The teaching of English as an EFL to autistic students in different settings / Alam Aji Putera - Repositori Universitas Negeri Malang

The teaching of English as an EFL to autistic students in different settings / Alam Aji Putera

Putera, Alam Aji (2017) The teaching of English as an EFL to autistic students in different settings / Alam Aji Putera. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putera Alam Aji. 2016. Pengajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa Asing bagi Siswa Autis di Penempatan yang Berbeda. Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Mohammad Adnan Latief Ph.D. (2) Prof. Ali Saukah Ph.D. (3) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL M.Pd. Kata Kunci siswa autistik bahasa Inggris penempatan yang berbeda SLB dan sekolah inklusif keduanya menyaratkan siswa autis untuk belajar bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) sebagaimana diamanatkan dalam standar isi pendidikan nasional Indonesia. Kedua tempat tersebut berkembang berbeda pada pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini memberikan wawasan bagaimana setiap pengaturan memberikan pengalaman belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing untuk siswa autis. Pengalaman belajar dalam penelitian ini diuraikan dengan cara bagaimana kegiatan mengajar berkembang di kelas dan bagaimana tutor sebaya memberikan kontribusi pada kegiatan mengajar di kelas. Empat guru diamati pada tiga jenis kelas berbeda. Satu guru PLB mengajar di kelas SLB satu guru psikologi mengajar guru di kelas khusus dan dua guru bahasa Inggris mengajar di kelas reguler. Mereka diamati selama kegiatan mengajar pada 8 siswa autis belajar di kelas yang berbeda. Observasi dilakukan pada 7 siswa autistik laki-laki dan 1 siswa autistik perempuan dengan usia berkisar 17 sampai 20 tahun. Mereka belajar pada tingkat sekolah menengah kejuruan. Pengumpulan data yang mencakup peristiwa interaksi dan frekuensi di tiap kelas dibandingkan satu sama lain di kelas SLB dan kelas kelas inklusif. Setiap aktifitas guru direkam saat pelajaran untuk ditranskripsi dan kemudian berdasarkan transkripsi tersebut dilakukan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pedagogis dan praktek guru di kelas berbeda dan dapat dibandingkan kategori utama tapi tidak dalam hal dalam kategori yang lebih spesifik. Hal ini ditemukan bahwa guru bahasa Inggris 1 dan guru bahasa Inggris 2 memiliki pola yang sama dalam kegiatan mengajar. Sedangkan guru di kelas khusus dan SLB hampir serupa. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat pola interaksi siswa autis dengan tutor sebaya berbeda di kelas yang berbeda. Empat pola interaksi muncul dalam pengamatan yaitu kolaborasi unik aktif kolaborasi unik pasif ahli - pemula dan pasif - pasif. Dimana kolaborasi unik aktif dan kolaborasi unik pasif adalah temuan teori baru dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan mengajar pada setiap kelas. Penelitian selanjutnya diperlukan untuk memperdalam penelitian ini untuk siswa autis di tingkat kelas yang berbeda di wilayah geografis yang berbeda dan kelas selain bahasa Inggris. Pelatihan sebaiknya diadakan untuk guru dan tutor sebaya siswa autis. Guru bahasa Inggris harus diberikan pelatihan pembelajaran bahasa Inggris dan bagaimana menangani gejala mereka di dalam kelas. Guru kelas khusus dan SLB akan mendapatkan manfaat dengan belajar lebih banyak tentang prinsip pengajaran bahasa Inggris dalam kompetensi komunikatif. Tutor sebaya harus dipilih dengan hati hati agar dapat membantu guru dalam kegiatan pengajaran siswa autis dengan cara memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang gejala mereka dan belajar karakteristik siswa autis.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64427

Actions (login required)

View Item View Item