Penerapan think pair share menggunakan media puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN 2 Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora / Dia Roro Fadila - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan think pair share menggunakan media puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN 2 Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora / Dia Roro Fadila

Fadila, Dian Roro (2017) Penerapan think pair share menggunakan media puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN 2 Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora / Dia Roro Fadila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadila Dian Roro. 2016. Penerapan Model Think Pair Share Menggunakan Media Puzzle untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SDN Ngelo 2 Cepu Kabupaten Blora. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Rumidjan M.Pd. (II) Drs. Sutrisno S.Pd.M.Pd. Kata Kunci Model Think Pair Share keterampilan membaca. kelas I SD. Siswa kelas I mampu membaca kata ataupun kalimat sederhana. Namun hampir separuh siswa tidak bisa membaca kata ataupun kalimat sederhana. Hal ini dikarenakan tidak adanya media pembelajaran penunjang untuk memaksimalkan hasil membaca yang dilaksanakan di kelas. Kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran membaca sebagai faktor penunjang penyebab ketidakmampuan siswa untuk membaca kata ataupun kalimat sederhana. Media yang kurang bervariasi hanya menggunakan lembar kerja siswa (LKS) juga menyebabkan pembelajaran membaca di kelas menjadi kurang aktif. Pembelajaran yang didominasi dengan metode ceramah dan pemberian tugas menjadikan siswa hanya menerima materi secara langsung tanpa harus menemukan permasalahan yang akan dibahas dalam materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil penerapan model pembelajaran Think Pair Share menggunakan media puzzle untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus secara bertahap yang terdiri dari perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian ini dengan penerapan model Think Pair Share menggunakan media puzzle menunjukkan bahwa keterampilan membaca menggunakan media puzzle mengalami peningkatan yang cukup baik. Peningkatan mencapai prosentase 83% (20 anak dari 24 orang siswa) mampu membaca kata ataupun kalimat sederhana. Siklus I menunjukkan angka 73 dengan kategori cukup baik dan siklus II menunjukkan angka 83 dengan kategori baik. Berdasarkan pada penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share menggunakan media puzzle dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SDN 2 Ngelo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora yang terbukti dengan adanya peningkatan perolehan skor penilaian pada setiap pertemuan di seluruh siklus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Feb 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6427

Actions (login required)

View Item View Item