Hidayah, Rohma Arta (2017) Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi melalui media scrapbook pada siswa kelas II di SDN Purwodadi 04 Malang / Rohma Arta Hidayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hidayah Rohma Arta. 2017. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Scrapbookpada Siswa Kelas II di SDN Purwodadi 04 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M. Pd (II) Dra. Sri EstuWinahyu M. Pd Kata Kunci Keterampilan Menulis Karangan Narasi Scrapbook Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas II SDN Purwodadi04 Malang ditemukan beberapa permasalahan dalam fokus menulis karangan narasi yaitu keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh fakta bahwa kosakata yang digunakan kurang bervariasi. Sehingga baik saat dibaca maupun didengar keterpaduan makna atau kesinambungan isi teks dalam tulisan karangan narasisiswa sulit untuk dipahami oleh siswa lain. Berdasarkan hasil karangan narasi siswa tahap pratindakan terdapat 19 siswa yang belum bisa mengembangkan kosakatanya dalam kalimat sehingga kosakata digunakan selalu diulang-ulang. Hal ini juga didukung dari data nilai Bahasa Indonesia yang ditunjukkan guru bahwa dari 42 siswa kelas II terdapat 21 siswa (50%) yang mendapat nilai di bawah rata-rata. Sedangkan sisanya mendapat nilai di atas KKM. Dalam upaya meningkatkan maka diperlukan adanya media yang mendukung. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan media Scrapbookdalam menulis karangan narasi dan mendeskripsikan peningkatan menulis karangan narasi pada siswa kelas II SDN Purwodadi 04 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan selama dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi penilaian kinerja siswa wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Scrapbookdapat meningkatkan motivasi siswa dalam menulis dan hasil karangan narasi siswasecara klasikal pada tahap pratindakan sebesar 23% meningkat menjadi 46% pada siklus I. Kemudian meningkat lagi menjadi 81% pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa dalam menulis sebesar 56% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Scrapbookdapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas II SDN Purwodadi 04 Malang. Disarankan guru mengembangkan Scrapbookbuatan sendiri yang dapat digunakan untuk melatih siswa mengembangkan keterampilan menulisnya dan guru lebih peka terhadap permasalahan yang dihadapi siswa ketika menyambungkan antar kalimat menggunakan media Scrapbookdalam pembelajaran fokus menulis serta gurudapat mengajak siswa membuat Scrapbooksendiri agar dapat menambah pengalaman dan mengembangkan kreativitas siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6440 |
Actions (login required)
View Item |