Penerapan media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi lembaga pemerintahan tingkat pusat kelas IV di SDN Sitirejo 1 Wagir / Muhammad Gusti Rizkian - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi lembaga pemerintahan tingkat pusat kelas IV di SDN Sitirejo 1 Wagir / Muhammad Gusti Rizkian

Rizkian, Muhammad Gusti (2017) Penerapan media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi lembaga pemerintahan tingkat pusat kelas IV di SDN Sitirejo 1 Wagir / Muhammad Gusti Rizkian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizkian Muhammad Gusti . 2016. Penerapan Media KomikUntukMeningkatkanHasilBelajarSiswaPada Mata PelajaranPKnMateriLembagaPemerintahan Tingkat PusatKelas IV Di SDN Sitirejo 1 Wagir .Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ruminiati M.Si (II) Drs. Achmad Taufiq M.Pd Kata Kunci Media Komik HasilBelajar PKn SD Mata pelajaranPKn SD merupakanpelajaran yang menuntutsiswauntukmemahamikonsepdanjugamemilikikemampuanuntukmemecahkanmasalahdalamkehidupanbermasyarakat.Berdasarkanhasilobservasi yang dilakukanpadamatapelajaranPKn di kelas IV SDN Sitirejo 01 Wagirdiketahuibahwa (1) pembelajaran yang dilakukanmasihberpusatpada guru (2) guru tidakmenggunakan media pembelajaran (3) hasilbelajarPKnsiswabelummencapai KKM. Tujuanpenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan (1) penggunaan/penerapan media komikdalampembelajaranPKnMateriLembagaPemerintahan Tingkat Pusat di kelas IV SDN Sitirejo 01 Wagir (2) peningkatanhasilbelajarPKnsiswakelas IV SDN Sitirejo 01 Wagirmenggunakan media komik. Media komkberfungsisebagaialatbantupembelajaranberbentukgambarilustrasi yang mengungkapkankarakterdanmemerankansuatuceritadalamurutan yang eratdihubungkandengangambardanperwatakan. Padapenelitianini peneliti berusaha mendeskripsikanbentukpembelajaranuntukmeningkatkanpemahamandanhasilbelajarsiswadenganmenerapkan media komikpadapembelajaranPKndenganmaterilembagapemerintahantingkatpusat maka dengan demikian data yang akan dikumpulkan dalam penelitian bersifat deskriptif yaitu mengenai uraian-uraian kegiatan pembelajaran siswa dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitudeskritifkualitatifdenganrancanganPenelitianTindakanKelas (PTK) yang dikemukakanKemmisdan Taggart. Subjekpenelitianadalahsiswakelas IV SDN Sitirejo01 Wagirpada semester genap 2015/2016 denganjumlah 30 siswa.Pengumpulan data dilakukanmenggunakantekniktes observasi dandokumentasi. Penggunaan media komikdalampembelajaranPKndapatditerapkandenganbaik haliniterbuktidarikeberhasilantindakan guru siklus I sebesar 63 8% padasiklus II meningkatmenjadi 88 8%. Sedangkan rata-rata hasilbelajarsiswapadapratindakansebesar 60 1 meningkatpadasiklus I menjadi 80 53 kesiklus II mengalami peningkatan menjadi 82 46.Dapatdisimpulkanbahwapenelitiandenganmenggunakan media komikdalampembelajaranPKn SD sangatefektifuntukmeningkatkanpemahamansiswadanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Mar 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6432

Actions (login required)

View Item View Item