The effect of collaborative work on students' L2 writing achievement across social orientation / Moh. Hasbullah Isnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of collaborative work on students' L2 writing achievement across social orientation / Moh. Hasbullah Isnaini

Isnaini, Moh. Hasbullah (2018) The effect of collaborative work on students' L2 writing achievement across social orientation / Moh. Hasbullah Isnaini. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasbullah Mohammad Isnaini. 2017. Pengaruh Kelompok Kerja pada Prestasi Menulis Bahasa Asing Lintas Orientasi Sosial. Desertasi. Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.A. Ph.D (II) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D (III) Prof Mohammad Adnan Latief M.A. Ph.D Karta Kunci Kerja Kelompok Ekstrovert Introvert Kemampuan Menulis Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek dari kerja kelompok dalam pada prestatsi menulis bahasa kedua yang dilihat dari segi orientasi sosial. Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis memformulasikan dua pertanyaan yaitu Pertama apakah siswa yang menulis dalam kelompok kerja menulis lebih baik daripada siswa yang menulis individu . Kedua apakah ada perbedaan yang siknifikan antara siswa introvert dan siswa extrovert ketika menulis secara individu dan kelompok belajar. Untuk menjawab pertanyaan tersebut diatas maka desain kuasi eksperimental digunakan dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini melihat pencapaian pembelajaran writing sebanyak delapan puluh empat siswa universitas Brawijaya yang mengambil jurusan pengajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing pada angkatan 2013/2014. Tiga kelas dipilih menjadi sujek penelitian ini dimana terdapat 40 siswa per kelasnya. Perlakuan kerja kelompok diberikan selama 9 minggu belum termasuk pengajaran essay dan post test. Data dari penelitian ini berupa nilai yang didapatkan dari pelaksaan test pada peserta penelitian yg diberikan sebagai posttest. Test tulis yang dibuat guru di berikan setelah di validasi dan diujicobakan. Rubrik penilaian yang digunakan adalah rubrik penilaian esai yang di adaptasi dari Jacobs ESL Rubric Profile. Data yang diperoleh selanjutnya dihitung dengan statistik yaitu independent samples t test dari IBM SPSS 21. Hasil dari eksperimen ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang siknifikan antara siswa yang menulis secara collaborative dan siswa yang menulis secara individu pada level kesalahan.05. dimana nilai median untuk kerja kelompok dan individu adalah 81 7 and 65 7 secara berurutan. Hasil yang kedua mengindikasikan bahwa ada perbedaan yang siknifikan dalam peningkatan kemampuan menulis siswa antara yang itrovert and extrovert ketika menulis secara individu dan secara berkelompok pada tingkat kesalahan .05. semua siswa baik introvert maupun extrovert yang menulis secara berkelompok selalu lebih berhasil daripada siswa-siswa yang berada pada kelompok individu. Nilai median daro kelompok adalah 76 8095 dan 86 6190 yang lebih tinggi daripada nilai median dari kelompok individu yaitu 65 4762 dan 65 6190. Sehubungan dengan hipotesa nomor 1 peneliti menyimpulkan menulis secara kerja kelompok lebih baik daripada menulis secara individu. Berdasarkan pembuktian yang ada disarankan bagi guru atau dosen untuk menggunakan kerja kelompok sebagai sebuah alat pembelajaran pedagogis untuk membenatu mereka dalam menulis. Hipotesa kedua menyimpulkan bahwa keefektifitasan dari kerja kelompok tidak tergantung dari orientasi sosial karena semua baik introvert dan extrovert yang masuk dalam kelompok belajar selalu mengalahkan group dari siswa yang bekerja secara individu. Berdasarkan bukti tersebut rekomendasi dari hasil yang kedua pada saat pengelompokan guru atau dosen tidak perlu khawatir dengan orientasi sosial siswa karena introvert dan extrovert tersebut bisa masuk dalam jenis kegiatan pedagogis ini.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64450

Actions (login required)

View Item View Item