Wardoyo, Hadi (2015) Bahan ajar membaca kritis-kreatif untuk siswa SMP / Hadi Wardoyo. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wardoyo Hadi. 2015. Bahan Ajar Membaca Kritis-Kreatif untuk Siswa SMP Program Studi Pendidikan bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Imam Suyitno M.Pd. (II) Prof. Dr. Suyono M.Pd. (III) Dr. H. Sunaryo HS S.H M.Hum. Kata kunci bahan ajar membaca kritis-kreatif Membaca kritis-kreatif merupakan jenis keterampilan membaca yang pen ting dan strategis yang perlu dikuasai siswa SMP untuk mendukung aktivitas sehari-hari terutama aktivitas sebagai pelajar. Meskipun disadari bahwa membaca itu penting tetapi pada kenyataannya kualitas membaca dan pembelajarannya dinilai belum optimal. Untuk meningkatkan kedua hal tersebut perlu dikem bang kan bahan ajar membaca kritis-kreatif bagi siswa khususnya siswa SMP. Pe ngem bangan bahan ajar tersebut perlu karena (1) tuntutan perkembangan ke mam puan membaca siswa SMP (2) tuntutan perkembangan psi kologis siswa (3) tun tutan inovasi kurikulum terhadap peningkatan kualitas membaca siswa dan (4) kebutuhan bahan ajar membaca kritis-kreatif di sekolah. Sejalan dengan uraian di atas tujuan penelitian dan pengembangan ini secara umum adalah menghasilkan bahan ajar membaca kritis-kreatif untuk me ning katkan kemampuan membaca kritis-kreatif siswa SMP kelas VIII. Secara khu sus tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan bahan ajar membaca kritis-kreatif yang dikemas dalam bentuk buku pelajaran membaca da lam mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Kelas VIII untuk meningkatkan ke mam puan membaca kritis-kreatif siswa (2) mengkaji keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan membaca kritis-kreatif siswa SMP kelas VIII. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan desain penelitian pengembangan model Educational Research and Deve lopment (R D). Dalam penelitian ini digunakan tujuh langkah yang terbagi dalam tiga tahap yaitu (1) ta hap perencanaan dan pengem bangan produk mencakup langkah pengumpulan infor masi perencanaan produk pe ngembangan produk awal (2) tahap pengujian pro duk mencakup langkah uji ah li dan praktisi revisi produk dan uji produk dan (3) tahap penyempurnaan pro-duk mencakup langkah penyempurnaan produk akhir. Kompetensi yang dikembangkan dalam bahan ajar membaca kritis-kreatif ini ada enam yang terbagi dalam dua fase. Pada fase transformasi kritis dikem bang kan kompetensi (1) mengenali isi teks (2) menganalisis-mensintesis isi teks dan (3) menilai kualitas teks. Pada fase transformasi kreatif dikembangkan kom pe tensi (1) menghargai/mengapresiasi isi teks (2) menerapkan isi teks dan (3) mengembangkan isi teks secara kreatif. Keenam kompetensi tersebut dikem bang kan menjadi bahan ajar yang berbasis aktivitas siswa secara individu dan kelom pok yang mencakup kegiatan membaca teks mendiskusikan tugas/per ta nyaan teks dengan teman sebangku atau kelompok mempresentasikan ja waban di ke las mere visi dan mengumpulkan jawaban. Pada akhir kegiatan pem belajaran memba ca kritis-kreatif dilakukan kegiatan evaluasi untuk menge tahui hasil belajar siswa. Produk bahan ajar membaca kritis-kreatif ini telah divalidasi oleh ahli dan praktisi serta telah diuji keefektifannya dengan analisis statistik uji t. Berdasarkan hasil validasi ahli dan praktisi disimpulkan (1) bahan ajar membaca ini layak digunakan dalam pembelajaran membaca kritis-kreatif untuk SMP kelas VIII (2) pertanyaan/tugas yang dikembangkan dalam bahan ajar ini baik untuk pening katan keterampilan berikir kritis dan kreatif (3) rangkaian kegiatan pembelajaran se ti ap fase dinyatakan baik untuk meningkatkan kompetensi membaca kritis-kreatif dan (4) bahan ajar membaca telah terfokus pada pengembangan kete rampilan berpikir kritis dan kreatif. Berdasarkan hasil uji keefektifan disimpulkan bahwa produk bahan ajar tersebut dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis-kreatif siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar membaca kritis-kreatif di atas beberapa saran yang perlu dikemukakan adalah (1) guru ma ta pelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII dapat menggunakan produk ba han ajar ini karena dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis-kreatif siswa (2) guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan bahan ajar ini sebagai model untuk mengembangkan bahan ajar membaca di sekolah (3) penu lis buku pelajaran Bahasa Indonesia dapat menggunakan bahan ajar ini sebagai model pengembangan materi membaca dalam penyusunan buku pelajaran Bahasa Indonesia dan (4) penyusun tes bahasa Indonesia dapat menggunakan bahan ajar ini sebagai model dalam penyusunan soal tes membaca kritis-kreatif.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64290 |
Actions (login required)
View Item |