Irmayani (2017) Teacher talk features of English classrooms in senior high schools / Irmayani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irmayani 2016. Fitur Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas. Disertasi Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D (II) Dr. Suharmanto M.Pd. (III) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL. M.Pd. Kata kunci tutur guru pelajaran Bahasa Inggris fitur bentuk fitur fungsi Tutur guru memainkan peran yang sangat penting dalam proses pengajaran sebagai alat interaksi di dalam kelas. Dalam pembelajaran bahasa asing kelas adalah lokasi utama dimana siswa sering dihadapkan pada bahasa asing tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi fitur tutur guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah menengah atas yang menitikberatkan pada tiga hal fitur formal dan fitur fungsi berikut bagaimana cara guru menggunakannya di dalam pembelajaran dan fitur dominan yang guru pakai di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif yang melibatkan lima guru Bahasa Inggris model yang mengajar di tingkat sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Lamongan. Untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan fitur tutur guru peneliti menggunakan observasi kelas yang dilengkapi dengan rekaman audio visual. Dalam menganalisis data rekaman-rekaman tersebut dirubah menjadi transkrip yang kemudian diidentifikasi dan diklasifikasikan dan catatan lapangan digunakan untuk memperkaya pembahasan temuan penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa fitur formal tutur guru dapat dilihat pertama kali dari fitur-fitur fonologi yang berkaitan dengan lama jeda kecepatan bicara pelafalan yang teliti suara guru yang keras dan peniruan bunyi kata yang kedua fitur tingkat leksikal terdiri dari penggunaan kata benda dan kata kerja penggunaan kosa kata sederhana dan rasio tipe kemunculan kata dan yang ketiga fitur tingkat sintaksis termasuk didalamya penggunaan tata bahasa sederhana termasuk pola kalimat dan tenses topikalisasi keteraturan sintaksis dan penggunaan kalimat utuh. Pada fitur fungsi fitur bahasa dalam kelas melihat bagaimana peran tutur guru dalam manajemen kelas dan fitur modifikasi interaksi digunakan untuk melihat bagaimana tutur guru digunakan sebagai alat interaksi antara guru dan siswa pada pembelajaran di kelas. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa fitur bentuk tutur guru terjadi pada tingkat fonologi dimana fitur yang paling sering terjadi adalah fitur volume suara guru. Sedangkan pada tingkat leksikal fitur guru yang sering digunakan adalah penggunaan kata benda dan pada tingkat sintaksis fitur guru didominasi oleh fitur bentuk penggunaan kalimat sederhana. Pada tingkat fungsi tutur guru penggunaan bahasa kelas didominasi oleh fitur eksplanasi. Sedangkan fungsi pada fitur modifikasi interaksi fungsi cek pemahaman dan permintaan klarifikasi terjadi paling sering dibandingkan fitur fungsi lainnya. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa fitur-fitur yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris dalam pembelajaran di dalam kelas masih didominasi dalam fitur bentuk daripada fitur fungsinya. Dominasi fitur bentuk tutur guru menunjukkan bahwa peran guru Bahasa Inggris dalam penelitian ini masih merupakan model pengguna bahasa asing yang baik daripada menjadi stimulator untuk siswa berinteraksi di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64434 |
Actions (login required)
View Item |