Pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing bertujuan akademik / Ari Kusmiatun - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing bertujuan akademik / Ari Kusmiatun

Kusmiatun, Ari (2017) Pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing bertujuan akademik / Ari Kusmiatun. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusmiatun Ari. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Bertujuan Akademik. Disertasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (II) Dr. Widodo Hs. M.Pd. (III) Dr. H. Imam Agus Basuki M.Pd. Kata Kunci pembelajaran BIPA bahasa Indonesia bertujuan akademik pelajar asing Pembelajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa asing atau dikenal dengan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) berkembang dalam berbagai kebutuhan pembelajarnya. Selama ini titik pusat perhatian masih pada BIPA umum sementara BIPA khusus semakin berkembang dan dibutuhkan. Salah satu yang diperlukan saat ini adalah BIPA yang diperuntukkan untuk para penutur asing yang akan melakukan kegiatan akademik seperti belajar dan meneliti di Indonesia. Oleh karena itu perlu pengkajian untuk membangun konstruk pembelajaran BIPA dengan tujuan akademik ini agar dapat memfasilitasi pembelajaran BIPA khusus ini dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran BIPA bertujuan akademik dan menemukan konstruk pembelajaran BIPA bertujuan akademik dalam empat aspek yaitu perencanaan pembelajaran materi pembelajaran strategi pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Penelitian ini memberikan gambaran realistis empiris pembelajaran BIPA bertujuan akademik dan menyuguhkan konsep temuan untuk membangun pembelajaran BIPA bertujuan akademik yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil lokasi 10 universitas penyelenggara BIPA khusus yang dipilih secara purposif. Subjek dalam penelitian ini adalah pembelajar BIPA bertujuan akademik (yang sedang belajar maupun telah lulus kelas BIPA) pengajar BIPA bertujuan akademik pengelola program BIPA pakar atau ahli BIPA dan dokumen terkait pembelajaran program BIPA khusus ini. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara angket dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif interaktif. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan waktu trianggulasi data pengecekan dengan rekan sejawat dan expert judgement. Penelitian ini menghasilkan empat temuan dalam kajian pembelajaran BIPA bertujuan akademik. Pertama perencanaan pembelajaran BIPA bertujuan akademik yang terdiri atas tujuan pelajar dan pengajar mempunyai ciri khas untuk tujuan akademik. Tujuan pembelajaran BIPA ini adalah membekali pembelajarnya dalam keterampilan berbahasa Indonesia untuk ranah akademik baik itu untuk studi lanjut kegiatan penelitian maupun kegiatan akademik lainnya. Pelajar dalam BIPA bertujuan akademik mempunyai karakteristik yang meliputi kemampuan awal karakteristik umum maupun gaya belajarnya. Pelajarnya mempunyai persyaratan yakni sudah menguasai BIPA dasar. Pengajarnya pun harus berkualifikasi terutama kompetensi penguasaan akademik. Kedua materi pembelajaran BIPA bertujuan akademik mempunyai unsur khas akademik yang tercermin dalam komponen dan substansi materinya. Ada beberapa komponen materi khusus yang mendukung kompetensi akademik pembelajar. Materi bahasa Indonesia yang dibelajarkan adalah bahasa Indonesia baku termasuk di dalamnya kosakata baku dan kalimat efektif. Topik materi juga yang sesuai kebutuhan akademik. Hal ini juga berpengaruh pada prioritas kepentingan aktivitas belajar dan pembobotan materinya. Urutan prioritas aktivitas materi belajarnya adalah menulis menyimak membaca dan berbicara. Hal ini akan mendukung kompetensinya di dunia akademik yang akan ditempuhnya. Ketiga strategi pelaksanaan pembelajaran dalam BIPA bertujuan akademik lebih menonjolkan pola pembelajaran yang berpusat pada pembelajar partisipatif integratif dan konstruktivistik. Unsur budaya akademik juga melekat pada penyajian materi ajarnya. Pengajar juga banyak menggunakan teknik pembelajaran yang mengajak pembelajar berpikir secara aktif ilmiah logis sistematis. Program BIPA bertujuan akademik ini dapat dilaksanakan dalam satu program berjalan atau satu semester. Keempat penilaian pembelajaran dilakukan secara proses dan hasil dalam pembelajaran BIPA bertujuan akademik ini. Ada beberapa komponen jenis dan bentuk penilaian yang tidak berbeda pada pembelajaran pada umumnya. Akan tetapi adanya tagihan penulisan karya ilmiah dan presentasi ilmiah di akhir program ini yang membedakan dengan BIPA yang lain. Pembelajaran BIPA bertujuan akademik juga belum mempunyai target pencapaiannya kompetensi yang terstandar dan jelas. Baik perencanaan materi strategi maupun penilaian pembelajaran dalam BIPA bertujuan akademik diarahkan pada upaya pembekalan pembelajarnya agar memiliki kemahiran berbahasa Indonesia untuk keperluan akademik. Temuan penelitian ini mengukuhkan keberadaan BIPA bertujuan akademik dan memberikan alternatif konsep dasar untuk merancang program BIPA bertujuan akademik dalam prinsip-prinsip pembelajaran BIPA bertujuan akademik. ABSTRACT Kusmiatun Ari. 2017. Indonesian for Speakers of Other Languages Learning for Academic Purposes. Dissertation. Indonesian Language Teaching Study Program Graduate School Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. (II) Dr. Widodo Hs. M.Pd. (III) Dr. H. Imam Agus Basuki M.Pd. Keywords BIPA learning Indonesian for academic purposes foreign students Indonesian as foreign language learning or known by Indonesian for Speakers of Other Languages (BIPA) is developed to meet learners demand and needs. Over time the focus of BIPA learning has remained general. However a demand for a specific course of BIPA is growing BIPA learning for the speakers of other languages who conduct academic activities such as studying and researching in Indonesia. Hence it is necessary and imperative for the development and construction of BIPA learning specifically for academic purpose to facilitate good BIPA learners. The objective of this research was to describe BIPA learning for academic purposes and discover BIPA learning constructions for academic purposes in four aspects they are learning planning learning materials learning strategy and assessment of BIPA for academic purposes. Further this research aimed at revealing an empirical-realistic depiction of BIPA learning for academic purposes and conceptual finding in order to establish satisfactory BIPA learning constructs for academic purposes. This research used a qualitative design and was conducted in ten universities offering BIPA learning which were determined using purposive mechanisms. The subjects of this research were BIPA learners for academic purpose learners (both on-going and completed the course) BIPA for academic purposes instructors BIPA program manager BIPA expertise and documents related to BIPA learning for specific purposes. The data of this research was obtained through observation interview questionnaires and documentation. The data then was analyzed using interactive qualitative analysis model. The data validity was ensured through time period extension data triangulation interrater and expert judgment. There are four research findings as follow. First learning planning including objectives learners and teachers have special characteristics for academic purposes. BIPA s learning objective were to equip its learners in the skills of Indonesian language for the academic domain and discourse both for further study research activities as well as other academic activities. Learners of BIPA for academic purposes have characteristics which include entry level general characteristic and learning styles. The learners had to master basic Indonesian and the teacher must also possess excellent qualifications particularly the academic mastery competence. Second learning materials of BIPA for academic purposes constitute particular elements which are reflected in the component and material substance. There were special material components that support the academic competence of learners. Indonesian materials are formal or academic Indonesian included formal vocabularies and effective sentences. Material topics were also topics found to be suitable for academic needs. This also affected the priority of learning activities and weight of the material. The priority sequence of learning material activity were writing listening reading and speaking. Subsequently this supported learners competence in the academic circumstance that will be pursued. Third learning strategy in BIPA for academic purpose construction supported patterns of learner-centered learning participatory integrated and constructivist. The element of academic culture was also reflected through the presentation of teaching materials. Teachers also employed various learning techniques that helped the learners to think actively scientifically logically and systematically. In addition BIPA for academic purposes was also conducted in one running program or one semester. Fourth learning assessment of BIPA for academic purposes was done by process and result. There were not several components types and forms of assessment different from the common learning assessments. However there were academic writing and presentation tasks at the end of program that made it different with other BIPA learning. Further learning BIPA for academic had no standardized or clear target achievement of competence. Both the planning the materials the learning strategies and the assessment in BIPA for academic purposes aimed at the debriefing of its learners in order for them to have Indonesian language proficiency for academic purposes. The findings of this research confirm the existence of BIPA for academic purposes and provide alternative basic concepts for designing of programs with some principles of BIPA for academic purposes learning.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64339

Actions (login required)

View Item View Item