Alba, Aldine Paramita (2017) Penerapanm model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan nilai karakter dan hasil belajar siswa tema 6 subtema 2 kelas III SDN Kauman 02 Kota Malang / Aldine Paramita Alba. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Alba Aldine Paramita. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Nilai Karakter dan Hasil Belajar Siswa Tema 6 Subtema 2 Kelas III SDN Kauman 02 Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Ruminiati M.Si (II) Drs. M. Imron Rosyadi SY S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Contextual Teaching and Learning Peningkatan Nilai Karakter Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar Pendidikan tidak hanya membentuk siswa yang cerdas namun juga berkepribadian atau berkarakter dengan harapan agar nantinya akan lahir generasi bangsa yang tumbuh dan berkembang dengan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan agama. Tujuan dibuatnya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan Nilai Karakter (disiplin mandiri dan peduli lingkungan) siswa. Disamping itu juga untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian dilakukan melalui 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subyek yang diteliti adalah siswa kelas IIIA SDN Kauman 02 Malang yang berjumlah 28 siswa. Hasil yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sudah mencapai tingkat keberhasilan yang sangat baik pada siklus I dengan nilai akhir 82% dan pada siklus II dengan nilai akhir 93%. Kemudian pada nilai karakter siswa mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan pertama sebesar 46% pertemuan kedua sebesar 61% sehingga didapatkan rata-rata nilai karakter siswa pada siklus I sebesar 50%. Kemudian pada siklus II pertemuan pertama sebesar 78% pertemuan kedua sebesar 86% sehingga didapatkan rata-rata nilai karakter siswa pada siklus II sebesar 89%. Pada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 39% pada kompetensi sikap 32% pada kompetensi pengetahuan dan 14% pada kompetensi keterampilan. Terbukti dari kompetensi sikap siswa pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 50% kemudian ketuntasan klasikal siklus II mencapai 89%. Hasil dari kompetensi pengetahuan pada siklus I sebesar 61% kemudian ketuntasan klasikal pada siklus II mencapai 93%. Ketuntasan klasikal kompetensi keterampilan pada siklus I sebesar 75% kemudian ketuntasan klasikal pada siklus II mencapai 89% Penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan nilai karakter dan hasil belajar siswa kelas IIIA. Pada penerapan model pembelajaran ini guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber belajar bagi siswa akan tetapi lingkungan sekitar dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sehingga kegiatan pembelajaran lebih bervariasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6439 |
Actions (login required)
View Item |