Professional development of exemplary EFL teachers / Nana Priajana - Repositori Universitas Negeri Malang

Professional development of exemplary EFL teachers / Nana Priajana

Priajana, Nana (2015) Professional development of exemplary EFL teachers / Nana Priajana. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Priajana Nana. 2015. PengembanganProfesional Guru BahasaInggrisTeladan.Dissertasi Program PascasarjanaPendidikanBahasaInggris UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. M. Adnan Latief M.A. Ph.D. (II) Prof. UtamiWidiati M.A. Ph.D. (III) Prof. Dr. Gunadi H. Sulistyo M.A. Kata kunci pengembanganprofesional guru bahasainggristeladan kompetensipedagogik profesional (bidangstudi) kompetensi. Pengembangan profesional guru di lingkungan pendidikan dipercayabisamenjadi sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikanyang efektif untukmenghadapiberbagaiperubahan yang terus-menerus. Olehkarenaitu guru yang berkualitassangatberperan penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Salah satu cara untuk mecentak guru yang berkualitas tinggi adalah melalui pengembangan profesional berkelanjutan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana guru bahasa Inggris teladan mengembangkan profesionalisme mereka terutama dalam hal kompetensi pedagogik dan profesional (bidangstudi). Selain mengetahui bagaimana guru bahasaInggristeladan melakukan upaya dalam meningkatkan kompetensinya inijuga penting untuk mengungkapkendala dan harapan merekaketika melakukan kegiatan pemgembagan sebagai tanggung jawabnya sebagai profesional yang diamanatkan dalam undang-undang dan peraturan. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan melibatkan tujuh guru bahasa inggris teladan yang mengajar di tingkat SMP dan SMU dari dua wilayah kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Dalam penelitian ini kehadiran peneliti sangat penting karena peneliti berperansebagai instrumen utama. Untuk mendapatkan data yang berkaitan dengan kegiatan pengembangan profesional guru bahasa Inggris teladan peneliti menggunakan wawancara mendalam meliputi wawancara and percakapan informal. Selain itu untuk memperkuat pengumpulan data studi dokumen digunakan untuk mengkonfirmasi data yang diperoleh dari wawancara. Datalainnya juga dikumpulkan dari sumber-sumber lain seperti catatan peneliti temansejawat pengawasmata pelajaran observasikelasdan informan lain yang relevandanmemiliki otoritasmengenaipenelitianini. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan proses codingsebagailangkah utama dalam menciptakan beberapa proposisi utama yang diambil dari transkrip wawancara dan sumber dokumenter. Pertama peneliti membandingkan dan mengkontraskan data yang dikumpulkan dari subyek mengenaikegiatan pengembangan profesional kemudianpersamaan dan perbedaannya dikategorikan secara berurutan. Kedua data yang adadisusun kembali berdasarkan hubungan logis antara beberapakategori. Terakhir data dianalisis dengan proses pemilihan dan pengidentifikasikan kategori inti secara sistematisdan menghubungkannya dengan kategori lain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada tiga pola utama kegiatan pengembangan profesional guru bahasa inggris teladan dalam kompetensi pedagogik dan profesional. Pola utamadaripengembangan profesional terdiri dari kegiatan bersifatinisiatifindividu kelembagaan (intern sekolah) dan non-kelembagaan (external sekolah). Hasilnya semuakegiatanpengembangan profesional guruyang dilakukantelah memberi kontribusi positif baikpada peningkatan kompetensi pedagogik and mata pelajaran. Berdasarkan temuanpenelitian disimpulkan bahwa kegiatan pengembangan profesional guruyang bersifatpribadi/mandiribisamenjadi caranyaman untuk mengembangkan profesionalisme guru karena kegiatannyadidasarkan pada ketertarikan pribadi guru tersebut. Kegiatan ini bisa dalam bentuk membaca perseorangan atau independen bergabung dengankomunitas/professional online menulis artikel dan beberapa kegiatan reflektif seperti monitor diri dan menulis reflektifjurnal. Kegiatan yang dilakukan di sekolah menunjukkan dampak positif untuk kemajuan profesionalisme guru. Itu disebabkan kolegialitas kegiatan PD dibangun di sekolah dapat memberikan atmosfer positif tidak hanya untuk guru iitu sendiri tetapi juga guru-guru lain di sekolah. Kegiatan pengembangan profesidalamlembaga bisa dalam bentuk komunikasi dalam bahasa Inggris dengan siswa dan guru sekolah IHT percakapan observasi teman sejawat pembinaan rekan dan penelitian tindakan kelas. Terakhir kegiatan pegembangan professionalyang bersifatnon-institusional mengacu pada kegiatan pengembangan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah. Kegiatan ini adalah kategori yang paling kompleks karena mencakup ruang lingkupyang lebih besar dan berbagaijenisaktifitaspengembanganprofesionalguru. Namun inibisa menciptakan perspektif yang luas dan menyediakan berbagai wawasan yang mungkin bermakna dan berlaku untuk kebutuhan guru melalui berbagi ide dan pengalaman dengan guru lain dari lembaga yang berbeda yang bisa saling menguntungkan. KegiatanPengembanganprofesional non-institusional (di luarsekolah) yang besifatkolaboratif termasuk keterlibatan secara aktif dalam forum bahasa Inggris guru (MGMP) menghadiri seminar lokakarya dan pelatihan guru lainnya mengikuti tes kemampuan bahasa mengajar di kursus bahasa Inggris menjadi pelatih dan juri debat bahasa Inggris melakukan studi lebih lanjut melakukan studi banding dan melaksanakan lesson study. Dari kesimpulan penelitian peneliti merekomendasikan beberapa hal yang bermanfaat bagi para guru sekolah dan otoritas lokal yang berkaitan dengan kegiatan profesional guru bahasa Inggris. Bagi para guru penting untuk mempertimbangkan jenis kegiatan PD diperlukan berdasarkan kondisi dan situasi. Untuk sekolah sangat penting untuk merevitalisasi dan meninjau kembali peran sekolah dalam mendukung pengembangan profesional untuk kemajuan guru-guru yang berkualitas. Kemudian otoritas lokal sangat disarankan untuk memudahkan guru dalam melakukan pengembangan profesi dan mempertimbangkan kebutuhan mereka untuk perbaikan kualitas mereka. Sebagai konsekuensinya hal itu juga memerlukan pembangunan kemitraan yang kuat di antara pihak yang terlibat untuk menciptakan nuansa yang baik dalam kegiatan dari PD untuk guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64416

Actions (login required)

View Item View Item