Working memory capacity, content familiarity, and reading comprehension / Heriyawati Heriyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Working memory capacity, content familiarity, and reading comprehension / Heriyawati Heriyawati

Heriyawati, Dwi Fita (2016) Working memory capacity, content familiarity, and reading comprehension / Heriyawati Heriyawati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Heriyawati Dwi Fita. 2015. Kapasitas Kerja Memory Keakraban Isi dan Pemahaman Bacaan. Disertasi. Pendidikan Bahasa Inggris. Program PascaSarjan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. Ali Saukah M.A. Ph.D. (II) Prof. Hj. Utami Widiati M.A. Ph.D. (III) Prof. Bambang Yudi Cahyono M. Pd. M.A. Ph.D. Kata Kunci Kapasitas Kerja memory Keakraban Isi dan pemahaman bacaan Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui efek dari kapasitas kerja memori dan keakraban isi bacaan dalam pemahaman teks bacaan. penelitian ini diarahkan untuk menjawab tiga pertanyaan penelitian yaitu 1) Apakah kapasitas memori kerja mempengaruhi pemahaman bacaan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa Asing 2) Apakah keakraban konten mempengaruhi pemahaman membaca dalam bahasa Inggris sebagai bahasa asing 3) Apakah ada interaksi antara kapasitas kerja memori dan keakraban konten dalam pemahaman membaca dalam bahasa Inggris sebagai asing Penelitian ini meneliti pemahaman membaca dari 70 mahasiswa semester tujuh Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Kanjuruhan Malang Indonesia. Para mahasiswa memiliki nilai minimum 450 dari tes kemampuan bahasa Inggris versi universitas. Peneliti berasumsi bahwa dengan tingkat kompetensi pada tes kemahiran bahasa Inggris tingkat universitas di kisaran 450 dan memiliki kemampuan membaca yang tinggi serta pengetahuan yang memadai tetang isi bacaan maka para mahasiswa akan mampu memahami isi bacaan yang diberikan oleh peneliti dengan mudah. Usia mahasiswa yang berperan sebagai peserta penelitian berkisar antara 20 sampai 23 tahun. Dengan latar belakang pendidikan tamatan sekolah menengah atas dan sama-sama menempuh study pada perguruan tinggi dengan mengambil jurusan pendidikan Bahasa Inggris. Data dari penelitian ini terdiri dari nilai yang diperoleh dari pemberian tes pemaham membaca bahasa asing yang bertujuan untuk mengukur kapasitas kerja memori mahasiswa dengan mengadopsi tes yang dikembangkan oleh Daneman dan Carpenter (1980). Setelah melaksanakan tes membaca maka peneliti membagi mahasiswa berdasarkan dua kategori yakni mahasiswa yang memiliki kapasitas memory yang tinggi dan mahasiswa yang memiliki kapasitas memori rendah. Selain itu untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam memahami isi teks peneliti menggunakan dua jenis teks yakni teks bacaan yang akrab dengan pengetahuan mahasiswa dan teks bacaan yang asing bagi mahasiswa. Ada 50 nomer soal pilihan ganda untuk masing-masing kategori teks bacaan yaitu teks yang akrab bagi mahasiswa dan teks yang isinya asing bagi mahasiswa. Tes ini digunakan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap teks tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas kerja memory mempengaruhi pemahaman mahasiswa dalam memahami teks bacaan baik secara implisit maupun secara kritis. Selanjutnya berdasarkan fokus penelitian yang kedua tentang pengaruh keakraban isi bacaan terhadapa kemampuan mahasiswa memahami teks bacaan menunjukan bahwa keakraban konten mempengaruhi mahasiswa dalam memahami bacaan baik secara implisit dan pemahaman secara kritis. Selanjutnya berdasarkan perhitungan statistik hasil dari pertanyaan penelitian yang ketiga menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara kapasitas kerja memori dan keakraban konten terhadap kemampuan mahasiswa dalam memahami teks bacaan. Berdasarkan hasil perhitungan statistik dapat didefinisikan bahwa efek dari kapasitas kerja memori tidak tergantung pada apakah konten akrab atau tidak. Dalam menanggapi pertanyaan terakhir kapasitas memori kerja dan keakraban konten tidak mempengaruhi mahasiswa dalam memahami bacaan dalam waktu yang sama baik dalam pemahaman secara implisit maupun secara kritis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas kerja memori bekerja secara bebas dari keakraban konten dan pengaruhnya terhadap kemampuan memahami bacaan dalam bahasa asing adalah aditif bukanlah interaktif. Para mahasiswa yang memiliki kapasitas kerja memori lebih tinggi atau lebih rendah dapat memahami teks lebih baik ketika mereka terbiasa dengan isi dari teks bacaan tersebut. Kesimpulannya tidak peduli kapasitas kerja memori mahasiswa rendah atau tinggi semua mahasiswa dapat memahami teks lebih baik ketika mereka terbiasa dengan isi dari bacaan tersebut. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini ada beberapa saran yang dibuat oleh peneliti. Para pendidik khususnya yang mengajar Bahasa Inggris disarankan untuk mengintegrasikan keakraban konten ke dalam konteks pengajaran bahasa Inggris. Dosen mata kuliah membaca disarankan untuk mendorong siswa untuk mengembangkan pengetahuan mereka tentang berbagai topik agar para siswa memiliki kapasitas kerja memori yang lebih baik. Hal ini dimaksudkan untuk melatih mahasiswa memahami teks melalui strategi pembelajaran yang lebih efektif. Adapun saran yang ditujukan pada para peneliti di masa yang akan datang adalah untuk dapat mengeksplorasi efek dari kapasitas kerja memori pada populasi yang lebih luas dengan menggunakan aspek yang berbeda dari komponen keterampilan berbahasa yang lain.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64419

Actions (login required)

View Item View Item