Tri Agustina, Evi Setya (2017) Analisis kemampuan memahami teks sastra berdasarkan PIRLS pada siswa kelas IV SDN bareng 2 Kota Malang / Evi Setya Tri Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agustina Evi Setya Tri. 2017. Analisis Kemampuan Memahami Teks Sastra Berdasarkan PIRLS pada Siswa Kelas IV SDN Bareng 2 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhana Gipayana M.Pd (II) Dra. Sukamti M.Pd. Kata kunci Memahami Teks sastra PIRLS Kelas IV SD Pembelajaran berbasis teks dalam kurikulum 2013 menuntut siswa untuk dapat memahami teks. Hasil riset PIRLS 2011 menunjukkan kemampuan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia masih rendah. Dari studi dokumen terhadap soal pemahaman yang ada pada buku siswa masih belum mencakup tingkatan PIRLS. Data awal yang diperoleh dari 4 siswa SDN Bareng 2 Kota Malang menunjukkan kemampuan dalam memahami teks sastra diperoleh nilai rata-rata 27 5 sehingga diperlukan adanya analisis lebih lanjut terhadap kemampuan siswa dalam memahami teks sastra berdasarkan pada PIRLS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan memahami teks sastra secara umum berdasarkan PIRLS dan berdasarkan pada masing-masing tingkatan PIRLS yang meliputi (1) tingkat pemahaman rendah (low) (2) tingkat pemahaman sedang (intermediate) (3) tingkat pemahaman tinggi (high) dan (4) tingkat pemahaman sempurna (advanced). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini yaitu hasil tes tertulis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV A IV B dan IV C SDN Bareng 2 Kota Malang dengan total sebanyak 84 siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari 80 siswa kelas IV SDN Bareng 2 Kota Malang diperoleh kemampuan rata-rata 54 54% kategori cukup dengan rincian sebagai berikut (1) tingkat pemahaman low dengan rata-rata 66 14% kategori baik artinya kemampuan siswa baik dalam memahami pertanyaan pemahaman secara fokus dan menggali informasi secara eksplisit (2) tingkat pemahaman intermediate dengan rata-rata 55 27% kategori cukup artinya kemampuan siswa cukup dalam memahami pertanyaan pemahaman dengan membuat kesimpulan secara sederhana (3) tingkat pemahaman high dengan rata-rata 42 18% kategori cukup artinya kemampuan siswa cukup dalam memahami pertanyaan pemahaman dengan menginterpretasi dan mengintegrasikan ide dan informasi (4) tingkat pemahaman advanced dengan rata-rata 12 5% kategori kurang sekali artinya kemampuan siswa kurang sekali dalam memahami pertanyaan pemahaman dengan menilai dan mengevaluasi isi bahasa dan unsur teks. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk guru dan pihak sekolah untuk mengembangkan pertanyaan pemahaman pada pembelajaran sesuai PIRLS dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan mengambil sampel yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6442 |
Actions (login required)
View Item |