Tuturan guru yang merepresentasikan pendidikan karakter dalam konteks pembelajaran di kelas IV SD / Noor Eka Chandra - Repositori Universitas Negeri Malang

Tuturan guru yang merepresentasikan pendidikan karakter dalam konteks pembelajaran di kelas IV SD / Noor Eka Chandra

Chandra, Noor Eka (2017) Tuturan guru yang merepresentasikan pendidikan karakter dalam konteks pembelajaran di kelas IV SD / Noor Eka Chandra. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Chandra Noor Eka. 2016. Tuturan Guru yang Merepresentasikan Pendidikan Karakter dalam Konteks Pembelajaran di Kelas IV SD. Disertasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H.Imam Suyitno M.Pd. (II) Dr.Imam Agus Basuki M.Pd. (III) Prof. H. Rustam Effendi M.Pd. Ph.D. Kata kunci tuturan guru pendidikan karakter pembelajaran Tuturan merupakan salah satu media guru dalam mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Melalui tuturan guru menjalankan tugasnya dalam mentransfer ilmu pengetahuan dan mendidik karakter siswa. Guru mempunyai peran aktif dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui tuturan yang dikemukakan selama proses pembelajaran di sekolah. Namun kadang guru secara tidak langsung mengeluarkan kata-kata yang bermakna negatif yang dapat melemahkan kreativitas dan mental siswa dalam proses pembelajaran. Kondisi ini tentunya tidak boleh terjadi dikarenakan guru merupakan figur teladan dalam mengembangkan pendidikan karakter di kehidupan sehari-hari anak didik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa analisis tuturan guru yang merepresentasikan pendidikan karakter dalam konteks pembelajaran di kelas IV SD perlu dilakukan. Penelitian ini berusaha memerikan tuturan guru yang merepresentasikan pendidikan karakter yang dilihat dari tiga aspek yakni (1) bentuk tuturan guru (2) teknik penuturan guru dan (3) pesan tuturan guru. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian pragmatik dan etnografi komunikasi yang bertujuan mendeskripsikan dan mengeksplanasikan data penelitian secara faktual dan alamiah. Data penelitian terdiri atas dua jenis yaitu data tuturan guru dan data catatan lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi perekaman dan wawancara. Dalam pengumpulan data peneliti sebagai instrumen kunci dilengkapi dengan panduan observasi panduan wawancara dan alat perekam elektronik. Prosedur analisis data dilakukan melalui empat tahap kegiatan yaitu pereduksian data penyajian data penarikan kesimpulan sementara dan penyimpulan akhir temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa tuturan guru yang merepresentasikan pendidikan karakter dalam konteks pembelajaran di kelas IV SD terwujud dalam beragam bentuk teknik penuturan dan pesan tuturan sesuai dengan konteks situasi tutur. Pertama bentuk tuturan guru yang merepresentasikan pendidikan karakter terwujud melalui penggunaan diksi dan penyajian tuturan. Penggunaan diksi meliputi penggunaan modalitas penggunaan kata ganti penggunaan kata sifat dan penggunaan kata kerja. Dalam penggunaan modalitas dalam tuturan guru yang merepresentasikan pendidikan karakter meliputi lima hal yakni (a) penggunaan modalitas berupa keinginan (b) penggunaan modalitas berupa harapan (c) penggunaan modalitas berupa ajakan (d) penggunaan modalitas berupa permintaan dan (e) penggunaan modalitas berupa perintah. Penggunaan kata ganti dalam tuturan guru yang merepresentasikan pendidikan karakter meliputi tiga hal yakni (a) kata ganti ketuhanan (b) kata ganti persona dan (c) kata ganti sapaan. Untuk penggunaan kata sifat dan kata kerja meliputi (a) kata sifat dan kata kerja yang mengembangkan karakter siswa dalam berketuhanan (b) kata sifat dan kata kerja yang mengembangkan karakter siswa dalam berkepribadian dan (c) kata sifat dan kata kerja yang mengembangkan karakter siswa dalam bermasyarakat. Pada bentuk penyajian tuturan guru meliputi penyajian tuturan secara langsung dan penyajian tuturan tidak langsung. Kedua teknik penuturan guru yang merepresentasikan pendidikan karakter dalam konteks pembelajaran di kelas IV SD dapat dilihat pada teknik pengembangan tuturan. Teknik pengembangan tuturan meliputi teknik pengulangan teknik penjelasan dan teknik perincian. Pada teknik pengulangan dapat dilakukan dengan cara penggulangan dengan menggunakan kata yang sama dan pengulangan dengan sinonim. Pada teknik penjelasan tuturan dilakukan dengan cara penambahan kata sebagai penjelas/penegas maksud tuturan dan penembahan kata yang juga berfungsi membatasi cakupan makna tuturan guru. Pada teknik perincian dilakukan dengan cara merinci dan menjabarkan ke dalam bagian atau unsur yang lebih kecil. Kesemua teknik pengembangan tuturan ini digunakan guru selama dalam proses belajar mengajar sesuai dengan keperluan pada saat peristiwa tutur terjadi. Ketiga ada delapan isi pesan tuturan guru yang merepresentasikan pendidikan karakter yaitu (1) pesan perintah (2) pesan permintaan (3) pesan larangan (4) pesan persilaan (5) pesan nasihat (anjuran) (6) pesan harapan (7) pesan penjelasan dan (8) pesan ajakan. Pendidikan karakter yang direpresentasikan lewat tuturan guru adalah karakter religius disiplin kerja keras tanggung jawab kejujuran peduli lingkungan semangat kebangsaan keingintahuan cerdas mandiri peduli sosial rasa ingin tahu gemar membaca dan toleransi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keragaman bentuk tuturan teknik penuturan dan pesan tuturan sesuai dengan keragaman konteks tuturan yang mengiringi tuturan tersebut serta adanya pengintegrasian pendidikan karakter yang terkandung dalam tuturan guru memperlihatkan kemampuan guru dalam mengolah tuturan sehingga menjadi tuturan yang merepresentasikan pendidikan karakter yang ingin ditanamkan kepada siswa pada peristiwa tutur terjadi. Temuan penelitian ini memiliki implikasi teoritis dan praktis. Secara teoritis temuan penelitian ini memiliki implikasi pada kajian analisis wacana tindak tutur dan pendidikan karakter dalam konteks pembelajaran. Secara praktis temuan ini berimplikasi pada pemerkayaan sumber rujukan dalam penyusunan RPP yang berkarakter dan media pemahaman bagi guru dalam memperkenalkan dan menanamkan pendidikan karakter dalam wacana kelas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Jan 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64327

Actions (login required)

View Item View Item