The effect of different types of journal writing feedback on EFL students' writing / Rojab Siti Rodliyah - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of different types of journal writing feedback on EFL students' writing / Rojab Siti Rodliyah

Rodliyah, Rojab Siti (2017) The effect of different types of journal writing feedback on EFL students' writing / Rojab Siti Rodliyah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rodliyah Rojab Siti. 2017. Efek Jenis Umpan Balik yang Berbeda pada Penulisan Jurnal terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa di Kelas Bahasa Inggris Tingkat Universitas. Dissertasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. (1) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M.A. Ph.D. (2) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. (3) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. Kata Kunci jurnal umpan balik berfokus pada makna umpan balik berfokus pada bahasa Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak dari dua jenis umpan balik yang diberikan pada jurnal mahasiswa terhadap tulisan mereka Penelitian ini bertujuan untuk menjawab tiga pertanyaan (1) Apakah terdapat perbedaan dalam kemampuan menulis antara mahasiswa yang diberi tugas menulis jurnal dengan umpan balik berfokus pada makna dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak diberi tugas menulis jurnal (2) Apakah terdapat perbedaan dalam kemampuan menulis di antara mahasiswa yang diberi tugas menulis jurnal dengan umpan balik yang berfokus pada bahasa dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak diberi tugas menulis jurnal (3) Apakah terdapat perbedaan dalam kemampuan menulis diantara mahasiswa yang diberi tugas menulis jurnal dengan umpan balik yang berfokus pada makna dibandingkan dengan mahasiswa yang diberi tugas menulis jurnal dengan umpan balik yang berfokus pada bahasa Penelitian ini menggunakan design non randomized pretest-posttest control group design untuk mengetahui jenis umpan balik yang mana yang lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Subyek penelitian ini adalah mahassiwa semester 5 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Tiga kelas dibagi dalam dua kelompok experiment dan satu kelompok control.Kelompok experimen pertama diminta menulis jurnal dua kali seminggu dan diberikan umpan balik yang berfokus pada. makna dan disebut kelompok MF. Kelompok experiment diminta menulis journal seminggu dua kali dan diberikan umpan balik yang berfokus pada Bahasa dan disebut grup LF. Terakhir kelompok kontrol yang tidak menulis jurnal sehingga tidak menerima feedback yang berbasis pada journal (non journal-based feedback) dan selanjutnya disebut NF. Data untuk penelitian ini terdiri dari nilai mahasiswa yang diperoleh dari tes menulis yang dilaksanakan sebelum dan setelah eksperimen. Tes tersebut dibuat oleh peneliti dan telah diujicobakan dan divalidasi. Tulisan mahasiswa dinilai oleh dua orang penilai (rater) dengan menggunakan rubrik yang diadaptasi dari Jacobs et al. s ESL Composition Profile. Nilai yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan Kruksal Wallis test dengan SPSS 18.iv Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara ketiga kelompok (p 0.002 945 0.05). Sementara itu Mann-Whitney U tes dilakukan untuk mengecek lebih jauh perbedaan diantara ketiganya. Ditemukan bahwa MF mendapatkan nilai rata-rata yang terbesar dan berbeda secara signifikan dari NF dan LF. Terbukti kemampuan menulis kelompok MF meningkat signifikan dibandingkan NF dan LF. Sementara itu nilai LF tidak berbeda secara signifikan dibandingkan NF yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis LF tidak meningkat dibandingkan NF. Terakhir kemampuan menulis MF meningkat lebih signifikan dibandingkan LF sebagaimana ditunjukkan dari nilai rata-rata yang lebih besar secara signifikan dibandingkan nilai LF. Kesimpulannya terdapat perbedaan signifikan di antara kelompok yang menulis jurnal dan diberikan umpan balik yang berfokus pada makna dibandingkan dengan kelompok yang menulis jurnal dan diberikan umpan balik yang berfokus pada bahasa maupun yang tidk menulis jurnal dimana kelompok yang pertama mengungguli kedua kelompok lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa menulis jurnal secara teratur dengan diberikan umpan balik yang berfokus pada makna dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64444

Actions (login required)

View Item View Item