Developing English teaching material for midwifery students / Joni Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing English teaching material for midwifery students / Joni Susanto

Susanto, Joni (2017) Developing English teaching material for midwifery students / Joni Susanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Joni Susanto 2016. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Inggris Untuk Mahasiswa Jurusan Kebidanan. Dissertasi. Program Paska Sarjana. Universitas Negeri Malang. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Pembimbing (1) Prof. M. Adnan Latif M.A .Ph.D (2) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd .M Ed and (3) Prof. Bambang Yudi Cahyono Ph.D Kata Kunci Pengembangan Bahan Ajar Komunikasi Lisan Intergrasi Pembelajaran Bahasa dan Konten. Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Kesesuaiannya merupakan tuntutan mutlak untuk mencapai keberhasilan dalam memperoleh input pengetahuan yang maksimal. Dalam hal belajar bahasa bahan ajar yang digunakan harus dikontekstualisasikan dengan kebutuhan siswa untuk memicu produktivitas siswa dalam menggunakan bahasa. Dengan memenuhi kebutuhan belajar siswa pembelajaran menjadi bermakna. Alasan yang paling penting dalam pembuatan bahan ajar di penelitian ini adalah untuk memberikan kemampuan pada mahasiswa jurusan kebidanan berkomunikasi bahasa Inggris secara lisan sehingga mereka dapat mengaplikasikannya di perkerjaan mereka dan berkompetisi di pasar global. Model desain intruksional yang digunakan di bahan ajar ini diadopsi dari Dick and Carrey (2005) dan Brog and Gall (1983) yang melibatkan10 langkah. Dua model tersebut disederhanakan oleh peneliti menjadi 8 langkah. Langkah-langkah tersebut meliputi 1) analisa kebutuhan dan bukti konsep 2) rancangan dan perencanaan produk 3) pengembangan produk awal ( prototipe) 4) validasi ahli 5) uji lapangan awal 6) revisi produk 7) uji lapangan utama 8) revisi akhir produk dan pengembangan produk. Penyederhanaan dua model tersebut dilakukan oleh peneliti karenan faktor hambatan waktu hambatan academi kebutuhan penelitian dan juga hambatan biaya. Hasil akhir dari bahan ajar ini mempunyai spesifikasi sebagai berikut topik di setiap unit disusun secara berurutan didasarkan pada prosedur pekerjaan bidan topik di setiap unit diintergrasikan untuk didiskusikan di setiap kegiatan di setiap subunit diorientasikan untuk percakapan atau berkomunikasi yang didahului dengan bermacam-macam kegiatan yaitu snapshot ( informasi melalui gambar) coversation in context ( percakapan berkontek kusus) grammar focus (fokus pemahaman tatabahasa) video listening ( mendengarkan percakapan di video) dan word power ( vocabulary). Semua kegiatan percakapan di produk ini mengaplikasikan pendekatan CLIL yang dilengkapi dengan peragaan pertanyaan dan latihan dan didukung dengan beberapa teori belajar seperti behavioris konstruktivis Oleh karena itu hasil akhir bahan ajar ini dianggap cukup baik karena bahan ajar ini telah mengisi celah kebutuhan pemebalajaran percakapan dalam bahasa inggris kebidanan dengan berbagai macam model praktek percakapan. Bahan ajar ini juga dirancang pada situasi nyata dunia kebidanana dimana nantinya dapat membantu mahasiswa kebidanan yang diarahkan untuk bekerja di klinik maternitas dan rumah sakit lokal maupun internasional. Selain kelebihan diatas bahan ajar ini juga mempunyai keterbatasan. Keterbatasanya adalah bahan ajar ini tidak dilengkapi dengan penjenjangan dan prosedur penilaian. Faktanya hal tersebut sangat penting. Untuk peneliti berikutnya disarankan merancang bahan ajar bahasa Inggris untuk mahasiswa kebidanan yang berfokus pada percakapan dengan kontek kebidan disertai dengan prosedur penjenjangan dan penilaian.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64428

Actions (login required)

View Item View Item