The effects of subtitled video on EFL students' writing ability / Suparmi - Repositori Universitas Negeri Malang

The effects of subtitled video on EFL students' writing ability / Suparmi

Suparmi (2017) The effects of subtitled video on EFL students' writing ability / Suparmi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suparmi 2017. Pengaruh Penggunaan Video Ber subtitle pada Kemampuan Menulis Siswa. Disertasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.A. Ph.D. (II) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (III) Prof. M. Adnan. Latief M.A. Ph.D. Keywords video ber subtitle siswa EFL kemampuan menulis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video ber subtitle pada kemampuan menulis siswa di kelas EFL. Untuk mengetahui adanya pengaruh dari video ber subtitle peneliti membentuk tiga kelompok. Kelompok pertama diajar dengan menggunakan video ber subtitle kelompok kedua diajar dengan menggunakan video yang tidak ber subtitle dan yang kelompok ketiga tidak menggunakan video. Oleh karena itu masalah dalam penelitian ini dirumuskan dalam sebuah rumusan masalah yang umum yaitu Apakah siswa yang diajar dengan menggunakan video ber subtitle mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan video yang tidak ber subtitle dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan video Rumusan masalah umum ini dirinci menjadi tiga rumusan masalah khusus sebagai berikut yaitu (1) apakah siswa yang diajar dengan menggunakan video ber subtitle mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan video yang tidak ber subtitle (2) apakah siswa yang diajar dengan menggunakan video ber subtitle mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik daripada siswa yang tidak diajar dengan menggunakan video dan (3) apakah siswa yang diajar dengan menggunakan video yang tidak ber subtitle mempunyai kemampuan menulis yang lebih baik daripada siswa yang tidak diajar dengan menggunakan video Untuk menjawab masalah penelitian tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan teknik eksperimen quasi dengan memberikan test awal dan test akhir untuk membandingkan kemampuan menulis siswa yang menggunakan video ber subtitle video tidak ber subtitle dan tanpa menggunakan video. Penelitian ini berlangsung selama empat belas pertemuan. Subjek penelitian adalah sembilan puluh siswa di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang. Setelah diberikan perlakuan berbeda tiap-tiap kelompok uji diminta menulis teks prosedural. Skor yang diperoleh siswa dalam menulis teks prosedural inilah yang menjadi data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa di tiga group ada perbedaan yang signifikan yaitu (1) kelompok yang diajar menulis dengan mengunakan video ber subtitle memperoleh rerata skor 87.3621 (p .000) (2) kelompok yang diajar menulis dengan menggunakan video tidak ber subtitle mendapatkan rerata skor 74.6129 (p .000) dan (3) kelompok yang diajar menulis dengan tidak menggunakan video sebagai kelompok kontrol memperoleh rerata skor 67.8667 (p .000). Berdasarkan hasil perolehan skor masing-masing kelompok ini dapat ditarik tiga simpulan sebagai berikut yaitu (1) Siswa yang diajar dengan menggunakan video ber subtitle menunjukkan kemampuan menulis lebih baik daripada siswa yang diajar dengan menggunakan video yang tidak ber subtitle (2) siswa yang diajar dengan menggunakan video ber subtitle menunjukkan kemampuan menulis lebih baik daripada siswa yang tidak diajar dengan menggunakan video dan (3) siswa yang diajar dengan menggunakan video yang tidak ber subtitle menunjukkan kemampuan menulis yang lebih baik daripada siswa yang tidak diajar dengan menggunakan video. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini dapat dikemukakan beberapa saran bagi guru bahasa Inggris dan peneliti. Untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa EFL guru bahasa Inggris disarankan menggunakan baik video ber subtitle maupun video yang tidak ber subtitle karena pengajaran menulis dengan menggunakan video yang ber subtitle atau yang tidak ber - subtitle memberikan implikasi pedagogis pada pengajaran yang inovatif dan kreatif di kelas menulis untuk siswa EFL. Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik melakukan penelitian yang sama disarankan untuk melibatkan sampel yang besar pada siswa yang mempunyai gaya belajar yang berbeda. Mereka juga bisa melakukan penelitian dengan membandingkan siswa di level yang berbeda untuk mengetahui apakah menggunakan video ber subtitle bisa diterapkan secara efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Selain itu peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian pengembangan dengan menciptakan video buatan sendiri untuk pembelajaran keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64439

Actions (login required)

View Item View Item