The effect of corrective feedback on grammatical accuracy the writing of EFL university students / Pariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of corrective feedback on grammatical accuracy the writing of EFL university students / Pariyanto

Pariyanto (2017) The effect of corrective feedback on grammatical accuracy the writing of EFL university students / Pariyanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pariyanto. 2015. Pengaruh Umpan Balik Perbaikan Terhadap Keakuratan Gramatikal Dalam Tulisan Mahasiswa Pembelajar Bahasa Inggris. Disertasi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd (II) Prof. Bambang Yudi Cahyono M.Pd. M.A. Ph.D. (III) Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo M.A. Kata Kunci umpan balik perbaikan tulisan keakuratan gramatikal Umpan balik perbaikan sudah menjadi pembahasan yang luas bagi para peneliti pemerolehan bahasa kedua dan peneliti pengajaran bahasa kedua terkait apakah hal tersebut merupakan cara yang efektif dalam meningkatkan keakuratan bahasa pembelajar bahasa kedua atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh umpan balik perbaikan menyeluruh (CCF) umpan balik pilihan (SCF) dan umpan balik nongramatikal (NGF) terhadap keakuratan keseluruhan gramatikal tulisan pengaruh CCF dan SCF terhadap keakuratan menggunakan fitur gramatikal tertentu (yaitu keakuratan menggunakan kata kerja) dan pengaruh CCF dan SCF terhadap perbaikan jangka panjang keakuratan tulisan mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris. Satu kelas utuh berjumah 38 mahasiswa tahun kedua Jurusan Bahasa Inggris berpartisipasi dalam penelitian ini. Untuk menguji peningkatan keakuratan tulisan mahasiswa penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain tes awal-tes akhir langsung-tes akhir bertunda. Tiga kelompok mahasiswa yaitu kelompok CCF (N 13) kelompok SCF (N 13) dan kelompok NGF (N 12) menulis sembilan esai ekspositori yang kemudian diikuti pemberian umpan balik yang berbeda. Kelompok CCF menerima perbaikan pada seluruh kesalahan gramatikal (kesalahan gramatikal seperti yang dideskripsikan pada Taksonomi Kategori Linguistik oleh Dulay et al. 1982) yang muncul dalam tulisan mahasiswa sementara kelompok SCF menerima perbaikan pada kesalahan gramatikal tertentu yaitu kesalahan dalam menggunaan kata kerja secara akurat di tulisan mahasiswa (seperti kata kerja waktu bentuk kata kerja kesesuaian kata kerja dengan subyeknya). Kelompok NGF menerima komentar pada aspek nongramatikal (seperti isi dan susunan paragraf) dan berperan sebagai kelompok pembanding. Hasil uji Repeated Measures ANOVA dengan perbandingan post-hoc menunjukkan bahwa kelompok CCF jauh lebih baik daripada kelompok SCF dan NGF dalam meningkatkan keakuratan keseluruhan aspek gramatikal pada tes akhir langsung dan bahwa tidak ada peningkatan yang signifikan yang ditunjukkan oleh kelompok CCF dan kelompok SCF dalam keakuratan menggunakan kata kerja. Hasil uji paired-samples t-test juga menunjukkan bahwa tidak ada perbaikan jangka penjang yang signifikan dalam hal keakuratan menggunakan keseluruhan aspek gramatikal dan keakuratan menggunakan kata kerja (aspek gramatikal tertentu) oleh kelompok CCF dan kelompok SCF. Hasil temuan ini menyimpulkan bahwa (1) CCF efektif meningkatkan keakuratan menggunakan keseluruahan aspek gramatikal dalam jangka pendek (2) SCF tidak efektif meningkatkan keakuratan menggunakan kata kerja dan (3) CCF dan SCF tidak efektif dalam meningkatkan keakuratan tulisan mahasiswa dalam jangka panjang. Penelitian lanjutan dengan konteks dan strategi pemberian umpan balik yang berbeda sangat diperlukan untuk mengesahkan hasil temuan ini. Melalui penelitian ini pengajar tulisan bisa mempertimbangkan keefektifan CCF dalam meningkatkan keakuratan menggunakan keseluruhan aspek gramatikal pada tulisan mahasiswa selain mempertimbangkan tujuan-tujuan program tulisan yang sedang pengajar ajarkan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64429

Actions (login required)

View Item View Item