Developing an english language test for mathematics teachers of junior highs schools of rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) / Aan Erlyana Fardhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Developing an english language test for mathematics teachers of junior highs schools of rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) / Aan Erlyana Fardhani

Fardhani, Aan Erlyana (2012) Developing an english language test for mathematics teachers of junior highs schools of rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) / Aan Erlyana Fardhani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disertasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Ali Saukah M.A.Ph.D (2) Dr. Monica Djoehana Oka M.A. and (3) Dr. Arwiyati Wahyudi Dip.TESL.M.A. Kata kunci Tes ketrampilan berbahasa Inggris profisiensi bahasa Inggris guru test khusus bahasa Inggris guru matematika RSBI-SMP Berdirinya suatu model sekolah baru yang diperkenalkan dengan nama Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional atau RSBI pada tahun 2003 dan penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk mengajar mata pelajaran bidang studi lain di sekolah tersebut diresmikan berdasarkan Undang-Undang Pendidikan no. 20 atau yang dikenal dengan sebutan UU Sistem Pendidikan Nasional. Kebijakan tersebut membebani para guru matematika dan ilmu pengetahuan alam karena harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai untuk dapat mengajarkan mata pelajaran yang diampunya dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar pembelajaran. Guna menerapkan program RSBI pemerintah memfasilitasi guru-guru tersebut dengan memberikan pelatihan bahasa Inggris dan bimbingan teknis untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka yang masih lemah yang diketahui dari hasil skor tes TOEIC. Sedangkan standar bahasa Inggris untuk guru RSBI telah ditetapkan menggunakan skor TOEFL 500. Fakta dari kondisi pengukuran ini patut dipertanyakan sebab bahasa Inggris untuk pembelajaran matematika sangat terkait dengan bahasa Inggris khusus yang disebut Register. Register bahasa Inggris matematika terkait secara kontekstual dengan bidang matematika. Sedangkan TOEFL dirancang untuk bahasa Inggris akademik yang sifatnya umum dan TOEIC bertujuan khusus bagi komunikasi bahasa Inggris di ranah bisnis. Jadi kedua jenis tes tersebut tidak cocok sebagai alat ukur untuk mengukur profisiensi bahasa Inggris guru matematika RSBI. Sedangkan test yang sesuai belum tersedia untuk mengukur profisiensi bahasa Inggris guru matematika RSBI dan secara umum mengevaluasi keberhasilan atau kegagalan penerapan program RSBI. Oleh sebab itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan tes khusus bahasa Inggris di bidang matematika untuk guru matematika yang diberi nama ELTMT (English Language Test for Mathematics Teachers) atau Tes Bahasa Inggris untuk Guru Matematika. Penelitian ini menggunakan disain penelitian pengembangan R D yang dikombinasi dengan prosedur pengembangan test bertujuan khusus untuk menyusun ELTMT. Pengembangan Tes Bahasa Inggris untuk Guru Matematika terdiri dari empat fase dan melibatkan ahli matematika dan ahli tes bahasa Inggris sejak seleksi materi khusus matematika konsultasi isi soal dan deskripsi draf ELTMT dan validasi isi dan bahasa dokumen akhir ELTMT. Tes khusus bahasa Inggris ini disusun sebagai tes unjuk kerja atau a performance test berdasarkan pendekatan acuan criteria/CRT. Untuk menguji performasi kemampuan guru penggunaan bahasa Inggris untuk mengajar matematika ELTMT menggunakan sub-tes membaca dan sub-tes berbicara. Sebagai tes khusus ELTMT merefleksikan karakteristik khusus konteks situasi dan tugas-tugas (tasks) pembelajaran matematika nyata di kelas RSBI-SMP yang disajikan dalam bahasa Inggris ke dalam karakteristik tes ELTMT. Instrumen penelitian terdiri dari interview dan angket yang dipergunakan untuk meraih data guna memberikan penilaian kualitas dari ELTMT yang meliputi penilaian dokumen dan isi tes ELTMT. Performasi tes berbicara direkam dalam video karena ketidakhadiran penilai kedua. Analisa data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dalam sistem penilaian. Hasil penelitian ini membuktikkan bahwa dokumen ELTMT valid dengan rincian skor validitas konten 3.25 validitas konstruk mencapai 3.48 and validitas konkuren sebesar .796 dengan .003 pada level 1%. Dependabilitas ELTMT mencapai skor 0.9937 tingginya skor ini menunjukkan bahwa tes ini sangat konsisten. Otentisitas ELTMT juga tinggi yang ditunjukkan dengan skor rata-rata otentisitas situasi dan interaksi mencapai 3.00. Skor otentisitas yang ini membuktikan bahwa ELTMT adalah tes khusus bahasa Inggris yang terkait dengan konteks matematika dan untuk mengerjakan tes tersebut membutuhkan interaksi antara pengetahuan matematika dan kemampuan berbahasa Inggris dari peserta tes. Selain itu ELTMT memberikan implikasi baik kepada para guru setelah mereka menyelesaikan tes ELTMT. Mereka menjadi tahu tipe bahasa Inggris yang mereka butuhkan untuk mengajar matematika dan termotivasi untuk belajar bahasa Inggris khusus bidang matematika. Namun disayangkan bahwa pelaksanaan tes berbicara dari ELTMT tidak praktis. Perekaman performasi guru dan pemindahan hasil rekaman tersebut ke dalam VCD sangat membebani dan membutuhkan banyak waktu disamping itu sistem penyekoran dengan dua penilai harus menjamin suatu konsistensi penilaian.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S3 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64400

Actions (login required)

View Item View Item