Nomina Takrif bahasa Indonesia dalam karangan siswa sekolah dasar / Teguh Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Nomina Takrif bahasa Indonesia dalam karangan siswa sekolah dasar / Teguh Setiawan

Setiawan, Teguh (2012) Nomina Takrif bahasa Indonesia dalam karangan siswa sekolah dasar / Teguh Setiawan. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian kualitatif ini mengungkapkan nomina takrif bahasa Indonesia dalam karangan siswa sekolah dasar (SD) dengan memfokuskan pada dua hal yaitu (1) tipe nomina takrif yang ada dalam karangan siswa SD dan (2) struktur nomina takrif yang ada dalam karangan siswa SD. Sumber data penelitian ini adalah karangan siswa SD di wilayah Kota Yog-yakarta dalam bentuk karangan deskripsi dan narasi. Data penelitian ini berupa satuan lingual yang berkategori nomina atau frasa nominal yang beracuan takrif yang ada dalam paragraf. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca secara seksama sumber data yang dilanjutkan dengan pencatatan data ke dalam kartu data. Untuk dapat menjaring data yang tepat dan akurat digunakan instrumen yang berupa parameter penentuan nomina beracuan takrif. Analisis data menggunakan metode padan dan metode agih. Metode padan yang digunakan adalah teknik pilah referensial. Teknik ini digunakan untuk mengidentifikasi acuan FN yang lekat konteks. Metode agih yang digunakan adalah teknik bagi unsur teknik pengulangan substitusi dan pelesapan Berdasarkan analisis data dapat ditarik dua kesimpulan. Pertama tipe nomina takrif bahasa Indonesia yang terdapat dalam karangan siswa SD meliputi enam tipe yaitu (1) tipe pronomina persona (2) nama diri (3) FN posesif (4) deskripsi takrif (5) deskripsi demonstrativa dan (6) deskripsi numeralia. Dalam realisasinya nomina takrif kecuali nama diri dan pronomina persona tidak selalu ditandai oleh kehadiran pemarkah takrif. Nomina tanpa pemarkah takrif juga dapat menjadi nomina takrif jika didukung oleh konteks yang memperjelas acuan nomina sehingga mitra tutur dapat mengi-dentifikasi acuannya. Kedua struktur keenam tipe nomina takrif tersebut bervariasi. Tipe nama diri yang berbentuk nama persona diwujudkan dalam dua konstruksi yaitu kata dan frasa dengan struktur frasa (NP Dem) (N NP) dan (FN NP) sedangkan dalam bentuk nama tempat diwujudkan dalam kata dan frasa dengan satu struktur frasa yaitu (N NT). Tipe pronomina persona diwujudkan dalam dua konstruksi yaitu kata dan frasa dengan struktur frasa (Num PP) (PP Num) dan (PP Dem). FN posesif diwujudkan dalam konstruksi kata dan frasa dengan struktur frasa (N PP) (N NP) (N N PR). Deskripsi takrif diwujudkan dalam konstruksi kata dan frasa dengan struktur frasa (N yang paling A FPrep) (N yang FPrep Dem) (N yang FV N) (N yang FV) dan (N yang A). Deskripsi demonstrativa diwujudkan dalam bentuk frasa dengan struktur frasa ( N Dem) dan (FN Dem). Deskripsi numeralia juga diwujudkan dalam bentuk frasa dengan struktur frasa (Num N) dan (PP Num). Dalam penggunaannya struktur nomina takrif baik yang berbentuk kata maupun frasa harus memenuhi persyaratan agar nomina tersebut dapat maujud sebagai nomina takrif. Persyaratan tersebut bervariasi bergantung pada tipe nomina takrif dan strukturnya. Kompetensi siswa dalam menggunakan berbagai tipe nomina takrif tersebut diperoleh melalui interaksi sosial dengan teman sebaya dan orang dewasa. Input linguistik yang diperoleh dari interaksi sosial tersebut menjadi bahan bagi siswa untuk mempelajari penggunaan nomina takrif yang benar dan memperbaiki struktur nomina takrif yang masih salah. Dengan kata lain melalui interaksi sosial tersebut siswa dapat mempelajari bentuk dan struktur nomina takrif serta penggunaannya sesuai dengan konteksnya. Kata kunci nomina takrif acuan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Oct 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64264

Actions (login required)

View Item View Item