The effect of mind mapping of argumentative writing of students of different gender with different learning styles / Ary Setya Budhi Ningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

The effect of mind mapping of argumentative writing of students of different gender with different learning styles / Ary Setya Budhi Ningrum

Ningrum, Ary Setya Budhi (2013) The effect of mind mapping of argumentative writing of students of different gender with different learning styles / Ary Setya Budhi Ningrum. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ningrum Ary Setya Budhi. 2013. Pengaruh Mind Mapping dalam Penulisan Argumentasi oleh Siswa yang Berbeda Gender dan Gaya Belajar. Disertasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H. M. Adnan Latief M.A Ph.D (II) Dr. Hj. Arwijati W. Murdibjono M.Pd Dipl.TESL (III) Drs. H. Fachrurrazy M.A Ph.D. Key Words mind mapping perbedaan gender gaya belajar tulisan argumentasi Penelitian ini mencoba untuk menyelidiki secara empiris kemungkinan adanya perbedaan yang signifikan dalam aspek pengembangan ide pada tulisan mahasiswa antara yang menggunakan mind mapping dan mereka yang menggunakan catatan linear sebelum menulis. Buzan dan Buzan (1993) mengemukakan bahwa mind mapping lebih unggul dibandingkan catatan linier karena dalam membuat mind mapping penulis dapat memaksimalkan penggunaan potensi kedua belahan otak (kanan dan kiri) sementara dalam membuat catatan linier penulis hanya mampu menggunakan kurang dari setengah kapasitas otak manusia. Sementara itu hasil penelitian neuroscience menunjukkan bahwa pria dan wanita sebenarnya memiliki struktur otak yang berbeda yang akhirnya menyebabkan kecenderungan yang berbeda pula dalam menggunakannya. Fakta-fakta ini menginspirasi peneliti untuk menguji lebih lanjut kemungkinan pengaruh perbedaan gender dalam tulisan mereka. Mengenai gagasan bahwa mind mapping merupakan visualisasi cara berfikir siswa maka peneliti tertantang untuk membuktikan apakah mind mapping hanya mampu memberi manfaat pada salah satu gaya belajar seperti visual atau untuk semua jenis gaya belajar. Desain penelitian ini adalah eksperimental dengan menggunakan partisipan dari dua kelas TOEFL di STAIN Kediri yang secara acak dibagi dalam kelompok eksperimen (N 41) dan kelompok kontrol (N 41). Dalam menganalisa data 3 jalur ANCOVA digunakan dengan skor TOEFL sebagai kovariatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam kualitas pengembangan ide dalam tulisan antara mereka yang menggunakan mind mapping dan catatan linier ynag dibuktikan dengan hasil perhitungan F(1 69) 2.567 p (.114 ) 61537 (.05) begitu juga tidak ada perbedaan yang signifikan antara laki-laki dan perempuan F(1 69) 1.142 p (.289) 61537 (.05) dan tidak juga ditemukan perbedaaan yang signifikan antara gaya belajar F(2 69) .525 p (.594) 61537 (.05). Hasil penelitian juga menunjukkan tidak adanya efek interaksi antara mind mapping dengan perbedaan gender F(1 69) .2.087 p (.153) 61537 (.05) dan juga tidak adanya efek interaksi antara mind mapping dengan perbedaan gaya belajar F(2 69) .049 p (.952) 61537 (.05).

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64412

Actions (login required)

View Item View Item