How do professional EFL teachers develop their pedagogical competence? / Dini Kurnia Irmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

How do professional EFL teachers develop their pedagogical competence? / Dini Kurnia Irmawati

Irmawati, Dini Kurnia (2017) How do professional EFL teachers develop their pedagogical competence? / Dini Kurnia Irmawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irmawati Dini Kurnia. 2017. Bagaimana Guru Bahasa Inggris yang Profesional Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Mereka Disertasi Program Pascasarjana. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (2) Prof. Ali Saukah M.A. Ph.D. (3) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M.A. Ph.D. Kata Kunci guru bahasa Inggris yang profesional kemampuan pedagogik Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana guru bahasa Inggris yang profesional mengembangkan kemampuan pedagogik mereka. secara lebih spesifik fokus penelitian ini adalah menganalisis fitur-fitur dari kegiatan pengembangan kemampuan pedagogik yang meliputi fitur struktural (bentuk kegiatan durasi partisipasi) dan fitur inti (pembelajaran koheren konten). Penelitian kualitatif ini terdiri dari dua tahapan yaitu tahap 1 dan 2. Tahap 1 meliputi pemilihan subyek penelitian (membuat kriteria subyek penelitian dan menyiapkan isntrumen yang meliputi angket pedoman wawancara lembar obervasi) dan tahap 2 meliputi penelusuran kegiatan pengembangan profesionalisme pada kompetensi pedagogik mereka melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data kemudian dilakukan secara kualitatif dengan memaparkan hasil wawancara dan melakukan koding. Hasil penelitian menunjukkan fitur struktural yang dominan dari kegiatan pengembangan profesionalisme adalah fitur jenis kegiatan yang dilakukan termasuk tipe reform yaitu di luar kegiatan konvensional seperti seminar dan workshop fitur durasi menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan dilakukan dalam waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan fitur partisipasi menunjukkan bahwa subyek penelitian lebih banyak melakukan kegiatan pengembangan profesionalisme secara individu daripada kolaboratif. Kemudian fitur inti dari kegiatan pengembangan profesionalisme menunjukkan bahwa aspek pembelajaran aktif yang sering terjadi ialah melalui kegiatan diskusi yang memberikan kesempatan bagi sunyek penelitian untuk melakukan refleksi memberi dan menerima saran. Kemudian fitur koheren menunjukkan bahwa sebagian besar kegiatan pengembangan profesionalisme sesuai dengan ekspektasi dan tujuan dari subyek penelitian. Selanjutnya fitur konten menunjukkan bahwa sebagian besar konten yang telah dipelajari oleh subyek penelitian terkait kompetensi pedagogik mereka adalah tentang pengembangan RPP pengembangan materi dan media beragam teknik pengajaran manajemen kelas penilaian proses dan produk rubrik penilaian dan penyusunan tes. Guru bahasa Inggris disarankan lebih selektif dalam melakukan beragam kegiatan pengembangan profesionalisme yang sesuai dengan kebutuhan mereka terkait profesi mengajar.. Selain itu guru bahasa Inggris juga disarankan untuk lebih sering melakukan lesson study untuk mendapatkan masukan dan perbaikan terkait kemampuan mengajar mereka. Kepala sekolah juga disarankan untuk tidak hanya mengirimkan guru yang sama sebagai perwakilan sekolah dalam forum guru.Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian tentang profesionalisme guru yang melibatkan aspek lamanya mengajar.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64445

Actions (login required)

View Item View Item