Representasi ideologi dalam struktur wacana kata hari ini / Mohamad Zubad Nurul Yaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Representasi ideologi dalam struktur wacana kata hari ini / Mohamad Zubad Nurul Yaqin

Yaqin, Mohamad Zubad Nurul (2016) Representasi ideologi dalam struktur wacana kata hari ini / Mohamad Zubad Nurul Yaqin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yaqin M. Zubad Nurul. 2015. Representasi Ideologi dalam Struktur Wacana Kata Hari Ini. Disertasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pasca-sarjana Universitas Negeri Malang. Promotor (1) Prof. Dr. Abdul Syukur Ibrahim (2) Prof. Dr. Wahyudi Siswanto M.Pd dan (3) Prof. Dr. Djoko Saryono M.Pd Kata kunci representasi ideologi struktur wacana Tujuan Penelitian ini adalah memerikan representasi ideologi dalam struktur wacana Kata Hari Ini (KHI). Demi tujuan tersebut pembahasan difo-kuskan pada representasi ideologi dalam struktur mikro struktur super dan struktur makro. Dalam perspektif kajian wacana kritis ketiga struktur wacana tersebut merepresentasikan ideologi. Penelitian kualitatif ini menggunakan ancangan analisis wacana kritis. Data utama berupa praktik kebahasaan yang merepresentasikan ideologi di dalam struktur wacana KHI (mikro super dan struktur makro). Wacana KHI disiarkan melalui media radio. Jadi sumber data dalam penelitian ini berupa transkripsi (dokumen/teks) wacana KHI. Sebagai instrumen kunci peneliti dilengkapi dengan panduan studi dokumen dan alat perekam elektronik dalam pengumpulan data. Prinsipnya setiap data dikumpulkan diklasifikasikan dan kemudian dianalisis sesuai dengan fokus penelitian. Peneliti melakukan seleksi identifikasi klasifikasi dan kategorisasi data dalam pengumpulan data untuk mendapatkan data yang merepresentasikan ideologi. Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dengan memanfaatkan instrumen-instrumen yang ada. Dokumennya berupa barang tertulis (teks wacana KHI) yang tidak disiapkan secara khusus. Tahap pengumpulan data adalah mendengarkan dan merekam secara rutin siaran acara KHI mendengarkan dan mentranskrip rekaman serta mengumpulkan berbagai informasi yang berhubungan dengan data penelitian. Analisis data dilakukan dengan mengikuti model analisis wacana kritis perspektif van Dijk. Verifikasi temuan dilakukan melalui triangulasi kepada pakar bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wacana KHI memiliki keunikan terutama dalam hal strukturnya (struktur mikro strutur super dan struktur makro) yakni selalu sarat dengan ideologi tertentu. Pertama struktur mikro. Temuan penyampai wacana menggunakan kata kalimat dan gaya bahasa tertentu dalam menyampaikan pesan-pesan ideologisnya. Secara rinci (1) Pada tataran kata unsur yang menampak dan dominan pada setiap bagian wacana adalah pemakaian kata persona (2) Pada tataran kalimat paradigma komunikasi dalam wacana bersifat satu arah (top-down) yakni penyampai wacana merekonstruksi terhadap realitas sosial yang ada dalam menyampaikan pesan-pesan ideologisnya. Konstruksi realitas so-sial tersebut dilakukan untuk membangun citra dirinya sebagai orang yang mendominasi (berperan sebagai penguasa pengatur pemegang kendali dsb.) pada setiap peristiwa komunikasi. Berdasarkan tujuan bentuk-bentuk kalimat yang diekspresikan adalah berbentuk kalimat pernyataan pertanyaan ajakan seruan dan kalimat harapan. Berdasarkan struktur berbentuk kalimat aktif dan kalimat pasif serta (3) Pada tataran gaya bahasa penyampai wacana menggunakan gaya bahasa tertentu (eufimisme pleonasme simile paradoks hiperbola repetisi dan paralelisme). Singkatnya pilihan kata kalimat dan pilihan gaya bahasa dalam wacana KHI sengaja digunakan sebagai strategi penyampaian pesan. Tujuannya selain dapat menimbulkan efek tertentu agar pesan-pesan ideologis yang disampaikan dapat diterima dapat dipercaya da-pat dibenarkan dan akhirnya diharapkan dapat mengubah pola pikir sikap dan keyakinan publik. Atau posisi dirinya sebagai aktor yang mendominasi setiap peristiwa komunikasi tetap terjaga di mata publik. Kedua struktur super. Temuan skema wacana KHI terdiri dari tiga bagian (awal tengah dan akhir). Pada bagian awal wacana dimulai dengan pernyataan-pernyataan sederhana (eksplanasi ide penerapan ide dan atau legalisasi ide) yang umumnya berupa ide-ide konseptual tentang suatu objek. Pada bagian tengah berisi penjabaran lebih rinci (umumnya menyajikan data-data faktual sebagai klaim pembenar) tentang ide-ide yang ditampilkan pada bagian awal. Tujuannya agar ide yang disampaikan dapat dibenarkan dapat dipercaya dan dapat diterima publik. Klaim pem benar dilakukan dengan cara penyampaian rasionalisasi pembuktian efek dan dampak dan atau piranti pembenar lain. Bagian akhir berisi peryataan-pernyataan sebagai simpulan. Selain itu ditemukan bahwa pada setiap bagian wacana memuat representasi ideologi-idelogi tertentu dan dengan pola representasi ideologi tertentu pula. Jenis ideologi pada setiap bagian wacana KHI adalah ideologi sebagai sistem pemikiran (sP) ideologi sebagai sistem tindakan (sT) dan ideologi sebagai sistem keyakinan (sK). Representasi ideologi wacana KHI dapat dikategori-kan menjadi dua pola yakni (1) Pada bagian awal dan tengah wacana berisi ideologi sebagai sistem pemikiran serta bagian akhir berisi ideologi sebagai sistem tindakan (sP-sP-sT) (2) Bagian awal wacana berisi ideologi sebagai sistem pemikiran pada bagian tengah dan akhir berisi representasi ideologi sebagai sistem tindakan (sP-sT-sT). Ketiga struktur makro. Temuan representasi ideologi dalam struktur makro (tema) wacana KHI adalah berupa representasi ideologi sebagai sistem keyakinan dan ideologi sebagai sistem tindakan. Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat ditegaskan bahwa wacana KHI merupakan bentuk wacana yang ideologis baik ideologi sebagai sistem pemikiran ideologi sebagai sistem keyakinan dan ideologi sebagai sistem tin-dakan. Atau wacana KHI merupakan representasi ideologi dari penghasil wacana. Karena itu temuan penelitian ini secara teoretis memiliki implikasi akademik pada kajian analisis wacana sosiolinguistik dan psikolinguistik. Adapun secara praktis dapat dimanfaatkan dalam bidang pengajaran dan bidang terapan lainnya. Selain itu dapat juga dimanfaatkan untuk pengayaan sumber rujukan dalam pembelajaran terutama pembelajaran wacana bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64303

Actions (login required)

View Item View Item