Muji (2011) Pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan membaca model pembelajaran kontekstual untuk mahasiswa S-1 PGSD FKIP Unej / Muji. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
. Disertasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Imam Syafi ie (II) Dr.Mudjianto dan (III) Dr. Djoko Sariyono. Kata kunci modul membaca model belajar kontekstual perangkat pembelajaran Pembelajaran membaca pada program studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) memiliki peran yang penting. Keterampilan membaca dapat menunjang prosfesi mahasiswa sebagai calon pengajar membantu mahasiswa untuk maju dan menjadikan dirinya pribadi yang berkualitas.Tujuan pembelajaran membaca yang ingin dicapai pada program studi S-1 PGSD yaitu agar mahasiswa (1) memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas (2) memiliki pondasi yang kuat untuk dapat mempelajari dan memahami berbagai disiplin ilmu (3) meningkatkan kecerdasan serta meningkatkan daya kreasi dan imajinasi (4) meningkatkan kecerdasan verbal (5) memperbaiki rasa percaya diri mengembangkan kemampuan manajemen emosi dan meningkatkan kemampuan melakukan interaksi sosial positif di mana pun dan kapan pun dan (6) menjadikan seseorang lebih dewasa arif dan bijaksana dalam menjalani kehidupan. Salah satu upaya untuk merealisasikan tujuan itu adalah dengan mempelajari memilih menentukan dan mengembangkan secara tepat perangkat pembelajaran untuk memberikan layanan belajar kepada mahasiswa. Perangkat itu berupa silabus bahan ajar dengan modul dan instrumen asesmen. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menghasilkan (1) silabus (2) bahan ajar dengan modul dan (3) instrumen asesmen keterampilan membaca yang dikembangkan berdasarkan Pembelajaran Kontekstual. Manfaat hasil penelitian adalah hasil belajar lebih bermakna dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dan mempunyai dampak dapat meningkatkan efektivitas perkuliahan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian adalah model Borg dan Gall. Data yang dibutuhkan penelitian ini adalah data hasil tanggapan/penilaian dari tim ahli dan dosen data hasil tanggapan/penilaian dari mahasiswa data hasil tes uji kompetensi keterampilan membaca dan data analisis hasil uji efektivitas dampak penggunaan perangkat pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah angket wawancara dan tes. Data hasil penilaian/tanggapan dari uji kelompok ahli kelompok kecil dan kelompok uji lapangan dianilisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Data tentang hasil tes uji kompetensi membaca mahasiswa terhadap peningkatan prestasi belajar dianalisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi. Data tentang analisis hasil dampak pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan membaca terhadap efektivitas pelaksanaan pembelajaran dianalisis dengan menggunakan teknik analisis nonparametris. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan analisis data hasil tanggapan/penilaian dari tim ahli kelompok dosen dan mahasiswa perangkat pembelajaran keterampilan membaca yang dikembangkan berdasarkan Pembelajaran Kontekstual dinilai layak untuk sumber belajar pada matakuliah Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Berdasarkan analisis data hasil tes uji kompetensi keterampilan membaca tiap unit modul keterampilan membaca dinilai dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan analisis data tentang dampak pengembangan perangkat pembelajaran keterampilan membaca terhadap efektivitas perkuliahan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat membuat proses perkuliahan berjalan lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S3 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Dec 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/64253 |
Actions (login required)
View Item |