Pesan persuasif dalam wacana iklan advertorial media massa cetak / Martutik - Repositori Universitas Negeri Malang

Pesan persuasif dalam wacana iklan advertorial media massa cetak / Martutik

Martutik (2012) Pesan persuasif dalam wacana iklan advertorial media massa cetak / Martutik. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pesan persuasif iklan advertorial media massa isi pesan struktur pesan strategi penyajian Iklan advertorial media massa cetak merupakan salah satu sarana komunikasi yang dibuat oleh pemilik modal. Iklan advertorial direkayasa dengan tujuan untuk mempersuasi pembaca.Dalam komunikasi persuasi ini pemilik modal memiliki kedudukan yang dominan sehingga mereka punya akses untukmengontrol sarana komunikasi.Kontrol yang dilakukan pemilik modalbertujuan agar pembaca sebagai calon konsumen menggunakan produk atau jasa yang diiklankan.Kepentingan pemilik modal ini tercermin dalam pesan-pesan dancitra yang dirancang dalam iklan untuk dibangkitkan pada diri konsumen. Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pesan persuasif yang terdapat dalam advertorial media massa cetak. Secara khusus tujuan penelitian ini menjelaskan (a) isi pesan persuasif (b) struktur pesan persuasif dan (c) teknik penyajian pesan persuasif yang terdapat dalam iklan advertorial media massa cetak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif denganorientasi teoretismodel analisis wacana. Data penelitian ini berupa teks iklan advertorial yang dimuat di surat kabar nasional meliputi Kompas Republika Jawa Pos dan Media Indonesiaedisi Juli tahun 2010 sampai Februari tahun 2011. Data yang berjumlah 200 teks iklan advertorialdikumpulkan dengan teknik studi dokumentasi. Teks iklan dianalisis melalui 3 tahap yaitu (a) pemerian (b) penafsiran dan (c) penjelasan. Hasil penelitian dapat disajikan sebagai berikut. Isi pesan persuasif dalam advertorialyang berfokus pada produk mengungkapkantentang produk dan janji pemenuhan kebutuhan pembaca selaku calon konsumen. Isi pesan tentangproduk mencakup ciriproduk penggunaan produk pembuatan produk kebermanfaatan produk persaingan produk keterkenalan produk dan penjualan produk. Isi pesan tentang pemenuhan kebutuhan konsumen berupa janji pengiklan untuk memenuhi kebutuhan hidup konsumen yang mencakup kebutuhan fisiologis rasa aman rasa memiliki penghargaan dan gaya hidup.Status isi pesan persuasif ada dua yaitu isi pesan berstatus fakta dan isi pesan berstatus opini. Isi pesanberstatus fakta dikelompokkan atas fakta pengetahuan dan pengalaman. Isi pesan berstatus opini dikelompokkan atas opini tentang konsumen dan tentang produk. Isi pesankeunggulan produk janji pemenuhan kebutuhan status fakta dan status opinidigunakan sebagai pembentuk citra positif produk. Struktur pesan persuasif dalam iklan advertorial yang ditemukan penelitian ini terdiri atas 3 unsur struktur yaitu (1) butir utama (2) teks isi dan (3) penutup. Butir utama advertoral dinyatakan dalam judul dengan wujud pernyataan (klaim) pertanyaan perin-tah pengingatan dan kesaksian. Teks isi advertorial berisi serangkaian argumen yang memperkuat atau mendukung gagasan yang dirumuskan pada bagian butir utama. Argumen yang mendukung butir utama dibedakan menjadi argumen mayor dan argumen minor.Sesuai dengan urutannya argumen mayor dikelompokkan menjadi argumen mayor 1 dan mayor 2.Argumen mayor 1 berisi kondisi ideal masalah dan pengakuan terhadap realitas. Argumen mayor 2berisi cara mencapai kondisi ideal realisasi/wujud kondisi ideal pemecahan masalah dan tindak lanjut setelah pengakuan terhadap realitas. Argumen minorberisi pesan tentang produk dan kebutuhan yang ditawarkan untuk dipenuhi. Bagian penutup advertorial dikembangkan dengan teknik keras teknik lunak campuran teknik keras dengan butir-butir pasif dancampuran teknik lunak dengan butir-butir pasif. Ditemukan ada 4 struktur pengembangan bagian teks isi advertorial dengan pola alamiah dan logis yaitu (a) masalah-penyelesaian (b) kondisi ideal-pencapaiannya (c) kondisi ideal-realisasi dan (d) pengakuan-tindak lanjut. Struktur isi pesan yangberpola alamiah dan logis digunakan sebagai pembentuk teks yangwajar dan masuk akal. Teknik penyajian pesan persuasif yang ditemukan ada dua macam yaitu (1) teknikpembangkitan perasaan (emosi) dan (2) teknikpembangkitan pemikiran (rasio). Perasaan yang dibangkitkan meliputi rasa takut dan rasa senang. Teknik pembangkitan perasaan dilakukan dengancara pemberatan satu sisi pemberian iming-iming pengintensitasan pengulangan penggunaan saksi pemanfaatan isu teknologi modern danpelibatan khalayak. Teknik pembangkitan pemikiran dilakukan dengan penyajian isi pesan yang dapat menyentuh rasio pembaca. Teknik ini dilakukan denganpembuktian ilmiah danpenyajian berimbang.Strategipembangkitan perasaan dan pemikiran digunakan sebagai upaya memberi pertimbangan secara emosial dan intelektual dalam menentukan keputusan pembelian. Simpulan akhir penelitian pesan persuasif dalam iklan advertorial direkayasa oleh pemilik modal untuk menghegemoni calon konsumen secara halus agar berperilaku konsumtif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan sebagai berikut.Pertama pembaca harus kritis dalam mencerna isi pesan dalam iklan advertorial karena setiap advertorialcenderung menyajikan pesan yang mengunggulkan produk dan menyembunyikan kelemahan produk. Kedua penulis naskah iklan hendaknya menyajikan pesan secara jujuragar citra yang dipersepsi masyarakat konsisten dengan realitas. Ketiga aktivis perlindungan konsumen YLKI sebagai pihak yang berwenang perlu melakukan pencerahan dengan melakukan kajian yang mendalam tentang bentuk-bentuk kebohongan yang terdapat pada iklan. Keempat pendidik diharapkan dapat menyiapkan sumber daya manusia yang dapat mencerna informasi secara kritis sehingga andal dalam memanfaatkan informasi. Kelima peneliti lanjutan dapat mengaji iklan advertorial dariaspek lain misalnya aspek bahasa dan dampak periklanan terhadap perilaku masyarakat.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64259

Actions (login required)

View Item View Item