Puspitasari, Winda (2017) Analisis unsur afektif dalam karangan narasi siswa kelas V SDN Genukwatu 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang / Winda Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Puspitasari Winda. 2017. Analisis Unsur Afektif dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V SDN Genukwatu 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Drs. Heru Agus Triwidjaja M.Pd. Kata Kunci unsur afektif karangan narasi kelas V SD Karangan yang baik adalah karangan yang mengandung unsur afektif terdiri dari 5 indikator yang meliputi kesadaran terhadap diri sendiri kesadaran terhadap orang lain kesadaran terhadap lingkungan si alamat/fokus sasaran pembaca realitas. Di SDN Genukwatu 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang rata-rata karangan siswa masih rendah dalam mengandung unsur afektif sehingga perlu diteliti tentang unsur afektif dalam karangan narasi. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan unsur afektif yang terdapat dalam karangan siswa kelas V SDN Genukwatu 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang yang meliputi (1) kesadaran terhadap diri sendiri (2) kesadaran terhadap orang lain kesadaran terhadap diri sendiri (2) kesadaran terhadap orang lain (3) kesadaran terhadap lingkungan (4) si alamat/fokus sasaran pembaca (5) realitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh yaitu hasil karangan narasi siswa. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 44 siswa yang terdiri dari 21 perempuan dan 23 laki-laki. Penelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data dengan teknik dokumentasi berupa karangan narasi. Setelah data terkumpul data direduksi dikodifikasi dan disajikan untuk kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan unsur afektif siswa kelas V SDN Genukwatu 1 Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang mengandung unsur afektif dalam karangannya. Unsur afektif yang ada dalam karangannya yaitu kesadaran terhada diri sendiri (KTD) sebesar 77 5% kesadaran terhadap orang lain (KTO) sebesar 73 13% kesadaran terhadap lingkungan (KTL) sebesar 68 29% si alamat/fokus sasaran pembaca (SIA) sebesar 46 34% realitas (REA) sebesar 22 5%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu indikator kesadaran terhadap diri sendiri tergolong baik kesadaran terhadap orang lain tergolong baik kesadaran terhadap lingkungan tergolong baik si alamat/fokus sasaran pembaca tergolong cukup realitas tergolong kurang Disarankan guru untuk lebih banyak memberikan latihan menulis karangan dengan memperhatikan unsur afektif khususnya pada tema atau topik bahasan seperti bencana alam dan sejenisnya. Selain itu pemberian pancingan kepada siswa berupa pertanyaan atau contoh teks bacaan yang sesuai dengan tema atau topiknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6443 |
Actions (login required)
View Item |