Pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan menulis karya ilmiah berpendekatan konstruktivisme /Supriyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan menulis karya ilmiah berpendekatan konstruktivisme /Supriyadi

Supriyadi (2012) Pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan menulis karya ilmiah berpendekatan konstruktivisme /Supriyadi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci perangkat pembelajaran pendekatan konstruktivisme karya ilmiah terampil menulis karya ilmiah makalah mahasiswa prestasi belajar Pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan menulis karya ilmiah berpendekatan konstruktivisme merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa kualitas proses dan kualitas prestasi/hasil pembelajaran menulis karya ilmiah di perguruan tinggi. Sehubungan dengan itu secara umum penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berpendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kete-rampilan menulis karya ilmiah mahasiswa. Secara khusus penelitian ini bertujuan mengembangkan (1) panduan pelaksanaan proses pembelajaran (2) silabus pembel-ajaran (3) RPS pembelajaran (4) materi pembelajaran dan (5) perangkat evaluasi pembelajaran berpendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah mahasiswa. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk menguji efektivitas produk pengembangan dalam proses pembelajaran menulis karya ilmiah berpendekatan konstruktivisme di lapangan. Dalam rangka mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan model pengem-bangan R2D2 dan RDR. Model pengembangan R2D2 terdiri atas tiga fokus yakni fokus (1) penetapan (2) desain dan pengembangan dan (3) diseminasi. Fokus diseminasi tidak tercakup dalam penelitian ini karena berkaitan dengan penerbitan produk dan implementasinya dalam skala luas. Fokus penetapan dilakukan dengan menetapkan (1) perangkat yang dikembangkan dan (2) pembentukan tim partisipatif. Perangkat yang dikembangkan terdiri atas lima jenis yakni (a) panduan pelaksanaan proses pembelajaran (b) silabus pembelajaran (c) RPS pembelajaran (d) materi pembelajaran dan (e) perangkat evaluasi pembelajaran menulis karya ilmiah. Pengembangan perankat pembelajaran berlandaskan pada pendekatan konstruk-tivisme. Tim partisipatif terdiri atas (a) mahasiswa (b) dosen (c) praktisi dan (d) ahli yang relevan dengan bidang kajian. Model pengembangan RDR terdiri atas tiga kegiatan yakni (a) penelitian (b) pengembangan dan (c) uji efektivitas produk pengembangan. Pelaksanaannya di lapangan penelitian ini diawali dengan studi pendahuluan untuk memperoleh informasi awal tentang pembelajaran menulis karya ilmiah dan berkolaborasi dengan dosen untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menulis karya ilmiah berpendekatan konstruktivisme. Langkah berikutnya secara berturut-turut adalah mendesain dan mengembangkan lima jenis perangkat pembelajaran uji praktisi uji ahli dan uji coba produk dalam kelompok kecil dan kelompok besar dan revisi produk. Langkah terakhir proses pengembangan adalah uji efektivitas produk pengembangan. Uji efektivitas produk pengembangan dilakukan melalui uji lapangan dengan desain kuasieksperimen (desain pretes dan postes kelompok tunggal). Data uji praktisi dan uji ahli dan data uji coba produk pengembangan berupa data kualitatif sedangkan data uji efektivitas produk berupa data kuantitatif. Analisis data kualitatif digunakan teknik analisis domain. Domain yang dimaksud mencakup format isi organisasi dan aspek kebahasaan perangkat pembelajaran. Analisis data kuantitatif digunakan SPSS 16 0 for windows. Hasil penelitian pengembangan ini berupa lima jenis perangkat pembelajaran menulis karya ilmiah berpendekatan konstruktivisme yakni (a) panduan pelaksanaan proses pembelajaran (b) silabus pembelajaran (c) RPS pembelajaran (d) materi pembelajaran dan (e) perangkat evaluasi pembelajaran berpendekatan konstruk-tivisme. Perangkat evaluasi pembelajaran mancakup (a) rubrik penilaian (b) porto-folio (c) lembar observasi dan (d) jurnal belajar. Perangkat pembelajaran yang di-kembangkan memiliki kekhasan yang berbeda dengan perangkat pembelajaran konvensional. Kekhasan tersebut tercermin pada penggunaan empat jenis kegiatan pembelajaran dalam lingkup pendekatan konstruktivisme pada lima jenis perangkat pembelajaran produk pengembangan. Keempat jenis kegiatan pembelajaran tersebut adalah (a) orientasi (b) eksplorasi konsep (c) interpretasi/penemuan konsep dan (d) aplikasi konsep. Kekhasan silabus dan RPS terdapat pada komponen (a) indikator (b) tujuan pembelajaran (c) materi pembelajaran (d) kegiatan pembelajaran dan (e) evaluasi pembelajaran. Kekhasan materi pembelajaran terdapat komponen penyajian materi kegiatan mahasiswa penilaian diri dan pendalaman materi. Kekhasan pada keempat jenis perangkat evaluasi terletak pada implementasi perangkat evaluasi tersebut secara terintegrasi dalam proses pembelajaran. Terakhir kekhasan panduan pelaksanaan proses pembelajaran menulis karya ilmiah terdapat pada keseluruhan komponen panduan karena panduan tersebut dimanfaatkan sebagai pedoman pelak-sanaan proses pembelajaran menulis karya ilmiah dengan pendekatan konstruk-tivisme. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar menulis karya ilmiah mahasiswa secara signifikan antara sebelum proses pembelajar-an dan sesudah proses pembelajaran. Hasil wawancara dengan mahasiswa juga me-nunjukkan bahwa pembelajaran menulis karya ilmiah berpendekatan konstruktivisme telah memberikan sejumlah manfaat antara lain melatih keberanian mengungkapkan gagasan bertanggung jawab bersama melatih bersosialisasi melatih kepekaan menghargai pendapat teman dan melatih berdemokrasi dalam belajar. Sejalan dengan temuan penelitian ini adalah bahwa pembelajaran yang memanfaatkan perangkat pembelajaran berpendekatan konstruktivisme perlu terus dikembangkan dan disosialisasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan pembelajaran menulis karya ilmiah. Dosen dapat memanfaatkan produk pengembang-an ini dalam proses pembelajaran menulis karya ilmiah dan menjadikan pendekatan konstruktivisme dengan empat kegiatan belajar sebagai alternatif untuk memvariasi-kan pelaksanaan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64258

Actions (login required)

View Item View Item