Model pembelajaran menulis karya ilmiah dengan pendekatan hybrid learning / Didin Widyartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran menulis karya ilmiah dengan pendekatan hybrid learning / Didin Widyartono

Widyartono, Didin (2019) Model pembelajaran menulis karya ilmiah dengan pendekatan hybrid learning / Didin Widyartono. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Widyartono Didin. 2018. Model Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah dengan Pendekatan Hybrid Learning. Disertasi Program Studi Pendidikan bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Dawud M.Pd (2) Prof. Dr. A. Syukur Ghazali M.Pd dan (3) Dr. Titik Harsiati M.Pd. Kata kunci model pembelajaran menulis akademik hybrid learning Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan manfaat positif dalam menulis karya ilmiah. Beragam referensi dari banyak sumber dapat digunakan dalam menulis karya ilmiah. Namun kemudahan akses ini justru memunculkan plagiasi sebagai pelanggaran terhadap etika penulisan karya ilmiah. Melalui perangkat lunak yang dapat diakses secara daring kegiatan pindai plagiasi dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan berdasarkan kompetensi yang dikuasai mahasiswa. Mahasiswa yang berkompeten dapat menuangkan ide/gagasan dan sikap ilmiahnya ke dalam karya ilmiah yang berkualitas sedangkan mahasiswa yang tidak berkompeten cenderung melakukan tindakan plagiasi. Untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menulis karya ilmiah khususnya penulisan makalah dan artikel kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dengan pendekatan hybrid learning. Terlebih di era revolusi 4.0 kegiatan pembelajaran menulis karya ilmiah dapat dilakukan melalui teknologi informasi dan komunikasi dengan pendekatan hybrid learning. Beberapa penelitian terhadap kegiatan pembelajaran menulis karya ilmiah memang telah dilakukan tetapi yang menggunakan pendekatan hybrid learning belum dilakukan dan perlu dilaksanakan. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan penelitian pengembangan model pembelajaran menulis karya ilmiah dengan pendekatan hybrid learning Metode yang digunakan adalah hasil integrasi model penelitian pengembangan R2D2 (Willis 2009) dan Bath dan Bourke (2013) meliputi ancangan produk desain produk produksi dan uji produk. Fase pertama ancangan produk. Pada fase ini dilakukan kegiatan kajian teoretis dan empiris. Hasilnya adalah (1) peta konsep teori dan penelitian terdahulu deskripsi (2) perangkat pembelajaran (3) fase sarana persoalan pembelajaran dan (4) kebutuhan dan rumusan ancangan produk. Fase kedua desain produk. Kegiatan yang dilakukan pada fase ini adalah merumuskan formula ahli dan pengguna. Hasilnya adalah rancangan desain produk. Fase ketiga produksi. Pada fase ini dilakukan kegiatan membuat struktur pembelajaran format lingkungan belajar sistem pendukung dan ancangan dampak pembelajaran. Hasilnya adalah draf model pembelajaran menulis karya ilmiah dengan pendekatan hybrid learning. Fase keempat uji produk. Kegiatan yang dilakukan pada fase ini adalah melakukan uji pakar dan uji pengguna. Hasilnya adalah rumusan revisi yang digunakan untuk memperbaiki produk. Berdasarkan metode di atas penelitian ini menghasilkan produk berupa model pembelajaran menulis karya ilmiah dengan pendekatan hybrid learning terdiri atas (1) struktur pembelajaran (2) format lingkungan belajar (3) sistem pendukung pembelajaran dan (4) ancangan dampak pembelajaran. Pertama struktur pembelajaran terdiri atas empat fase yaitu pembekalan konsep (luring) perencanaan vi draf (luring) penulisan draf (daring) dan penyuntingan draf karya ilmiah (luring). Kedua format lingkungan belajar. Lingkungan belajar diformat berdasarkan sistem sosial sistem sosial pembelajaran menulis karya ilmiah yang dilakukan secara luring dan daring disertai panduan belajar memahami konsep-merancang-menulismenyunting karya ilmiah belajar secara mandiri melalui laman yang disediakan dan memanfaatkan fasilitas ruang diskusi secara luring berkolaborasi dengan berbagi sumber referensi koreksi silang dan presentasi hasil kerja secara bergantian dan penyampaian penguatan dan solusi kesulitan belajar oleh dosen baik luring maupun daring. Ketiga sistem pendukung. Sistem pendukung model pembelajaran ini terdiri atas RPS dan bahan ajar (empat unit tujuh belas kegiatan) yang disajikan secara cetak dan elektronik dalam kegiatan pembelajaran luring dan daring. Keempat ancangan dampak pembelajaran. Ancangan dampak ini mengacu pada taksonomi Bloom meliputi memiliki pengetahuan keterampilan dan sikap menulis karya ilmiah. Hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa struktur pembelajaran yang dihasilkan mencerminkan kegiatan menulis sebagai proses yang diawali dari pembekalan konsep hingga penyuntingan yang dapat menghasilkan pengetahuan bahasa baik eksplisit maupun implisit untuk menyajikan beragam pengetahuan di berbagai bidang melalui karya tulis ilmiah. Format lingkungan belajarnya dibentuk sehingga iklim ruang kelas menjadi kondusif dan perbedaan prestasi mahasiswa dapat ditampung dan diberikan solusi untuk mencapai tujuan belajar. Sistem pendukungnya mencakup RPS dan bahan ajar yang dapat digunakan dosen dalam melaksanakan pembelajaran di kelas baik luring maupun daring sehingga mahasiswa memiliki kompetensi menulis karya ilmiah. Ancangan dampak pembelajarannya tampak mengacu pada taksonomi bloom. Kompetensi menulis karya ilmiah mencakup (1) pengetahuan tentang sistematika teknik format dan kaidah kebahasaan (2) keterampilan menulis bagian awal inti dan akhir makalah artikel hasil telaah dan artikel hasil penelitian dan (3) sikap yang mengaktualisasikan nilai-nilai positif dalam menulis karya ilmiah yaitu kejujuran menghargai orang lain kedisiplinan tanggung jawab dan bekerja keras. Model pembelajaran menulis karya ilmiah dengan pendekatan hybrid learning memperkuat keberhasilan dalam mencapai kompetensi menulis makalah dan artikel. Model ini terdiri atas struktur pembelajaran format lingkungan belajar sistem pendukung (RPS bahan ajar) dan ancangan dampak pembelajaran dalam menulis karya ilmiah. Model ini dapat dimanfaatkan oleh dosen pembina matakuliah Bahasa Indonesia (Keilmuan). Selain itu dapat juga dilakukan penelian lanjut untuk mengukur efektivitas model tersebut dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64350

Actions (login required)

View Item View Item