The effect of a process-genre approach on students' argumentative essay in a tertiary EFL classroom / Yayuk Widyastuti Herawati - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of a process-genre approach on students' argumentative essay in a tertiary EFL classroom / Yayuk Widyastuti Herawati

Herawati, Yayuk Widyastuti (2016) The effect of a process-genre approach on students' argumentative essay in a tertiary EFL classroom / Yayuk Widyastuti Herawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herawati YayukWidyastuti. 2015. KeefektifanPendekatan Process-Genre padaEseiArgumentasiSiswadi KelasBahasaInggris Tingkat Universitas. Disertasi. Program StudiPendidikanBahasaInggris. Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. NurMukminatien M.Pd. (2) Prof. BambangYudiCahyono Ph.D. (3) Dr. EnnyIrawati M.Pd Kata Kunci nilaimenulis pendekatanprocess-genre Penelitianinibertujuanuntukmengujikeefektifanpendekatanprocess-genredalammengajarmenulisesaiargumentatif di kelastingkatperguruantinggi. Penelitianinimelihatapakahpendekatanprocess-genre inidapatmemberikanperbedaan yang signifikanpadakemampuanpebelajardalammenulisesaiargumentatifdibandingkandenganpendekatankonvensional. Penelitianinimenggunakankuasi-eksperimenuntukmemverifikasiapakahadaperbedaanyang signifikanantarapendekatanprocess-genreinidenganpendekatankonvensionaldalampembelajaranmenuliseseiargumentatifBahasaInggristingkatuniversitas.Instrument yang digunakanadalahtesmenulisesaiargumentatif. Analisa data menggunakan t-test untukkeseluruhanaspekmenulisesaiargumentatif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwatidakadaperbedaan yang signifikanantarakelompokeksperimendankelompokkontroldalammenulisesaiargumentatif.Mahasiswa yang diajarmenggunakanpendekatanprocess-genretidakmenunjukkanhasil yang lebihbaikdibandingkanmahasiswa yang diajarmenggunakanpendekatankonvensional.Initidakmendukungteoripendekatanprocess-genre yang dikemukakanolehBadger dan White (2000) dan Yan (2005 2012) besertabeberapapenelitianterdahulu antara lain Foo (2007) Flowerdew (1993) Benesh (1995) Chapman (1999) Frith (2012) Mingli (2012) Isaeni (2012) Nihayah (2009) Isnawati (2011) Nurjanah (2014) Megawati (2011) and Muntasari (2012). Kesimpulannya tidakadaperbedaan yang signifikanantarakelas yang diajarmenggunakanpendekatanprocess-genre and pendekatankonvensional. Hasilinitidakdapatdigeneralisasidalamkonteks yang lain karenacarapendekataninidimodifikasidandiimplementasikanakanmempengaruhihasil yang berbeda-beda. Olehkarenaitu disarankanbagiparadosenuntukdapatmelakukanbeberapapenyesuaiandanperubahansesuaidengankonteksmengajarmenulisnya. Bagipenelitiselanjutnya penelitianinidiharapkandapatmemberikan ide tentangbagaimanakeefektifanpendekataninidenganmodifikasi lain apabiladigunakanuntukmengajarmahasiswadi konteks yang berbeda. Denganmelihatperbedaan yang tidaksignifikandalamhasilpenelitianini penelitiselanjutnyadapatmelakukanbeberapamodifikasi yang lain untukmelihatkeefektifanpendekataninidalampenelitianselanjutnya sehinggapendekatanprocess-genreinibenar-benardapatmemberikanhasil yang signifikan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64424

Actions (login required)

View Item View Item