Fitriana, Laila (2017) Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model roundtable pada siswa kelas V SDN Rejoagung 3 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang / Laila Fitriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fitriana Laila. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Model Roundtablepada Siswa Kelas V SDN Rejoagung 3 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (2) Drs. Imam Nawawi M.Si Kata Kunci menulis deskripsi model roundtable kelas V Sekolah Dasar Pembelajaran keterampilan menulis deskripsi di kelas V SDN Rejoagung 3 dilaksanakan secara tradisional sehingga siswa merasa kebingungan dalam mengungkapkan dan memunculkan ide membutuhkan waktu lama dalam menulis karangan karangan siswa belum menggambarkan objek secara jelas serta belum memperhatikan penulisan huruf besar tanda titik dan tanda koma.Berdasarkan kondisi tersebut keterampilan menulis deskripsi pada siswa perlu ditingkatkan. Salah satu solusi yang ditawarkan yaitu melalui penggunaan model roundtable.Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan (1) penerapan model roundtable dalam pembelajaran (2) aktivitas siswa selama pembelajaran dan (3) hasil keterampilan menulis deskripsi pada siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelasyang dikembangkan oleh Kemmis Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Rejoagung 3 sebanyak 19 siswa. Data yang diperoleh berupa data tentang penerapan model roundtable dalam pembelajaran aktivitas siswa dan hasil keterampilan menulis deskripsi. Sumber data yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi observasi dan tes.Penerapan model roundtable dalam pembelajaran mengalami peningkatan yaitu perencanaan pembelajaran meningkat dari skor 89 5 pada siklus I menjadi 95 6 pada siklus II dan pelaksanaan pembelajaran meningkat dari skor 89 7pada siklus I menjadi 96 5pada siklus II. Aktivitas siswa selama pembelajaran meningkat dari skor 86 7 pada siklus I menjadi 91 8 pada siklus II. Hasil keterampilan menulis deskripsi juga mengalami peningkatan persentase ketuntasan dari 73 7% (14 siswa) pada siklus I menjadi 89 5% (17 siswa) pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model roundtable dalam pembelajaran sudah sesuai langkah-langkah model roundtable yaitu menyampaikan tata cara menulis deskripsi melalui model roundtable mengorganisasikan siswa dalam bentuk kelompok dengan anggota seimbang membentuk meja bundar menentukan objek pengamatan membimbing siswa menulis hasil pengamatan secara bergiliran membimbing siswa menulis deskripsi secara individu dan merefleksi tulisan yang dihasilkan siswa. Aktivitas siswa meningkat yaitu siswa sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan kelompok antusias berani menyampaikan pendapat dan disiplin. Hasil keterampilan menulis deskripsi juga meningkat yaitu karangan sudah menggambarkan objek secara nyata memiliki pengetahuan tentang topik secara baik dan mulai memperhatikan penulisan huruf besar tanda titik dan tanda koma.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6444 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |