Pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah bagi mahasiswa vokasional / Moh. Thamrin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah bagi mahasiswa vokasional / Moh. Thamrin

Thamrin, Moh. (2015) Pengembangan bahan ajar menulis karya ilmiah bagi mahasiswa vokasional / Moh. Thamrin. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Thamrin Moh. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Vokasional Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Dawud M.Pd. (II) Prof. Dr. H. Imam Suyitno M.Pd. (III) Dr. Hj. Yuni Pratiwi M.Pd. Kata kunci bahan ajar menulis karya ilmiah pendidikan vokasional Bahan ajar merupakan komponen penting dalam pembelajaran. Terdapat tiga alasan dilakukan pengembangan bahan ajar yaitu (1) ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum (2) ketersediaan bahan ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik dan (3) ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan pemecahan masalah belajar. Pendidikan vokasional menyiapkan mahasiswa memiliki keterampilan sesuai dengan target kompetensi dalam kurikulum. Untuk dapat mencapai tujuan itu diperlukan banyak praktik dibandingkan dengan teori. Oleh karena itu bahan ajar menulis karya ilmiah bagi mahasiswa pendidikan vokasional adalah bahan ajar menulis karya ilmiah yang memiliki karakteristik pendidikan vokasional. Sejalan dengan uraian di atas penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan bahan ajar menulis karya ilmiah untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa. Secara khusus tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut (1) menghasilkan bahan ajar menulis karya ilmiah yang dikemas dalam buku dan (2) mengkaji keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penggabungan modifikasi dari dua model pengembangan desain pembelajaran R2D2 (recursive reflective design and development) dan RDR (Research Development Research). Hasil modifikasi model pengembangan R2D2 dan RDR adalah (1) studi pendahuluan (2) fokus penetapan (3) fokus desain pengembangan dan (4) uji keefektifan produk. Bahan ajar menulis karya ilmiah bagi mahasiswa pendidikan vokasional ini memuat 3 kompetensi pembelajaran yaitu (1) menulis makalah (3) menulis artikel ilmiah dan (3) menulis laporan praktik kerja industri. Ketiga kompetensi pembelajaran menulis karya ilmiah ini disusun sesuai dengan karakteristik bahan ajar bagi mahasiswa pendidikan vokasional yaitu (1) memuat kompetensi pembelajaran menulis karya ilmiah yang disertai dengan indikatornya (2) menanamkan pemahaman tentang hakikat karya ilmiah dilakukan dengan cara mengamati peta konsep membaca teori dan mengamati contoh karya ilmiah (3) memaparkan contoh karya ilmiah untuk diamati itu dapat dipakai sebagai sarana agar mahasiswa mengetahui bentuk sesungguhnya sebuah karya ilmiah sekaligus dapat dipakai sebagai pemodelan (4) merancang karya ilmiah (5) memaparkan langkah-langkah menulis karya ilmiah yang dapat dipakai oleh mahasiswa sebagai prosedur operasional standar (POS) dalam praktik menulis karya ilmiah dan (6) menilai hasil praktik dapat dilakukan oleh mahasiswa dan dosen melalui panduan penilaian dalam bentuk istrumen. Produk hasil pengembangan telah diuji keefektifannya dengan uji t. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa produk bahan ajar menulis karya ilmiah tersebut mampu meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa. Berdasarkan hasil uji ahli disimpulkan bahwa (1) bahan ajar ini sangat sesuai disajikan di Politeknik karena menekankan masalah praktik (2) bahan ajar ini mempunyai keistimewaan dalam hal penyajiannya yang dimulai dari teori kemudian contoh langkah-langkah praktik dan (3) praktik yang dilengkapi dengan instrumen evaluasi menjadikan produk bahan ajar ini mempunyai keistimewaan dari sisi pengukuran hasil. Berdasarkan hasil uji ahli dan praktisi disimpulkan bahwa bahan ajar penulisan karya ilmiah ini memiliki (1) kelayakan isi sehingga layak digunakan (2) kelayakan penyajian sehingga secara umum dinyatakan cukup baik (3) kelayakan kegrafikaan sehingga secara umum dinyatakan cukup baik. Hasil uji lapangan secara umum menunjukan hasil yang memuaskan. Beberapa saran yang perlu dikemukakan adalah (1) pengampu mata kuliah bahasa Indonesia dapat menggunakan bahan ajar tersebut karena dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dapat meningkatkan keefektifan kompetensi menulis karya ilmiah dan dapat menumbuhkan motivasi belajar (2) Unit Pelaksana Teknis Penalaran (UPT Penalaran) dapat memanfaatkan produk sebagai model kegiatan menulis karya ilmiah dan (3) penanggung jawab pengembangan pembelajaran (P3AI) di Politeknik dapat memanfaatkan produk pengembangan ini sebagai model pengembangan bahan ajar di Politeknik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64282

Actions (login required)

View Item View Item