Model perangkat pembelajaran menulis berdasarkan pendekatan proses genre bagi siswa SMP / Kastam Syamsi - Repositori Universitas Negeri Malang

Model perangkat pembelajaran menulis berdasarkan pendekatan proses genre bagi siswa SMP / Kastam Syamsi

Syamsi, Kastam (2012) Model perangkat pembelajaran menulis berdasarkan pendekatan proses genre bagi siswa SMP / Kastam Syamsi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Suparno (2) Prof. Dr. H. Ahmad Rofi uddin M. Pd. (3) Dr. H. Nurhadi M. Pd. Kata Kunci model perangkat pembelajaran menulis pendekatan proses genre Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menulis adalah melakukan inovasi model pembelajaran melalui penerapan pendekatan proses genre. Untuk mengimplementasikan inovasi model pembelajaran menulis itu harus dikembangkan model perangkat pembelajarannya. Oleh karena itu penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan model (1) silabus pembelajaran menulis (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis (3) materi pembelajaran menulis (4) instrumen evaluasi pembelajaran menulis dan (5) panduan pembelajaran menulis berdasarkan pendekatan proses genre. Prosedur penelitian pengembangan ini terdiri atas tiga tahap yakni (1) pendefinisian (2) perencanaan dan pengembangan dan (3) penyebarluasan. Aktivitas pendefinisian difokuskan pada (a) menciptakan kerja sama tim (b) menemukan solusi problem progresif dan (c) melakukan pemahaman masalah secara kontekstual. Aktivitas perencanaan dan pengembangan difokuskan pada (a) mempelajari konteks pembelajaran (b) memilih format dan media (c) menentukan strategi evaluasi (d) mendesain produk dan pengembangannya (e) uji coba produk dan (f) uji efektivitas produk. Aktivitas penyebarluasan difokuskan pada (a) evaluasi otentik dan (b) penyusunan paket akhir produk sesuai dengan konteks. Uji efektivitas produk dilakukan untuk melihat efektivitas produk dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa berdasarkan pendekatan proses genre. data uji coba produk berupa data kualitatif yakni kritik saran dan komentar yang ditulis pada berkas model atau lembar instrumen penilaian dan atau yang disampaikan secara lisan dalam kegiatan diskusi. Data tersebut digunakan untuk menganalisis merevisi dan menyempurnakan model perangkat pembelajaran. Data uji efektivitas produk berupa data kuantitatif yakni nilai kemampuan menulis siswa yang diperoleh berdasarkan pretes dan postes pada kelompok kontrol yang diberi perlakuan stategi konvensional dan kelompok eksperimen yang diberi perlakuan pendekatan proses genre. Data tersebut digunakan untuk mengetahui efektivitas produk model perangkat pembelajaran menulis. Analisis data kualitatif dilakukan dengan teknik analisis domain dengan prinsip kritis dan reflektif sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan teknik analisis statistik uji t dengan program SPSS 15.0 for Windows. Hasil penelitian ini terdiri atas lima model yakni (1) silabus pembelajaran menulis (2) RPP menulis (3) materi pembelajaran menulis (4) instrumen evaluasi pembelajaran menulis dan (5) panduan pembelajaran menulis berdasarkan pendekatan proses genre. Kelima model perangkat pembelajaran tersebut dikembangkan berdasarkan pendekatan proses genre dengan langkah-langkah kegiatan (1) mengenal teks (2) memahami bahasa atau kaidah penulisan teks (3) menganalisis teks (4) merefleksi (5) mengembangkan bahan atau ide (6) menyusun kerangka (7) menulis draf (8) merevisi (9) melakukan evaluasi diri dan (10) melakukan tindak lanjut. Berdasarkan analisis data kualitatif diketahui bahwa kelima model perangkat pembelajaran menulis tersebut memiliki tingkat kelayakan yang sangat layak. Berdasarkan analisis data kuantitatif diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan skor pretes dan postes kemampuan menulis berdasarkan pendekatan proses genre pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan Kabupaten Sleman. Hal ini berarti bahwa model perangkat pembelajaran menulis berdasarkan pendekatan proses genre tersebut terbukti efektif terhadap peningkatan kemampuan menulis siswa. Oleh karena itu guru penulis materi ajar dan pengembang kurikulum disarankan memanfaatkan produk penelitian ini sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran menulis di sekolah. Selain itu disarankan agar dilakukan sosialisasi produk dan konsep teoritik serta pengembangan produk yang lebih luas cakupannya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64257

Actions (login required)

View Item View Item