Efl teaching at good senior high schools in Malang / Yudhi Arifani

Arifani, Yudhi (2012) Efl teaching at good senior high schools in Malang / Yudhi Arifani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci: mengajar, implementasi, sekolah yang baik Guru merupakan figur kunci dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Mereka mempunyai pengaruh yang sangat fundamental terhadap kemajuan belajar dan juga sebagai penentu cara siswa belajar bahasa Inggris. Untuk memperoleh hasil yang diinginkan dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris, seperti mengarahkan siswa agar mampu memperoleh penerimaan atau akuisisi bahasa Inggris dengan baik, menerapkan metode pangajaran yang baik, dan pengelolaan kelas yang baik,guru bahasa Inggris harus memperhatikan hal-hal yang sangat esensial dalam praktek pengajaran bahasa Inggris. Penelitian berikut mencoba melihat praktek implementasi pengajaran bahasa Inggris yang baik yang dilakukan oleh beberapa guru bahasa Inggris yang berpredikat baik. Penelitian ini menggunakan kajian etnografi yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana guru-guru bahasa Inggris yang mempunyai predikat baik dalam pengajaran menerapkan aktifitas pengajaran bahasa Inggris yang baik. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan interview. Observasi dilakukan terhadap empat guru bahasa Inggris yang mempunyai predikat baik dalam mengajar pada saat mereka mengajar di kelas. Sedangkan teknik interview melibatkan kepala sekolah, guru bahasa Inggris kolega dari subyek penelitian dan empat siswa berprestasi untuk mendeskripsikan bagaimana pengajaran yang baik itu diterapkan di dalam kelas. Sementara itu, data dianalisa secara induktif melalui metode perbandingan konstan hingga mendapatkan saturasi data untuk mendapatkan teori tentang pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris yang baik. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa keempat subjek penelitian yaitu guru bahasa Inggris yang berpredikat baik dalam mengajar bahasa Inggris mengimplementasikan berbagai cara dalam proses pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Dalam penelitian iniditemukan ada enam best practices atau commonalities dari keempat subyek penelitian tersebut. Pertama, guru bahasa Inggris yang baik mengimplementasikan pemodelan bahasa yang baik sebagai upaya membangun komunikasi antara siswa dengan guru. Kedua, mereka cenderung mengajarkan materi dengan model induktif dan diduktif sebagai pelengkap dan bukan sebagai pilihan dalam pembelajaran dengn kondisi tertentu yang bisa diterapkan. Ketiga, membantu siswa yang mengalami kesulitan dengan cara tidak langsung yaitu dengan simplifikasi dan pemberian contoh yang berbeda serta dengan guiding questions. Keempat, mengoreksi kesalahan bahasa siswa secara tidak langsung yaitu dengan mengulangi kesalahan siswa dan mengucapkan dengan cara yang lebih benar dengan memberikan beberapa tekanan pada kesalahan tersebut. Kelima, tidak memberikan terjemahan kedalam bahasa Indonesia. Keenam, memberikan kesempatan untuk praktek menggunakan bahasa Inggris di kelas serta, mengecek pemahaman siswa secara tidak langsung dengan memberikan pertanyaan atau menjelaskan ulang dan selalu melibatkan siswa dalam setiap aktifitas kelas. Sebagai kesimpulan bahwa pengajaran bahasa Inggris yang baik sangat ditentukan oleh budaya sekolah dalam upayanya memberikan fasilitas pendukung terhadap praktek berbahasa Inggris di lingkungan sekolah tersebut (EFL school culture. Dalampenerapan pengajaran bahasa Inggris yang baik guru harus mampu menerapkan berbagai macam metode pembelajaran yang menarik serta mampu memfasilitasi pembelajar untuk praktek menggunakan bahasa Inggris mereka dengan maksimal dan bermakna. Salah satunya adalah dengan menghindari terjemahan ke dalam bahasa Inggris dan selalu membuat bahasa Inggris guru comprehensible dengan melakukan simplifikasi dan mengedepankan meaningful interaction. Usaha lain yang harus dilakukan oleh guru adalah dengan membangun komunikasi yang harmonis terhadap seluruh elemen sekolah agar terlaksana kegiatan bahasa Inggris yang berkualitas degan menyediakan berbagai kegiatan penunjang. Pada akhirnya, LPTK diharapkan mampu menyiapkan calon-calon tenaga pendidik dengan mempertimbangkan standar cara pengajaran bahasa Inggris yang baik. Sehingga nantinya akanterbentuk guru-guru bahasa Inggris yang berkualitas yang mampu mengajar dengan baik pula.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64406

Actions (login required)

View Item View Item