Ambarwati, Ari (2016) Wacana humor dalam cerita Lupus Kecil / Ari Ambarwati. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ambarwati Ari.2016. Wacana Humor dalamCerita Lupus Kecil. Disertasi Program StudiPendidikanBahasa Indonesia Pascasarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Maryaeni M.Pd. Pembimbing (II) Prof. Dr. Suyono M.Pd .Pembimbing (III) Dr. Roekhan M.Pd. Kata Kunci wacana humor permainanlogikasebagai humor modus retoris humor Wacana humor adalah praktik penggunaan humor yang mengandung intensi dan digunakan untuk tujuan tertentu.Penelitian yang mendeskripsikankarakteristikdanwacana humor dalamceritaanak-anak Indonesia khususnyadalamCerita Lupus Kecil belumpernahdilakukan padahalwacana humor anakdalamkaryasastradapatdijadikanacuanuntukmelatihkanketerampilanberbicaradanmembinarelasi yang lebihbaikdengan orang lain. Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanfungsidanbentukpermainanlogikasebagai humor dan modus retoris humor. Jenispenelitianiniadalahkualitatifdenganpendekatananalisiswacana. Data penelitianiniberupa monolog dialog narasi teka-teki peribahasa pantun dansyair lagu yang bermuatan humor. Sumber data penelitianiniadalahteks yang mendeskripsikan karakteristik humor dalam cerita Lupus Kecil. Data yang terkumpuldipilah berdasarkan dua fokus penelitian yakni logika permainan sebagai humor dan modus retoris humor. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi dokumentasi. Teknik ini digunakan karena sumber data dalam penelitian ini bersifat dokumentasi sedangkan data berupa hasil pemahaman. Setelah membaca data tersebut peneliti membuat kriteria untuk kedua fokus penelitian berdasarkan teori bahasa sebagai semiotika sosialdanteori humor. Hasilpenelitianmenunjukkanduatemuan Pertamapermainanlogikasebagai humor dalamceritaLupus Kecil dipraktikkandalamempatbentuk yaitu(1)Penidaksejajaranpersepsi yang berbentukteka-teki humor peribahasa humor sertapantun humor (2)Pemertentanganpersepsiberupapolapersepsi yang salingbertentangandantidakdisepakatkan (3)Perekayasaanrealita yang dilakukandenganpolamelebih-lebihkanfaktadanataumenciptakanrealitasemu dan(4)Mempermainkanaspekkebahasaanberupapolasyairlagu humor danpolamemelesetkanbunyi kata yang hampirsama. Kedua modus retoris humor yang merupakanperasaanteks yang mengandung humor dikonstruksikandalambentuk(1)wacana humor rekreatifberupapolakebahasaan yang berintensimenghiburdenganteknikpoking fun at authority nonsensical humor danpoking fun at oneself (2)wacana humor persuasifberupapolakebahasaan yang berintensimemengaruhiataumembujukdenganteknikpoking fun at authority dannonsensical humor (3)Wacana humor kritisberupapolakebahasaan yang berintensimengkritisisikapataupernyataanseseorangdenganteknikmetafora-analogi nonsensical humor reversal (pembalikan) dansatir. Berdasarkantemuantersebut disarankankepada(1)Penelitiselanjutnyauntukmenggunakanhasiltemuaniniuntuk menggunakan data penelitian yang terkait dengan karakteristik danpolahumor tertulis dalam cerita anakuntukmenelitilebihlanjutbagaimanamenggunakantemuantersebutuntukmelatihkanketerampilanberbicara khususnyapadasiswaSekolahDasar (SD) (2)Guru bahasa Indonesia di SD dapat menggunakantemuanpenelitianiniuntuk melatihkan keterampilan berbicara dalam menjalin relasi melakukan negosiasi dan membangun wacana yang memiliki intensi tertentu dengan orang lain (3)Pemangkukebijakanpendidikanuntukmemperbanyakbukuceritabermuatan humor dalam program GerakanLiterasiSekolah (GLS) (4)Penulisdanpenerbitbuku agar memproduksibukuceritauntukanak-anak yang bermuatan humor karena humor adalahunsurdalamcerita yang disukaianak-anakdandapatmenjadireferensibagianak-anakuntukmenghasilkan humor. 8195
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64323 |
Actions (login required)
View Item |