Hubungan perhatian orag tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Supriono Antonius Tekege - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan perhatian orag tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Supriono Antonius Tekege

Tekege, Supriono Antonius (2017) Hubungan perhatian orag tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang / Supriono Antonius Tekege. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tekege Supriono Antonius. 2017. Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutrisno S.Pd. M.Pd (2) Achmad Taufiq M.Pd. Kata Kunci Perhatian orang tua prestasi belajar siswa sekolah dasar Keluarga adalah lingkungan masyarakat terkecil yang merupakan lingkungan pendidikan primer yang bersifat fundamental sehingga sangat berperan dalam pembentukan proses pembelajaran anak. Prestasi belajar adalah hasil yang di capai siswa dalam bentuk angka-angka atau skor sebagai gambaran pencapaian usaha siswa dalam belajar dalam kurun waktu tertentu/periode tertentu. Keduanya memiliki kaitan erat dan saling mempengaruhi. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar adalah perhatian orang tua terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelasi. Subjek penelitian adalah 41 orang siswa kelas IV SD Negeri Sekarpuro kecamatan Pakis kabupaten Malang pada tahun pelajaran 2016/ 2017. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket. Analisis data menggunakan teknik analisis Korelasi Product Moment untuk menganalisis hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas IV SDN Sekarpuro masuk dalam kategori baik dan sangat baik. Tingkat perhatian orang tua siswa kelas IV SDN Sekarpuro masuk dalam kategori sedang dan tinggi. Hasil lain menunjukkan bahwa koefisien korelasi product moment (rhitung) antara perhatian orang tua (X) dan prestasi belajar (Y) dengan taraf signifikan 5% adalah sebesar 0.661. Nilai r-hitung dikonsultasikan dengan nilai rtabel product moment untuk N 41 dengan taraf signifikan 5% yaitu 0 308 sehingga terbukti rhitung lebih besar daripada rtabel. Untuk mengetahui tinggi rendahnya korelasi maka koefisien korelasi rxy dikuadratkan (0 6612 mengahsilkan 0 4369). Koefisien 0 4369 menunjukkan bahwa 43 69 % besarnya kontribusi tingkat perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Sekarpuro dan 56 31 % adalah faktor lain yang memepengaruhi. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Sekarpuro artinya semakin tinggi perhatian orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa dan sebaliknya. Sekolah guru dan orang tua diharapkan bekerjasama untuk memantau perkembangan belajar dan prestasi siswa kelas IV SDN Sekarpuro. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian menggunakan multimetode dan multiinstrumen sehingga dapat dilihat lebih mendalam tentang hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian tentang faktor selain perhatian orang tua yang juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dapat dilakukan agar didapatkan gambaran secara menyeluruh faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item View Item