif yang berbeda terhadap umpan balik korektif tertulis dari guru yaitu secara kognitif, mahasiswa dengan tingkat kemahiran tinggi cenderung dapat melihat dan memahami umpan balik dengan cepat. dan akurat untuk merevisi tulisan mereka sementara mahasiswa berkemampuan rendah menghadapi banyak kesulitan dalam memahami umpan balik. Dalam hal keterlibatan behavioral, mahasiswa berkemampuan rendah cenderung lebih bergantung pada bantuan orang lain dalam merevisi tulisan mereka sementara mahasiswa berkemampuan tinggi lebih mandiri. Terkait keterlibatan afektif, mahasiswa berkemampuan rendah cenderung lebih cemas karena menemukan banyak umpan balik dari dosen daripada mahasiswa berkemampuan tinggi yang menerima umpan balik yang relatif lebih sedikit. Akhirnya, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa mahasiswa lebih senang terhadap pemberian umpan balik secara perseorangan, lebih menyukai guru yang lembut, sabar tetapi konsisten dalam membimbing dan memberikan umpan balik, dan menganggap kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan vi motivasi yang kuat dapat meningkatkan keterlibatan aktif mereka dengan umpan balik korektif tertulis dari guru. Sebagai kesimpulan, memberikan mahasiswa umpan balik korektif tertulis dari guru akan lebih efektif ketika mahasiswa didorong untuk terlibat secara aktif dengan umpan balik tersebut secara kognitif, behavior, dan afektif. Keterlibatan seperti itu paling baik diaktifkan dengan mengadakan konferensi guru-siswa yang memungkinkan interaksi yang dinamis antara guru dan mahasiswa dan semua faktor yang mempengaruhi keterlibatan siswa dengan umpan balik dapat diakomodasi. Oleh karena itu, disarankan agar guru memberikan umpan balik korektif tertulis dengan konferensi guru-siswa di kelas menulis agar mahasiswa lebih terlibat dengan umpan balik untuk revisi mereka dan pada gilirannya dapat meningkatkan keterampilan menulis mereka. Peneliti lain disarankan untuk meneliti yang lebih rinci tentang proses keterlibatan mahasiswa dengan umpan balik secara kognitif, perilaku, dan efektif dengan fokus kemajuan siswa dalam merevisi tulisan mereka. Diperlukan juga lebih banyak studi umpan balik yang melibatkan berbagai aspek siswa seperti motivasi, self-efficacy dan klasifikasi kemampuan yang lebih komprehensif serta faktor eksternal lainnya yang mempengaruhi keterlibatan agar memiliki gambaran yang lebih komprehensif tentang keterlibatan siswa dengan umpan balik korektif tertulisdari guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64461

Actions (login required)

View Item View Item