Susanto, Gatut (2014) Strategi belajar Bahasa Indonesia mahasiswa critical language scholarsip tingkat pemula di Program BIPA Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Gatut Susanto. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Susanto Gatut. 2014. Strategi Belajar Bahasa Indonesia Mahasiswa Critical Language Scholarship Tingkat Pemula di Program BIPA Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Disertasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascassarjana Universitas Negeri Malang. Pembim-bing (1) Prof. Dr. Ahmad Rofi uddin M.Pd. (2) Prof. Dr. Dawud M.Pd. (3) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd. Kata Kunci strategi belajar bahasa Indonesia mahasiswa Critical Language Scholarship BIPA. 12288 12288 12288 12288 Strategi belajar bahasa Indonesia (SBBI) mahasiswa Critical Language Scholarship (CLS) perlu dikaji secara mendalam karena dari kajian tersebut dapat dijadikan masukan membuat kebijakan strategis dan praktis bagi penyelenggaraan program bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA). Sementara itu SBBI mahasiswa CLS belum diteliti. Oleh karena itu SBBI mahasiswa CLS layak untuk diteliti. Penelitian ini memiliki tiga fokus yaitu penggunaan strategi (1) metakognitif (2) kognitif dan (3) sosioafektif. Subjek penelitian adalah mahasiswa CLS tingkat pemula di program BIPA Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang terdiri atas lima mahasiswa tahun 2011 dan enam mahasiswa tahun 2012. Data ketiga strategi belajar BI tersebut adalah informasi-informasi perilaku belajar mahasiswa yang berupa (1) catatan lapangan penelitian (2) tulisan mahasiswa dan (3) tuturan mahasiswa. Data tersebut dikumpulkan melalui (1) observasi langsung terhadap berbagai aktivitas belajar BI (2) membaca dokumen yang terkait akvititas belajar BI mahasiswa dan (3) mewawancarai subjek penelitian. Data penelitian dikumpulkan dan dianalisis secara etnografi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data ditemukan hasil sebagai berikut. Pertama perilaku belajar BI mahasiswa CLS tingkat pemula yang termasuk strategi metakognitif adalah (1) mengantisipasi (2) merencanakan (3) mengendalikan (4) memantau (5) mengevaluasi diri dan (6) mengatur diri serta (7) merefleksi diri terhadap proses dan hasil belajar sebagai strategi komprehensi dan produksi BI. Munculnya perilaku-perilaku belajar BI tersebut disebabkan oleh penggunaan (1) pengetahuan bahasa pertama (2) pengalaman belajar bahasa lain sebelum belajar BI dan (3) pengetahuan BI awal sebagai pijakan untuk memperoleh pengetahuan BI selanjutnya. 12288 12288 12288 12288 Kedua perilaku belajar BI mahasiswa CLS tingkat pemula yang terklasifikasi sebagai strategi kognitif adalah (1) mengorganisasi (2) menyusun hipotesis (3) menganalogikan (4) menyederhanakan (5) mengingat (6) menggu-nakan konteks dan (7) melakukan transfer pola bahasa yang dikuasainya serta (8) kreatif. Munculnya perilaku-perilaku belajar BI tersebut disebabkan oleh tujuh faktor yaitu (1) perbedaan individu pelajar (2) desain program (3) variasi bahan ajar (4) variasi media belajar (5) strategi mengajar guru dan (6) karakteristik BI serta (7) latar tempat belajar. 12288 12288 12288 12288 Ketiga perilaku belajar BI mahasiswa CLS tingkat pemula yang diidentifikasi sebagai strategi sosioafektif adalah (1) bekerja sama (2) bertanya (3) berinteraksi dan (4) menjalin relasi serta (5) berempati kepada penutur asli BI. Perilaku-perilaku belajar BI yang merepresentasikan strategi sosioafektif di atas disebabkan oleh faktor (1) internal individu pelajar (2) eksternal individu pelajar (3) variasi interaksi dan komunikasi yang dilakukan mahasiswa dalam belajar BI dan (4) desain program yang memberikan akses kepada mahasiswa untuk berinteraksi dan berkomunikasi menggunakan BI dalam berbagai aktivitas sosial di kampus dan di luar kampus. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitian dapat dibuat simpulan penelitian sebagai berikut. Pertama penggunaan strategi metakognitif belajar BI mahasiswa CLS tingkat pemula bertumpu pada manajemen mental belajar BI. Pelajar Amerika tingkat pemula melakukan manajemen mental ketika belajar BI. Kedua peng-gunaan strategi kognitif belajar BI mahasiswa CLS tingkat pemula bertumpu pada mekanisme tindak belajar BI. Pelajar Amerika tingkat pemula melakukan mekanisme tindak belajar BI ketika belajar BI. Ketiga penggunaan strategi sosioafektif belajar BI mahasiswa CLS tingkat pemula bertumpu pada kontak konteks komunikasi BI. Pelajar Amerika tingkat pemula melakukan kontak konteks komunikasi BI ketika belajar BI. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan kepada guru BIPA dan peneliti selanjutnya sebagai berikut. Guru BIPA disarankan tiga hal yaitu (1) memahami proses-proses mental pelajar asing tingkat pemula karena dalam belajar BI mereka menggunakan strategi metakognitif yang bertumpu pada mana-gemen mental (2) memahami mekanisme tindak belajar BI pelajar asing tingkat pemula karena mereka menggunakan strategi kognitif yang bertumpu pada meka-nisme tindak belajar BI dan (3) memberi kesempatan pelajar asing untuk belajar dan menggunakan BI di luar kelas supaya mereka mengalami kontak konteks komunikasi yang bervariasi. Penelitian ini menjelaskan penggunaan strategi belajar BI secara umum tidak menjelaskan penggunaan strategi belajar BI pada setiap aspek keterampilan berbahasa. Oleh karena itu peneliti berikutnya disarankan menyempitkan fokus penelitian yang mengerucut pada aspek keterampilan menyimak berbicara membaca dan menulis BI supaya diperoleh penjelasan ilmiah tentang keberagaman strategi belajar BI yang digunakan pelajar BIPA untuk masing-masing aspek keterampilan tersebut.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Apr 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64276 |
Actions (login required)
View Item |