Milson (2017) Pengembangan media pembelajaran peta keberagaman budaya Kota Malang mata pelajaran IPS kelas IV SDN Cemorokandang 2 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang semester II tahun pelajaran 2015/2016 / Milson. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Milson. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Peta Keberagaman Budaya Kota Malang Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Toha Mashudi. S.Pd. M.Pd (II) Dra. Sri Sugiharti. M.Pd. Kata kunci Media Peta IPS Budaya. Pemanfaatan peta dalam pembelajaran pengetahuan sosial berfungsi untuk menyampaikan materi agar lebih mudah diterima siswa sehingga dapat membantu kelancaran pembelajaran. Kurangnya pemanfaatan penggunaan media menjadi masalah utama yang harus diperhatikan. Hasil pengamatan tanggal 03 Juli 2016 pada hasil ulangan harian pelajaran IPS kelas IV SDN Cemorokandang 2 Kota Malang ditemukan kendala yaitu beberapa siswa nilainya berada di bawah KKM. Dari 30 siswa yang masih berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) dengan nilai sebesar 70 ada 65 % atau sejumlah 20 siswa. Pengembangan media yang digunakan untuk mengatasi permasalah tersebut berupa media peta yaitu peta kebudayaan Kota Malang yang dilengkapi dengan kartu keberagaman budaya di Kota Malang. Tujuan pengembangan media adalah (1) Menghasilkan media pembelajaran peta keberagaman budaya Kota Malang yang valid (2) Menguji kelayakan media pembelajaran peta keberagaman budaya Kota Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Patricia L. Smith dan Tillman J. Ragan. Alasannya model ini memiliki kecenderungan terhadap implementasi teori belajar kognitif. Subyek uji coba berjumlah 30 siswa kelas IV SD Cemorokandang 2. Jenis data adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan uji validasi kepada ahli media materi dan audiens. Analisis data menggunakan presentase. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Analisis pada tanggapan ahli media diperoleh hasil 70% media memenuhi kriteria valid (2) Analisis pada tanggapan ahli materi diperoleh hasil 70% media memenuhi kriteria valid (3) Analisis pada tanggapan uji coba kelompok kecil diperoleh hasil 82 5% media kriteria sangat valid dan (4) Analisis yang telah dilakukan terhadap tanggapan uji coba kelompok besar diperoleh hasil 87 3% media memenuhi kriteria sangat valid. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media peta keberagaman budaya Kota Malang dapat memudahkan dan meberikan motivasi belajar selain itu siswa dilatih untuk mengeksplorasi kemampuan berfikirnya sendiri serta dapat menyampaikan gagasan kepada siswa lain dengan mudah. Media ini membuat siswa merasakan secara langsung peristiwa atau keadaan yang dijelaskan sehingga siswa lebih fokus dan mudah untuk memahami materi yang diberikan. Saran yang diberikan media pembelajaran peta keberagaman budaya Kota Malang ini sebaiknya digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang tidak memerlukan biaya yang mahal dalam produksinya bagi sekolah sekolah yang tidak memiliki cukup biaya untuk menggunakan media pembelajaran berbiaya mahal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/6430 |
Actions (login required)
View Item |