Kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas III tema 6 subtema 1 di SDN Gugus 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Erfan Wijayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas III tema 6 subtema 1 di SDN Gugus 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Erfan Wijayanto

Wijayanto, Erfan (2017) Kemampuan menulis surat pribadi siswa kelas III tema 6 subtema 1 di SDN Gugus 2 Kecamatan Sukun Kota Malang / Erfan Wijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanto Erfan 2017. Kemampuan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas III Tema 6 Subtema 1 di SDN Gugus 02 Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd (II) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci kemampuan menulis surat pribadi Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan kasus terkait dengan menulis surat pribadi pada siswa kelas III SDN Bakalan Krajan 02 Kecamatan Sukun Kota Malang. Kasus yang muncul yaitu sebagian siswa kurang memahami tentang tata cara penulisan surat pribadi banyak kesalahan dalam menggunakan kosakata ejaan dan format komponen surat pribadi yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan surat pribadi. Kesalahan tersebut terjadi karena faktor internal dan eksternal. Faktor internal bisa terjadi karena siswa malas belajar faktor eksternal bisa muncul dari pemilihan strategi dan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan penelitian secara lebih mendalam di kelas III SDN segugus 02 Kecamatan Sukun Kota Malang untuk menggambarkan memperdalam dan menjelaskan kemampuan siswa dalam menulis surat pribadi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan (1) kesesuaian surat pribadi yang telah ditulis siswa kelas III SDN Gugus 02 Kecamatan Sukun Kota Malang dengan komponen surat pribadi (2) ketepatan penggunaan ejaan yang digunakan siswa kelas III SDN Gugus 02 Kecamatan Sukun Kota Malang dalam menulis surat pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi (studi dokumen). Untuk menjaga keabsahan data maka peneliti telah melakukan triangulasi sumber meningkatkan ketekunan serta diskusi teman sejawat. Berdasarkan hasil analisis data dapat diperoleh simpulan sebagai berikut (1) terdapat ketidaksesuaian surat yang ditulis siswa kelas III SDN Gugus 02 Kecamatan Sukun dengan komponen surat pribadi sebesar 14 3 % ketidaksesuaiannya cenderung terletak pada penulisan komponen nama dan alamat tujuan salam pembuka salam penutup serta tanda tangan dan nama terang (2) terdapat ketidaktepatan penggunaan ejaan yang digunakan siswa kelas III SDN Gugus 02 Kecamatan Sukun dalam menulis surat pribadi sebesar 26 1 % ketidaktepatan tersebut cenderung terletak pada aspek penggunaan huruf kapital penggunaan kata depan penggunaan partikel dan penggunaan tanda baca. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) sebaiknya guru kelas III menggunakan strategi pembelajaran yang lebih mendalam dan bervariasi (2) sebaiknya siswa mengecek ulang hasil tulisan surat pribadinya supaya kesalahan dalam penulisan surat pribadi bisa diminimalisir dan (3) peneliti selanjutnya sebaiknya melakukan sebuah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran menulis surat pribadi di kelas III Sekolah Dasar yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6445

Actions (login required)

View Item View Item