The effects of using different formats of concept mapping on the quality of idea for expository writing / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

The effects of using different formats of concept mapping on the quality of idea for expository writing / Sri Wahyuni

Sri. Wahyuni (2016) The effects of using different formats of concept mapping on the quality of idea for expository writing / Sri Wahyuni. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Sri. 2015. PengaruhPenggunaanBerbagaiMacam Format PemetaanKonseppadaKualitasIdeTulisanEkpositori. Disertasi. Program StudiPendidikanBahasaInggris. Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Prof.Dr.Nurmukminatien M.Pd. (II) Prof.Ali Saukah M.A. Ph.D (III) Prof. UtamiWidiati M.A. Ph.D. Kata kunci PemetaanKonsepdengan Computer PemetaanKonsepdenganMenggunakanTulisanTangan PemetaanKonsepBerkolaborasi PemetaanKonsepIndividu TulisanEkspositori. Dalam proses menulis tahapmerencanakandanpersiapanmenulissenantiasadianggaptahapan yang paling sulitkarenabanyakpeneliti-penelititentangmenulismenyatakanbahwaparapenulisbiasanyamenghabiskan paling banyakwaktunyapada proses perencanaanmenulis. Padatahapanperencanaanmerupakansaat-saatparapenulismengumpulkan ide-ide merekaataumelakukan brainstorming sebelummemulaikegiatanmenulis.Denganpertimbanganperencanannmerupakantahapan yang paling pentingdalam proses menulis seharusnyaadastrategi yang diterapkanolehpembelajarbahasaasing yang bisamembantumerekamerasakankemudahandalam proses menulismulaidaritahapawalsampaitahapan-tahapanberikutnya. Pemetaankonsepmerupakansalahsatustrategi yang telahdicobakankeefektifannyaolehpenelit-penelitisebelumnyakhususnyadigunakansebagai brainstorming padatahapanperencanaan. Olehkarenapenelitianinibertujuanuntukmenemukanapakahpenggunaanberbagaimacam format pemetaankonsepberpengaruhpadakualitas idedalammenulisteksekspository masalahdalampenelitianinidirumuskandalamsebuahrumusanmasalah yang umumyaitu Apakahpengaruhpemetaankonsepdengankomputeratautulisantanganpadakualitas ide untuktulisanekspositoritergantungpadapenggunaansecaraberkolaborasiatauperorangan Duarumusanmasalahselanjutnyaadalahtindaklanjutdarirumusanmasalah yang sifatnyalebihluasdiatasyaitu 1) Apakahkualitas ide dalamtulisanekspositoridipengaruhiolehpenggunaanpemetaankonsepdengankomputerdan/atautulisantangan 2) Apakahkualitas ide untuktulisanekspositoridipengaruhiolehaplikasipemetaankonsepsecaraberkolaborasidan/ atausecaraperorangan Untukmenjawabmasalahpenelitiantersebut penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimentulenhanyapascaujidenganmenggunakanpembandingdandengandesainfaktorial.Aplikasipemetaankonsepdenganberkolaborasi/individusebagaivariabelbebaspertamadanpemetaankonsepdenganmenggunakankomputer/tulisantangansebagaivariabelbebaskedua. Ada empatpuluhlimasiswa yang terlibatdalampenelitianini. Merekasecaraacakdikelompokkanmenjadiempatkelompok yang berbeda.Masing-masingkelompokmenerapkansatu format pemetaankonsepsebagaimana yang ditugaskanpadawaktueksperimen lalumenulissebuahnaskaheksopsisiberdasarkantesmenulis yang diberikandanmenggunakanpetakonsep yang telahdigambarsebagaioutline ide-ide yang dituangkandalamtulisannya.Selanjutnya skor yang diperolehdarihasiltulisannyamenjadi data penelitianini. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenghitunganstatistikterhadapinteraksiantarapemetaankonsepdengankomputeratautulisantangandanpemetaankonsepsecaraindividuataukolaboratifpadakualitasideuntuktulisanekspositorisiswatidaksignifikan F (1 41) 1.49 p .23.Hasil analysis keduamenunjukkanadanyaperbedaan yang signifikanantarapenggunaankomputerdantulisantangandalammenggambarpetakonsep yang ditunjukkandenganhasilF(1 41) 5.63 p (.02) 945 (.05). Skorreratapemetaankonsepdengan computer (n 23 M 82.98 SD 4.70) secarasignifikanlebihrendahdaripemetaankonsepdengantangan (n 22 M 86.68 SD 5.92).HasilanalisisketigamenunjukkanbahwapengaruhutamadaripemetaankonsepdengancaraberkolaborasiatausecaraperoranganF(1 41) 2.52 p (.12) 945 (.05) tidakmenunjukkanhasil yang signifikan. Hasildaripenghitungan statistic diatasmerupakanjawabandariketigarumusanmasalahpadapenelitianini.Pertama tidakadanyainteraksiefek yang signifikandaripengunaanpemetaankonsepdengankomputer/tulisantangandanpemetaankonsepberkolaborasi/perorangan.Olehkarenatidakadanyainteraksi pengaruhdaripemetaankonsepdengankomputerataupuntulisantanganpadakualitaside untuktulisanekspositori.tidaktergantungpadaapakahsiswamelakukanpemetaankonsepdengancaraberkolaborasiatauindividu Berdasarkantemuandanhasildaripenelitianini disarankankepadapengajarmenulisuntukmengimplementasistrategipenggunaankonsepdikelasnyaterutamapenggunaanpemetaankonsepdengankomputer.Disarankanjugakepadapengajarmenulisuntukmengajarataumelatihpemetaankonsepsecaraberkolaborasidenganefektifdanefisien.. Untukpeneliti yang akandatangdisarankanuntukmenggunakan software pemetaankonsepyang asliataumenggunakan software yang lainnya yang tersedia di internet. Olehkarenaparamahasiswadalampenelitianinimendapatkanhasil yang lebihrendahdalampenggunaanpemetaankonsepdengan computer penelitian yang akandatangdisarankan agar menyertakanvariabel yang lain sepertitingkatkemahiranberbahasadantingkatkemahiranpenguasaankomputer.Lebihjauhlagi peneliti yang akandatangdisarankan agar mempersiapkanpartisipandalampenelitiannyauntukbenar-benarmemahamibagaimanamelakukanpemetaankonsepsecaraberkolaborasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64421

Actions (login required)

View Item View Item