Mohammad (2009) Pengembangan model pembelajaran menulis deskripsi untuk siswa kelas IV sekolah dasar / Mohammad Siddik. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran menulis deskripsi yaitu produk perencanaan produk materi dan produk evaluasi dalam upaya membantu pemecahan masalah ketiadaan model pembelajaran yang representatif agar masalah kemampuan menulis siswa kelas IV sekolah dasar (SD) dapat teratasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan yakni tahap penetapan fokus pendefinisian pengembangan dan penyebarluasan. Data dalam penelitian ini diambil dari aktivitas siswa dan guru kelas IV SDN Kauman I Kota Malang dan SDN 006 Sei Kunjang Kota Samarinda ketika melaksanakan pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan instrumen kunci dan dibantu instrumen penunjang melalui pengamatan wawancara pedoman pencatatan lapangan pedoman observasi dan hasil rekaman melalui visualisasi dari model pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Temuan penelitian dari segi unsur dan model karangan menunjukkan bahwa secara umum berada pada kategori sangat baik. Hal ini membawa implikasi kepada para guru dan siswa peneliti pemerhati pendidikan penulis buku penentu kebijakan terhadap produk model pembelajaran menulis deskripsi. Berdasarkan temuan penelitian tersebut disarankan kepada para (1) guru bahasa Indonesia di SD agar dapat merancang model pembelajaran menulis deskripsi secara bervariatif karena dapat menanamkan pemahaman kepada dirinya untuk membiasakan siswa dalam mendeskripsikan benda secara sistematik (2) peneliti agar model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan teori pembelajaran menulis deskripsi pada penelitian berikutnya (3) pemerhati pendidikan agar model pembelajaran menulis deskripsi untuk siswa kelas IV SD ini dapat dijadikan acuan pengembangan indisipliner bahasa yang berkaitan dengan aktivitas pembelajaran (4) penulis buku agar model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai referensi untuk memperkaya wawasan pengetahuan terhadap isi buku yang akan ditulis (5) penentu kebijakan agar model pembelajaran ini dapat dijadikan masukan untuk menetapkan model pembelajaran menulis di SD karena telah teruji melalui seleksi uji coba di lapangan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64360 |
Actions (login required)
View Item |