Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas IV SDN Tawangargo 02 Kabupaten Malang / Novita Kartika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas IV SDN Tawangargo 02 Kabupaten Malang / Novita Kartika Sari

Sari, Novita Kartika (2017) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui model picture and picture pada siswa kelas IV SDN Tawangargo 02 Kabupaten Malang / Novita Kartika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari NovitaKartika. 2017. PeningkatanKeterampilanMenulisKaranganNarasiMelalui Model Picture and PicturePadaSiswaKelas IV SDN Tawangargo 02 Kabupaten Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmu Pendidikan UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. MuhanaGipayana M.Pd. (II) Drs. Sumanto M.Pd. Kata kunci Menulis karangannarasi modelpicture and picture kelas IV SD Berdasarkanhasilobservasi pembelajaranketerampilanmenuliskarangannarasi di kelas IV dilaksanakansecaratradisional sehinggasiswasulitmembuatkarangannarasi kalimat yang digunakanmonoton unsur-unsurkarangannarasitidaklengkap penulisan kata penggunaanhurufkapitaldantandabacakurangsesuaidengan EYD. Untukmenyelesaikanmasalahsolusinyayaitumelaluipenggunaan model picture and picture.Penelitian bertujuanmendeskripsikan(1) proses pembelajaran(2) aktivitaspembelajaransiswa dan(3) peningkatketerampilanmenuliskarangannarasimelalui model picture and picturepadasiswakelas IV SDN Tawangargo 02 Kabupaten Malang. Penelitian menggunakan rancanganPenelitianTindakanKelas (PTK)yang dilaksanakansebanyakduasiklus.Subjekpenelitianyaitusiswakelas IV SDN Tawangargo 02 sebanyak 31 siswa. Data penelitian berupaperancanganaktivitaspembelajaranguru aktivitassiswa dankarangannarasisiswa. Sumber data dalampenelitiansiswadanguru kelas IV data dokumenberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP) media gambarseri danfotobuktipenelitian.Teknikpengumpulan data menggunakanobservasi tesdandokumentasi. Prosespembelajaranmenggunakan model picture and picturesudahsesuaidenganlangkah-langkah guru sudahmelakukanperbaikan proses pembelajarandarisiklus I kesiklus IIdibuktikandengannilai rata-rata aktivitas guru 83 5 padasiklus I meningkatmenjadi 86 5 padasiklus II.Aktivitassiswamengalamipeningkatansiswasudahaktif di dalamkelas sudahikutberpartisipasidalamkegiatankelompok antusiasdalampembelajaran beranimengungkapkanpendapatdandisiplin meskipunada 1siswa yang masihtidakdisiplinpadasiklus II peningkatandibuktikandengannilai rata-rata 77 5 padasiklus I menjadi 86 5 padasiklus II. Hasilketerampilanmenuliskarangannarasimeningkatdarisiklus I kesiklus II karangantidakmonoton dalamaspekisisiswasudahdapatmenulisunsurnarasisecaralengkap namunbeberapasiswamasihkesulitandalammenulislatarsuasana padaaspekkebahasaanpenulisankata hurufkapital dantandabacasudahsesuaidenganEYD tetapibeberapasiswamasihkesulitandalampenulisan katapadasiklus II peningkatan juga dibuktikandengannilai rata-rata 70 padasiklus I menjadi 77 padasiklus II. Disarankanagar guru bisamenggunakan model pembelajaran yang sesuai. Mahasiswadanpembaca lain dapatmenjadikanhasilpenelitianinisebagairefrensiuntukmelakukanpenelitianselanjutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6446

Actions (login required)

View Item View Item