Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia berkarakter nilai Islam dengan media interaktif untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah / Mukaromah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia berkarakter nilai Islam dengan media interaktif untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah / Mukaromah

Mukaromah (2011) Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia berkarakter nilai Islam dengan media interaktif untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah / Mukaromah. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan bahan ajar nilai Islam media interaktif Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni memungkinkan dilakukannya penyusunan bahan ajar bahasa Indonesia berkarakter Islami dengan media interaktif. Pengembangan bahan ajar ini diharapkan agar pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar lebih menarik menyenangkan dan inovatif. Tujuan umum dalam penelitian ini yaitu tersusunnya bahan ajar bahasa Indonesia berkarakter nilai Islam dengan media interaktif untuk Sekolah Dasar/MI. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berkarakter nilai Islam dengan media interaktif ini adalah model pengembangan R2D2 (Reflective Recursive Design and Development) dengan komponen Define Design and Develop and Disseminate yang merupakan model pengembangan non-linier. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan dua macam teknik. Pertama data dianalisis secara kualitatif khususnya untuk data (1) survey awal (2) data pemahaman konteks (2) data uji pengguna dan (3) data konsultasi ahli dan atau uji ahli. Kedua data dianalisis secara kuantitatif khususnya untuk data hasil uji lapangan. Teknik analisis yang digunakan untuk uji lapangan adalah statistik deskriptif dan uji-t kelompok berpasangan. Dalam penelitian ini dihasilkan dua produk berupa buku cetak dan CD interakif. Hasil uji coba produk dari para ahli menunjukkan bahwa (1) hasil evaluasi terhadap buku cetak menurut para ahli secara umum aspek produk penelitian yang dikembangkan sudah tepat (50%). Aspek yang sangat tepat 8.33% aspek yang cukup tepat 39.8% aspek yang kurang tepat 2.08% dan tidak ada aspek yang dinilai tidak tepat. Pada aspek Isi secara umum sudah tepat. Pada aspek bahasa secara umum juga tepat dan pada aspek tampilan secara umum juga tepat. (2) Menurut para ahli secara umum aspek produk penelitian berupa CD pembelajaran sudah tepat (56.67%) aspek yang cukup tepat 21.7% aspek yang sangat tepat 21.67% dan tidak ada aspek yang dinilai kurang tepat dan tidak tepat. Pada aspek isi secara umum sudah tepat. Pada aspek bahasa secara umum cukup tepat pada aspek tampilan secara umum tepat dan pada aspek penggunaan secara umum sudah tepat. Uji coba produk pada praktisi/guru memperlihatkan (1) menurut para praktisi secara umum aspek produk penelitian yang dikembangkan sudah tepat (60.42%). Aspek yang sangat tepat 31.25% aspek yang cukup tepat 10.42% dan tidak ada aspek yang dinilai kurang tepat dan tidak tepat. Pada aspek Isi secara umum sudah tepat. Pada aspek bahasa secara umum juga tepat dan pada aspek tampilan secara umum juga tepat. (2) Menurut para praktisi secara umum aspek produk penelitian yang dikembangkan pada produk ini cukup tepat (40%). Aspek yang sangat tepat 3.33% aspek yang tepat 20% aspek yang kurang tepat 35% dan aspek yang dinilai tidak tepat 1.67%. Pada aspek Isi secara umum cukup tepat. Pada aspek bahasa secara umum kurang tepat pada aspek tampilan secara umum cukup tepat dan pada aspek penggunaan secara umum kurang tepat. Hasil perspesi siswa menunjukkan bahwa secara umum siswa sangat menyenangi produk ini. 80 31% siswa menyatakan sangat senang faham dan mudah menggunakan produk penelitian ini. 19 69% siswa menyatakan tidak senang tidak faham dan tidak mudah menggunakan produk penelitian ini. Sedangkan berdasarkan uji lapangan dari penelitian dapat disimpulkan tejadi peningkatan skor dari prates ke postes. Untuk kelas IVD topik 3 prates 78 58 sedangkan postesnya 80 90. Untuk topik 2 prates 77 61 dan postes 80 58. Untuk topik 1 prates 77 55 dan postes 80 81. Kelas IVC pun hasilnya juga demikian. Untuk topik 3 prates 78 81 dan postes 80 90. Untuk topik 2 prates 77 77 dan postes 80 52. Untuk topik 1 prates 78 10 dan postes 80 65. Lebih lanjut uji coba lapangan melalui penelitian quasi eksperimen menunjukkan hasil yang efektif. Dari analisis data statistik di dua kelas uji coba keseluruhannya menunjukkan hasil yang sama yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai prates dan postes karena p

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/64255

Actions (login required)

View Item View Item