Wacana percakapan interaksi kelas bahasa Indonesia keilmuan pada Jurusan Ilmu Hukum / Endang Werdiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Wacana percakapan interaksi kelas bahasa Indonesia keilmuan pada Jurusan Ilmu Hukum / Endang Werdiningsih

Werdiningsih, Endang (2014) Wacana percakapan interaksi kelas bahasa Indonesia keilmuan pada Jurusan Ilmu Hukum / Endang Werdiningsih. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Werdiningsih Endang. 2013. Wacana Percakapan Interaksi Kelas Bahasa Indo nesia Keilmuan pada Jurusaan Ilmu Hukum. Disertasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indone sia Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pem bim bing (1) Prof. Dr. H. Dawud M.Pd (II) Prof. Dr. H. Suparno (III) Prof. Dr. Suyono M.Pd. Kata kunci wacana percakapan kelas inisiasi negosiasi elisitasi dan fungsi tuturan. Wacana percakapan interaksi kelas pada hakikatnya merupakan wujud peng gunaan bahasa lisan. Realisasi waca na perca kap an kelas dibangun oleh unsur-unsur struktur percakapan. Di samping itu ekspresi unsur-unsur tersebut mengim plikasikan daya pragmatik tertentu. Wacana percakapan interaksi kelas merupakan tuturan yang dihasilkan berdasarkan konteks yang melatarinya. Hal itu sangat bergantung pada partisipan dan model pembelajaran yang digunakan. 12288 12288 12288 12288 Fokus penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan tentang struktur strategi dan fungsi wacana percakapan interaksi kelas bahasa Indonesia keilmuan. Secara khusus fokus penelitian ini dirinci sebagai berikut (1) struktur percakapan interaksi kelas yang terbagi atas (a) struktur interaksi (b) struktur alih tutur dan (c) struktur gerak dalam percakapan. (2) strategi perca kap an interaksi kelas yang terbagi atas (a) strategi inisiasi (b) strategi negosiasi dan (c) strategi elisitasi (3) fungsi percakapan interaksi kelas meliputi fungsi (a) menyatakan (b) menanyakan (c) meme rintah dan (d) fungsi mengungkapkan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah dosen pengampu matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan (BIK) dan 25 orang mahasiswa semester empat tahun akademik 2011/2012 Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Wisnuwardhana Malang yang memrogram dan mengikuti perku liahan BIK. Data penelitian terdiri atas tuturan dosen dan tuturan mahasiswa baik verbal maupun nonverbal. Teknik pemerolehan data dilakukan dengan pere kaman pencatatan lapangan dan wawancara. Perekaman dilakukan dengan dua alat yakni handycam dan tape recorder. Data hasil rekaman ditran skripsikan dipilah-pilah diberi kode kemudian dianalisis. Untuk mengana lisis data diguna kan ancangan analisis percakapan (AP). Berdasarkan penganalisisan data ditemukan hasil penelitian sebagai berikut ini. Pertama struktur wacana percakapan interaksi kelas (WPIK) dalam penelitian ini adalah (1) struktur transaksi (2) struktur alih tutur dan (3) struktur gerak. Kedua terkait dengan strategi percakapan dalam interaksi kelas ditemu kan strategi inisiasi negosiasi dan elisitasi. Ketiga Fungsi percakapan interaksi kelas yang ditemukan dalam penelitian ini meli puti (1) fungsi menyatakan (2) fungsi menanyakan (3) fungsi meme rintah dan (4) fungsi mengungkapkan rasa. 12288 12288 12288 12288 Dari keempat fungsi tuturan tersebut fungsi mengungkapkan rasa yang menyatakan permin taan maaf dan menyatakan terima kasih merupakan fenomena baru dalam berbahasa pada kegiatan pembelajaran formal. Tuturan permintaan maaf dan terima kasih oleh dosen bertujuan (1) untuk memberi contoh kepada mahasiswa agar mereka lebih merasa dihargai (2) agar mahasiswa merasa senang mengikuti pembelajar an (3) mahasiswa merasa rugi jika tidak mengikuti pembela jaran (4) dengan pembiasaan menuturkan permintaan maaf dan ucapan terima kasih dalam pembelajaran dapat membentuk perilaku yang positif menjadi budaya berbahasa yang baik benar dan santun serta menumbuhkan sikap menghar gai orang lain pada diri mahasiswa. 12288 12288 12288 12288 Simpulan akhir kelengkapan struktur transaksi dan berbagai strategi percakapan yang digunakan dalam pembelajaran dapat menghasilkan beragam tuturan. Strategi negosiasi dan fungsi mengungkapkan rasa yang ditemukan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk pembelajaran BIK. Strategi negosiasi dapat menumbuhkan sifat menghargai orang lain menerima perbedaan pendapat dan mengendalikan emosi sedangkan fungsi mengungkapkan rasa permintaan maaf dan terima kasih dapat membentuk sifat jujur tanggung jawab dan bersyukur. Dengan pembiasaan menggu nakan beragam tuturan dalam kelas dapat mengem bangkan kepribadian dan kreativitas pada diri mahasiswa dalam menggu nakan bahasa. Temuan tentang strategi negosiasi dan fungsi mengung kapkan rasa dalam penelitian ini perlu dikembangkan dalam pembela jaran BIK. Berdasarkan temuan hasil analisis data tersebut disarankan kepada dosen (1) memperha tikan penerapan ketiga struktur transaksi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran agar tujuan pembelajaran tercapai (2) menggunakan ketiga strategi percakapan yakni strategi inisiasi negosiasi dan elisitasi untuk mendorong maha siswa agar terlibat aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan kreatif dalam menggunakan bahasa (3) memilih strategi percakapan yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa berkomunikasi (4) dapat menumbuhkan rasa senang/suka terhadap pembelajaran bahasa Indonesia bagi mahasiswa dan (5) mampu menjadi contoh dalam penggunaan bahasa Indoneisa sehingga dapat mengembangkan perilaku positif menumbuhkan sikap berbahasa Indonesia yang baik benar dan santun. Berkaitan dengan penemuan strategi negosiasi dan tuturan yang berfungsi mengungkapkan rasa dalam WPIK dosen hendaknya dapat melaksanakan strategi negosiasi pada setiap kegiatan pembela jaran. Dengan bernegosiasi dapat mencip takan sikap terbuka dan saling menghargai pada diri mahasiswa. Sikap terbuka saling menghargai dan selalu bersyukur jujur dan bertanggung jawab melalui tuturan terima kasih dan permintaan maaf akan menjadi perilaku sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian monositus. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan topik yang sama pada subjek yang berbeda agar diperoleh gambaran secara utuh tentang WPIK dalam pembelajaran BIK pada program studi ilmu hukum. Dengan demikian hasil penelitiannya dapat dijadikan rujukan para dosen dalam merencanakan melaksanakan dan mengeva luasi pembelajaran BIK dalam rangka pengembangan kepribadian dan kreativitas mahasiswa melalui bahasa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64274

Actions (login required)

View Item View Item