Najmah (2015) Pengembangan bahan ajar membaca cepat berbasis skemata menggunakan media interaktif moodle untuk siswa SMP/MTs / Najmah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa bahan ajar membaca cepat berbasis skemata menggunakan media interaktif moodle untuk siswa SMP/MTs. Produk ini dikembangkan berdasarkan tiga macam data yaitu data hasil uji keterbacaan teks data hasil telaah para ahli dan praktisi dan data hasil uji coba produk (tryout). Telaah para ahli dan praktisi mengacu pada empat aspek yaitu tampilan isi bahasa dan teknis penggunaan produk. Data hasil uji keterbacaan teks digunakan untuk menentukan teks-teks yang tepat digunakan dalam bahan ajar sesuai kapasitas kemampuan baca siswa SMP/MTs. Data hasil telaah dan uji coba digunakan sebagai bahan analisis evaluasi dan refleksi. Revisi produk dilaksanakan berdasarkan hasil analisis evaluasi dan refleksi tersebut. Bahan ajar membaca cepat berbasis skemata tersebut dikemas dalam bentuk aplikasi situs moodle. Aplikasi ini memungkinkan pembelajaran online atau daring interaktif dan jarak jauh. Penggunaan aplikasi situs moodle ini bisa menjadikan bahan ajar membaca cepat berbasis skemata tersaji secara lebih menarik. Sebagai sebuah produk yang berbasis moodle struktur isi produk ini terdiri atas beberapa bagian meliputi pengantar pembelajaran I evaluasi I pembelajaran II evaluasi II membaca cepat dan evaluasi pemahaman. Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut siswa diberi tiga pilihan tema yaitu (1) tema I ilmu bumi (2) tema II seni tari dan (3) tema III kecerdasan otak. Siswa diberi kebebasan untuk memilih salah satu tema sesuai dengan minatnya karena salah satu prinsip membaca cepat adalah memilih tema sesuai minat siswa. Pada bagian pengantar siswa diberi motivasi apersepsi dan beberapa pengarahan. Pada bagian pembelajaran I siswa diminta membaca teks bacaan untuk diberi pembekalan skemata pada tahap I. Pada bagian Evaluasi I kecukupan skemata siswa pada tahap I dievaluasi. Pada bagian pembelajaran II siswa diminta membaca teks bacaan untuk diberi pembekalan skemata pada tahap II. Pada bagian Evaluasi II kecukupan skemata siswa pada tahap II dievaluasi. Apabila siswa berhasil tuntas minimal 70% maka siswa diperbolehkan mengikuti kegiatan membaca cepat. Produk ini memiliki beberapa keunggulan. Pertama bahan ajar membaca cepat berbasis skemata dengan media interaktif ini merupakan pembelajaran yang mudah dan murah bagi siswa. Siswa bisa mengikuti pembelajaran membaca cepat dari mana saja dan kapan saja melalui jaringan internet. Kedua bahan ajar ini tidak hanya dapat dibuka di komputer desktop tapi juga memiliki fleksibilitas untuk dibuka di ponsel. Banyak siswa sudah memiliki ponsel dengan sistem operasional android. Hal itu memungkinkan mereka mengakses pembelajaran membaca cepat ini dari ponsel mereka. Ketiga kehadiran produk ini cukup aktual karena produk ini sangat tepat dihadirkan sebagai sebuah alternatif solusi terhadap masalah rendahnya kemampuan membaca siswa di Indonesia. Keempat kehadiran produk ini relevan dengan kebutuhan masyarakat karena kemampuan membaca adalah kemampuan yang selalu dibutuhkan oleh siapapun. Kelima penggunaan strategi pembekalan skemata pada produk ini merupakan hal baru karena kebanyakan pembelajaran membaca cepat saat ini masih belum menggunakan strategi pembekalan skemata. Keenam kemasan berbentuk aplikasi situs moodle memungkinkan pembelajaran dilaksanakan secara online atau daring interaktif dan jarak jauh.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |