Wacana argumentasi tulis siswa sekolah dasar kelas tinggi / Ahmad Ridhani - Repositori Universitas Negeri Malang

Wacana argumentasi tulis siswa sekolah dasar kelas tinggi / Ahmad Ridhani

Ridhani, Ahmad (2012) Wacana argumentasi tulis siswa sekolah dasar kelas tinggi / Ahmad Ridhani. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Dawud M.Pd (2) Prof. Dr. Suyono M.Pd (3) Prof. Dr. Anang Santoso M.Pd. Kata Kunci wacana argumentasi unsur argumen tipe argumen struktur argumen. Pengungkapan pemikiran dalam wacana tulis antara lain ditandai adanya argumen-argumen yang dapat dipertahankan ketepatan serta kebenarannya. Kualitas argumen bergantung pada kualitas proposisi yang dipertahankan atau dibuktikan kebenarannya serta kualitas bukti-bukti yang digunakan untuk mendukung proposisi tersebut. Penelitian wacana argumentasi tulis siswa sekolah dasar kelas tinggi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan WAT siswa SD kelas tinggi yaitu unsur argumen tipe argumen dan struktur argumen. Penelitian ini menggunakan penelitian analisis isi komunikasi. Isi komunikasi berupa wacana argumentasi dianalisis berdasarkan unsur tipe dan struktur argumen yang ditemukan. Data dalam penelitian ini adalah karangan siswa yang berisi unit data unsur argumen tipe argumen dan struktur argumen. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas tinggi yakni siswa kelas IV V dan VI SDN 006 Sungai Kunjang Kota Samarinda. Analisis data penelitian ini mengguna kan model analisis isi komunikasi diadaptasi dari Holsti (1969) dan Krippendorff (1980). Data dianalisis dengan model interaktif meliputi langkah-langkah yaitu (1) pengumpulan data (2) pemaparan data (3) reduksi data (4) analisis data dan (5) penarikan simpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data wacana argumentasi tulis siswa SD kelas tinggi memiliki karakteritik dari unsur argumen yang ditandai dengan sejumlah proposisi bukti dan penyimpulan tipe pengajuan argumen dan struktur argumen yang konkret. Secara rinci temuan wacana argumentasi tulis yang dihasilkan oleh siswa SD kelas tinggi meliputi (1) unsur-unsur argumen (2) tipe argumen dan (3) struktur argumen. Unsur-unsur argumen WAT siswa SD kelas tinggi dibedakan menjadi (1) proposisi (2) bukti dan (3) simpulan dalam WAT siswa SD kelas tinggi. Proposisi yang ditemukan meliputi proposisi kategorik dan proposisi hipotetik. Proposisi kategorik adalah proposisi yang mengandung pernyataan tanpa adanya syarat. Proposisi kategorik dibedakan menjadi (1) proposisi kategorik universal (2) proposisi kategorik partikular dan (3) proposisi kategorik tunggal. Bukti dalam WAT siswa SD kelas tinggi dibedakan bukti berupa fakta dan alasan. Bukti berupa fakta diverifikasi melalui pengamatan atau pengalamannya dan berdasarkan pengalaman umum. Simpulan dalam WAT siswa SD kelas tinggi dibedakan simpulan langsung dan tidak langsung. Berdasarkan penyimpulan hasil penelitian unsur-unsur argumen dapat dirumuskan proposisi ilmiah yaitu unsur-unsur argumen dalam WAT siswa SD kelas tinggi berupa proposisi kategorik dan hipotetik bukti berupa fakta dan alasan serta penyimpulan langsung dan tidak langsung menunjukkan proses perkembangan berpikir siswa usia SD. Temuan tipe argumen dalam WAT siswa SD kelas tinggi dibedakan menjadi (1) pendirian (2) pembuktian dan (3) penyimpulan. Pendirian dalam WAT siswa SD kelas tinggi didasarkan pada (1) pendirian faktual (2) pendirian interpretatif dan (3) pendirian evaluatif. Pendirian merupakan suatu pernyataan yang jelas dan langsung tentang posisi mendasar dari suatu pendapat. Pendirian faktual ditandai dengan pernyataan-pernyataan faktual dari data-data konkret. Pendirian interpretasi menjelaskan pendapat tentang kejadian atau keadaan dapat meliputi pertimbangan tentang masalah-masalah sebagai sebab dan akibat atau konteks tertentu. Pendirian evaluatif menjelaskan tentang penilaian keefektifan sebuah pernyataan. Pembuktian dalam WAT siswa SD kelas tinggi merujuk pada proses untuk mendukung sebuah argumen agar gagasan yang disampaikan mudah diterima oleh mitratutur. Pembuktian didasarkan pada pengamatan terhadap objek dan berdasarkan pengetahuan umum. Penyimpulan dalam WAT siswa SD kelas tinggi adalah proses mendapatkan suatu proposisi yang ditarik dari satu atau lebih proposisi. Penyimpulan dilakukan secara induktif dan deduktif. Penyimpulan induktif simpulannya lebih umum daripada premis-premisnya. Penyimpulan deduktif simpulan tidak mungkin lebih umum sifatnya daripada premis-premisnya. Berdasarkan penyimpulan hasil penelitian tipe argumen dapat dirumuskan proposisi ilmiah yaitu tipe argumen dalam WAT siswa SD kelas tinggi berupa pendirian tentang fakta pembuktian berdasarkan pengamatan dan pengalaman serta penyimpulan secara induktif dan deduktif menunjukkan kekonkretan berpikir siswa usia SD. Temuan struktur argumen dalam WAT siswa SD kelas tinggi dibedakan atas struktur argumen berdasarkan kompleksitasnya dan penarikan simpulan. Struktur argumen berdasarkan kompleksitasnya dibedakan atas struktur argumen sederhana dan struktur argumen kompleks. Struktur argumen sederhana ditandai dengan kegiatan mengidentifikasi fakta atau alasan kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Struktur argumen kompleks ditandai dengan kegiatan mengidentifikasi dua atau lebih fakta atau alasan kemudian ditarik lebih dari satu kesimpulan. Struktur argumen berdasarkan penarikan simpulan dibedakan atas struktur argumen induktif dan struktur argumen deduktif. Struktur argumen induktif didahului dengan kegiatan mengidentifikasi dua atau lebih fakta atau alasan kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Struktur argumen deduktif ditandai penyusunan proposisi yang bersifat umum atau universal menuju proposisi yang bersifat khusus. Berdasarkan penyimpulan hasil penelitian struktur argumen dapat dirumuskan proposisi ilmiah yaitu struktur argumen berdasarkan kompleksitasnya dan penarikan simpulan dalam WAT siswa SD kelas tinggi bervariasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64260

Actions (login required)

View Item View Item