The effect of metacognitive strategy instruction on students' reading skill across different learning styles / Silvi Listia Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of metacognitive strategy instruction on students' reading skill across different learning styles / Silvi Listia Dewi

Dewi, Silvi Listia (2017) The effect of metacognitive strategy instruction on students' reading skill across different learning styles / Silvi Listia Dewi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dewi Silvi Listia. 2017. Pengaruh Pembelajaran Strategi Metakognitif pada Kemampuan Membaca Mahasiswa pada Berbagai Gaya Belajar yang Berbeda Disertasi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Pof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd (II) Prof. Mohammad Adnan Latief MA Ph.D (III) Dr. Johannes Ananto Prayogo M. Pd. M. Ed. Kata-kata kunci Pembelajaran Strategi Metakognitif Gaya Belajar Pemahaman Membaca Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa membaca Bahasa Inggris adalah masalah yang besar bagi mahasiswa. Secara teoritis hal ini mungkin karena keyakinan disfungsional mereka tentang membaca penggunaan strategi yang tidak sesuai dan hambatan motivasi termasuk mahasiswa dengan konsep mandiri yang kurang dan keyakinan diri. Strategi metakognitif diyakini yang paling cocok untuk membantu mereka belajar membaca lebih baik. Hal ini karena strategi metakognitif mengatur bagaimana pembelajar mengatur pembelajaran mereka secara intensif. Dalam rangka membantu mahasiswa untuk berkomunikasi dengan Pembelajaran Strategi Metakognitif (MSI) mendeteksi gaya belajar mahasiswa cara bagaimana mereka belajar kekuatan dan kelemahan mereka adalah salah satu hal yang sangat penting. Berdasarkan latar belakang penelitian ini pertanyaan utama penelitian ini adalah apakah nilai membaca rata-rata mahasiswa EFL Indonesia sesudah diajarkan menggunakan Pembelajaran Strategi Metakognitif menjadi lebih tinggi Dengan pertanyaan-pertanyaan penelitian sebagai 1) Apakah nilai pasca tes mahasiswa EFL Indonesia yang bergaya belajar visual setelah diajarkan menggunakan Pembelajaran Strategi Metakognitif menjadi lebih tinggi 2) Apakah nilai pasca tes mahasiswa EFL Indonesia yang bergaya belajar auditory setelah diajarkan menggunakan Pembelajaran Strategi Metakognitif menjadi lebih tinggi 3) Apakah nilai pasca tes mahasiswa EFL Indonesia yang bergaya belajar kinesthetic setelah diajarkan menggunakan Pembelajaran Strategi Metakognitif menjadi lebih tinggi Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan satu kelompok pra tes dan pasca tes. Strategi membaca yang digunakan dalam penelitian ini adalah MSI. Mahasiswa menerima pelatihan MSI pada 100 menit pembelajaran pemahaman membaca dengan pertemuan selama 10 kali pertemuan. Sementara itu gaya belajar mahasiswa yang diamati dalam penelitian ini adalah gaya belajar visual auditory dan kinesthetic. Hasil penelitian utama dari penelitian ini adalah bahwa nilai membaca rata-rata mahasiswa EFL Indonesia sesudah diajarkan menggunakan Pembelajaran Strategi Metakognitif menjadi lebih tinggi seperti yang dibuktikan oleh nilai p .086/2 .043 945 .05. Ini berarti bahwa ada efek peningkatan nilai dalam kemampuan membaca. Hasil pertama dari penelitian ini adalah nilai membaca pada pasca tes mahasiswa EFL Indonesia yang bergaya belajar visual setelah diajarkan menggunakan Pembelajaran Strategi Metakognitif tidak menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pra tes mereka seperti yang dibuktikan oleh p 0 731/2 0 3655 945 0 05. Ini menunjukkan bahwa gaya belajar visual tidak mempengaruhi peningkatan kemampuan membaca setelah diajarkan dengan MSI. Hasil kedua penelitian ini adalah nilai pada pasca tes membaca mahasiswa EFL Indonesia yang bergaya belajar auditory setelah diajarkan menggunakan MSI menjadi lebih tinggi dari nilai pra tes mereka seperti yang diverifikasi oleh p 0 043/2 0 0215 945 0 05. Hasil ini menunjukkan bahwa gaya belajar auditory mempengaruhi peningkatan kemampuan membaca setelah diajarkan dengan MSI. Hasil ketiga penelitian ini menunjukkan bahwa nilai membaca pada pasca tes mahasiswa EFL Indonesia yang bergaya belajar kinesthetic setelah diajarkan menggunakan MSI tidak menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pra tes mereka sebagaimana ditetapkan oleh p 0 486/2 0 243 945 0 05. Ini menunjukkan bahwa gaya belajar kinesthetic tidak mempengaruhi peningkatan keterampilan membaca setelah diajarkan dengan Pembelajaran Strategi Metakognitif. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah MSI pada pemahaman bacaan paling baik diajarkan melalui pemodelan oleh pengajar dengan perencanaan monitoring dan evaluasi prosedur bagi pembelajar auditory. Penelitian yang akan datang disarankan untuk meneliti lebih lanjut tentang efek MSI pada kemampuan membaca mahasiswa pada berbagai gaya belajar yang berbeda yang difokuskan pada 7 gaya persepsi pembelajaran termasuk gaya belajar print aural visual haptic interactive kinesthetic dan gaya belajar olfactory. Gaya belajar jenis ini akan menjadi lebh baik jika menggunakan beberapa instrument tambahan seperti kuesioner dan formulir wawancara untuk mendapatkan gambaran lebih mendalam yang melukiskan strategi-strategi yang mereka pakai.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64438

Actions (login required)

View Item View Item