Penerapan multimedia virtual untuk meningkatkan pembelajaran pada tema 3 kerukunan dalam bermasyarakat subtema 1 bentuk-bentuk kerukunan kelas V SDN Punten 01 Batu / Galih Wibisono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan multimedia virtual untuk meningkatkan pembelajaran pada tema 3 kerukunan dalam bermasyarakat subtema 1 bentuk-bentuk kerukunan kelas V SDN Punten 01 Batu / Galih Wibisono

Wibisono, Galih (2017) Penerapan multimedia virtual untuk meningkatkan pembelajaran pada tema 3 kerukunan dalam bermasyarakat subtema 1 bentuk-bentuk kerukunan kelas V SDN Punten 01 Batu / Galih Wibisono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibisono Galih. 2016. PenerapanMultimedia VirtualuntukmeningkatkanpembelajaranpadaTema 3 KerukunanDalamBermasyarakatSubtema 1 Bentuk-bentukKerukunanKelas V SDN Punten01 Batu. Skripsi Prodi S1- Pendidikan Guru SekolahDasar JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah FakultasIlmuPendidikan UnivesitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Hj.Sukamti M.Pd. (II) Drs. HeruAgus Tri Widjaja M.Pd Kata kunci Peningkatanpembelajaran Media Pembelajaran Multimedia Virtual. Pendidikan dasar merupakan pondasi dari semua jenjang pendidikan. Untukitudiperlukansuatupengembanganpembelajaran yang tepat.Berdasarkanhasilobservasi yang ditemukanbahwa di SDN Punten 01 Batu khususnyapadakelasV guru kurangmemanfaatkan media lain secaramaksimal. Akibatnyabanyaksiswa yang merasakurangtertarikdankurangaktifdalampembelajaran. Dari nilaisiswapadamaterikelistrikandiperolehrata-rata 65 12danketuntasankelas44 11%. SedangkanSKM yang ditentukanadalah 75% untukketuntasankelas.Untukitu agar dapatmeningkatkanpembelajaranperludihadirkanmultimedia Virtual. Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanpenerapan Multimedia Virtual mendeskripsikan keaktifan siswa selama penerapan media pembelajaran Multimedia Virtual mendeskripsikan hasil belajar pada tema 3 subtema 1 siswa kelas V SDN Punten 01Batumelalui penerapan media pembelajaran Multimedia Virtual. PenelitianinimenggunakanjenisPenelitianTindakanKelas (PTK).Penelitianinidilaksanakanpada semester I tahunajaran 2016/2017denganduasiklussetiapsiklusadaduapertemuan.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasV SDN Punten 01 Batu yang berjumlah 34siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi observasi dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa dokumen panduan observasi dan tes. HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenggunaanMultimediauntukpembelajarantema 3 subtema 1 siswakelasV SDN Punten 01 Batudenganstandarkompetensi Mengenalrangkaianlistriksederhanadansifat magnet sertapenerapannyadalamkehidupansehari-hari dapatdilaksanakandenganefektif. Keaktifansiswameningkatdari67 95padaawalsiklus I menjadi74 29padaakhirsiklus II. Hasilbelajarjugameningkatdari rata-rata 65 12danketuntasankelas44 11% sebelumtindakanmenjadi rata-rata 71 76danketuntasankelasmencapai 76 47% padaakhirsiklus II. Berdasarkanhasilpenelitian dapatdisarankandalammenerapkanMultimediaVirtual seharusnya guru sudahmemasang media kedalamkomputer anggotadalamkelompokmaksimal 2 orang untukmenghindariketidakefektifanmedia MultimediaVirtual.Agar pengetahuansiswalebihberkembang makasebaiknyaMultimediaVirtual disandingkandengan media lainseperti video gambar dll. Guru sebaiknyamempunyai soft copy MultimediaVirtual agar bisadimanfaatkan di rumahsiswa 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6441

Actions (login required)

View Item View Item