Prasasti, Wigati Dyah (2018) EFL learnersÔÇÖ interpretations of metaphors / Wigati Dyah Prasasti. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prasasti Wigati Dyah. 2017. EFL Learners Interpretations of Metaphors. Disertasi. Progam Doktor Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (2) Prof. Adnan Latief M.A. Ph.D. (3) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. Kata kunci Membaca sastra kompetensi sastra interpretasi metafora Walapun beberapa penelitian terdahulu menyatakan bahwa pemahaman bacaan lebih berfokus pada pemahaman makna permukaan dan literal dari teks yang dibaca kemampuan pembelajar bahasa Inggris dalam memaknai dengan cara menginterpretasi arti dari beberapa bahasa simbolis perlu untuk diteliti. Metafora merupakan salah satu bentuk bahasa kiasan yang dapat ditemukan dalam berbagai macam teks. Di dalam teks sastra metafora nampak lebih jelas dan kontekstual sehingga memungkinkan pembelajar untuk lebih eksploratif saat mencoba mengartikan makna simbolisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dua permasalahan (1) Bagaimana pemahaman makna pembelajar bahasa Inggris melalui isi faktual teks menhantarkan mereka pada pemaknaan dalam bentuk interpretasi metafora dan (2) Pola interpretasi metafora seperti apa yang dibentuk oleh pembelajar bahasa Inggris. Teori yang digunakan sebagai dasar penelitian adalah teori respons pembaca dan teori kompetensi sastra. Data dalam penelitian ini berupa data tekstual yang dikumpulkan dari 15 mahasiswa jurusan Bahasa Inggris. Data pertama adalah jawaban tertulis mereka terhadap cerita pendek dengan tingkat keterbacaan 5 4 yang diukur pada statistik keterbacaan Flesch-Kincaid. Data kedua adalah data dalam bentuk transkrip dari rekaman wawancara. Data dipilah berdasarkan permasalahan dan dianalisis dengan menggunakan analisis isi berdasarkan teori-teori tersebut sebelumnya dan sebuah kerangka analisis. Penelitian ini mengungkapkan bahwa dengan memiliki penalaran analitik dalam memahami teks berdasarkan isi faktualnya dalam bentuk nilai-nilai intrinsik mis. karakter plot setting dan temanya pembelajar bahasa Inggris menggunakan isi faktual tersebut sebagai petunjuk dalam proses pemaknaan metafora. Pembelajar tersebut menghasilkan pola interpretasi metafora transisional dan ekstra tekstual yang melibatkan penalaran epistemis mereka. Ini menandakan bahwa ketika menyajikan pola transisi interpretasi metafora beberapa pembelajar tidak hanya melihat referensi intra-teks tetapi juga lingkup personal dan sosial budaya yang lebih luas dalam bentuk refleksi. Dalam menyajikan pola interpretasi metafora ekstra-tekstual beberapa lainnya melakukan refleksi diri dan refleksi pada realitas di dunia. Berdasarkan temuan penelitian tanggapan kritis pembelajar bahasa Inggris dalam menginterpretasi arti metafora disarankan untuk diteliti lebih lanjut. Para guru Bahasa Inggris juga disarankan untuk menggunakan teks sastra sebagai teks alternatif yang lebih kompleks dan lekat dengan konteks sosial budaya mengingat bahwa pemahaman bacaan semestinya melibatkan memaknai bahasa simbolis.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64447 |
Actions (login required)
View Item |