Pengembangan model pembelajaran membaca cepat di SMA berbasis e-learning / Imron Rosidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran membaca cepat di SMA berbasis e-learning / Imron Rosidi

Rosidi, Imron (2015) Pengembangan model pembelajaran membaca cepat di SMA berbasis e-learning / Imron Rosidi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rosidi Imron. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Cepat di SMA Berbasis e-Learning. Disertasi. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Dawud M.Pd (II) Prof. Dr. Suyono M.Pd (III) Dr. Nurhadi M.Pd Kata Kunci Model Pembelajaran Membaca Cepat Berbasis e-Learning 12288 12288 12288 12288 Membaca cepat adalah keterampilan membaca sekilas dengan mengondisikan otak bekerja lebih cepat sehingga konsentrasi akan lebih membaik secara otomatis. Dalam membaca cepat terkandung di dalamnya pemahaman yang cepat pula. Dalam pembelajarannya membaca cepat di SMA hendaknya berorientasi pada standar kompetensi mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia yaitu siswa mampu memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca. Lebih khusus lagi standar kompetensi dasar membaca cepat diberlakukan secara berjenjang. Untuk kelas X standar kompetensi membaca cepat adalah menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat 250 kpm mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kpm untuk kelas XI dan untuk kelas XII standar kompetensi membaca cepat adalah menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kpm. 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model prosedural yang merujuk pada hasil pengadaptasian dua model yaitu model ASSURE (analyze leaners state objectives select methods media and materials utilize materials require leaners participation evaluate and revise) dengan model Front-end System design yang erat kaitannya dengan pengembangan bahan ajar yang dapat digunakan untuk penyelenggaraan sistem pendidikan jarak jauh. Penggunaan model ASSURE karena model pengembangan ini sangat efektif apabila digunakan untuk pembelajaran yang menggunakan media dan teknologi sedangkan penggunaan model pengembangan Front-end System karena pembelajaran membaca cepat berbasis e-Learning dapat dilakukan dengan sistem jarak jauh. 12288 12288 12288 12288 Subjek uji coba penelitian pengembangan ini ada tiga jenis yaitu uji perseorangan uji kelompok kecil dan uji lapangan. Pada uji perseorangan yang menjadi subjek adalah ahli pembelajaran bahasa dan ahli teknologi pembelajaran. Selain itu subjek uji perseorangan juga dilakukan oleh praktisi yaitu guru bahasa Indonesia SMA Negeri 2. Uji keefektivan produk dilakukan di kelas XI IPA1 dan IPA 2. Selain itu uji efektivitas juga dilakukan dengan teknik wawancara dengan guru dan siswa terhadap keunggulan dan kelemahan pembelajaran membaca cepat berbasis e-Learning. 12288 12288 12288 12288 Validasi uji ahli pembelajaran terhadap model pembelajaran membaca cepat di SMA berbasis e-Learning meliputi uji validasi model silabus model RPP dan model materi. Hasil validasi terhadap silabus diperoleh rata-rata 94% terhadap RPP diperoleh rata-rata 87% dan terhadap materi diperoleh rata-rata 91%. Dengan demikian model pembelajaran membaca cepat di SMA berbasis e-Learning layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Saran yang disampaikan adalah (1) perlu kejelasan kurikulum yang digunakan (2) perlu peninjauan kembali nilai karakter pada RPP dan silabus (3) pengalaman belajar perlu direvisi (4) penilaian dalam bentuk tes tertulis tidak jelas peruntukannya dan (5) sumber belajar perlu direvisi. 12288 12288 12288 12288 Hasil uji ahli teknologi pembelajaran terhadap software MC diperoleh saran (1) password hanya boleh diketahui oleh guru dan (2) kode pada software hendaknya dilengkapi dengan penjelasan. Sementara itu hasil uji ketiga praktisi terhadap silabus diperoleh skor rata-rata 93 33% terhadap RPP rata-rata 95% terhadap materi rata-rata 94 5% dan terhadap software MC rata-rata 90 67%. Dengan demikian model pembelajaran layak untuk digunakan. Komentar yang disampaikan praktisi bahwa silabus RPP materi dan software MC sudah baik lengkap dan mudah digunakan. 12288 12288 12288 12288 Uji keefektivan model pembelajaran berbasis e-Learning diperoleh skor selisih rata-rata antara KEM 1 dan KEM 2 adalah 34 62500 dan KEM 2 lebih tinggi. Adapun standar error rata-rata adalah 9 01791 dan pada tingkat keyakinan 95% selisih rata-rata terendah adalah 11 79739 dan selisih rata-rata tertinggi adalah 57 45261. Selain itu hasil uji t diperoleh nilai thitung sebesar 3 032 dengan df 62 dan signifikan pada level 0 004. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran membaca cepat berbasis e-Learning berpe-ngaruh terhadap kemampuan membaca cepat siswa. 12288 12288 12288 12288 Beberapa saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah (1) model pembelajaran membaca cepat berbasis e-Learning ini hendaknya dikembangkan untuk pembelajaran di SD kelas lanjut SMP maupun umum (2) Pengembangan model pembelajaran membaca cepat untuk SD kelas lanjut SLTP maupun umum dapat dilakukan dengan menambah bacaan dan soal pemahaman yang sesuai dengan tingkat keterbacaan dan minat anak (3) Software membaca cepat ini bisa dikembangkan lebih lanjut dengan tidak hanya digunakan untuk mengukur KEM siswa tetapi juga untuk mengukur kecerdasan seseorang bagi kalangan umum.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64283

Actions (login required)

View Item View Item