Pengembangan media papan gantung peta Indonesia untuk pembelajaran subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku kelas IV SDN Bareng 5 Kota Malang / Chyntia Destriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media papan gantung peta Indonesia untuk pembelajaran subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku kelas IV SDN Bareng 5 Kota Malang / Chyntia Destriana

Destriana, Chyntia (2017) Pengembangan media papan gantung peta Indonesia untuk pembelajaran subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku kelas IV SDN Bareng 5 Kota Malang / Chyntia Destriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Destriana Chyntia. 2017. Pengembangan Media Papan Gantung Peta Indonesia Untuk Pembelajaran Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku Kelas IV SDN Bareng 5 Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Dra. Murtiningsih M.Pd (II) Dra. Sri Estu Winahyu M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Media Papan Gantung Peta Indonesia Indahnya Keragaman Budaya Negeriku. Hasil pengamatan di kelas IV SDN Bareng 5 Kota Malangdiperoleh temuan bahwa mediayang digunakan untuk penyajian materi kenampakan alam wilayah Indonesia dan letak suatu daerah hanya berupa peta. Menurut guru kelas IV media tersebut belum bisa digunakan untuk memadukan beberapa muatan dan masih didominasi muatan IPS selain itu media tersebut kurang dapat membantu siswauntuk memahami materi letak suatu daerah dan menciptakan kondisi pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Maka dari itu perlu dikembangkan media papan gantung peta Indonesia untuk pembelajaran subtema keragaman budaya negeriku. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan media yang layak menurut ahli media layak sesuai teori oleh ahli materi layak menurut ahli pengguna (guru kelas IV) untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan menguji efektifitas penggunaan media oleh siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan model prosedural Dick Cerey yang dimodifikasi berawal dari kegiatan analisis kebutuhan dan tujuan umum perumusan tujuan khusus mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran evaluasi formatif uji coba lapangan serta tahap revisi. Hasil penelitiannya menyatakan bahwamedia papan gantung peta Indonesia dinyatakan layakberdasarkan capaian hasil evaluasi formatif yang diperoleh dari ahli media (83 75%) ahli materi (92 5%) ahli pengguna (92 5%). Media dinyatakan efektifberdasarkan capaian hasil persentase instrumen tinjauan siswa (95 5%) yang diperkuat hasil dari pre testdanpost test saat uji coba lapangan untuk materipembelajaran 3 4 dan 5 yang masing-masing dari rata-rata kelasnya 44 4 48 75 dan 31 25 meningkat menjadi 81 25 78 75 dan 76 24. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media papan gantung peta Indonesia layak dan efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran menurut ahli media ahli materi ahli pengguna (guru kelas IV) serta hasil uji coba lapangan. Disarankan juga dalam penggunaan produk media papan gantung peta Indonesia dapat dimanfaatkan untuk kegiatan seperti remedial atau pengayaan dan dapat digunakan untuk materi pembelajaran lainnya seperti persebaran flora dan fauna di Indonesia.Hasil penelitian ini juga dapat dimanfaatkan sebagai masukan untuk penelitian dan pengembangan selanjutnya yang sejenis dengan pengembangan media berbasis peta contohnya peta timbul dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6438

Actions (login required)

View Item View Item